Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Cara Ternak dan Memelihara Bunglon (Chameleon) Untuk Pemula

By On Thursday, November 24th, 2016 Categories : Ternak Hewan

Cara Ternak dan Memelihara Bunglon (Chameleon) – Bunglon memang telah lama dianggap sebagai jenis hewan yang unik. Hal tersebut tidak lepas dengan kemampuan kamuflase yang dimilikinya.

Dimana kamuflase tersebut berbentuk warna kulitnya yang berubah sesuai dengan lingkungannya. Berkat keunikan tersebutlah.

Sehingga tidak heran apabila banyak pihak yang memburu Bunglon untuk dijadikan hewan peliharaannya. Tentunya hal ini bisa menjadi kesempatan besar bagi mereka yang ingin mendapatkan keuntungan ekonomi.

bung

Baca Juga : Ciri-Ciri Reptil

Yaitu dengan cara memelihara hingga berternak Bunglon jenis ini. Tentu apabila ditekunkan tentunya memiliki nilai ekonomi yang menjanjikan.

Namun tentunya bukan perkara yang mudah untuk melakukan hal tersebut. Apalagi bagi mereka yang masih pemula.

Untuk itulah, berikut ini akan dijelaskan cara ternak dan memelihara Bunglon (Chamaeleon) untuk pemula:

  1. Berikan Makanan yang Tepat

Pemberian makanan tentunya adalah hal pertama yang tidak boleh terlewatkan ketika akan menternakan maupun memelihara Bunglon.

Dimana tentu Bunglon tidak bisa diberikan sembarangan makanan. Seperti yang diketahui Bunglon hanya memakan beberapa jenis makanan saja. Seperti jenis makanan yang akan dijelaskan di bawah ini:

  • Jangkrik
  • Ulat HongKong
  • Ulat Jerman
  • Ulat Bumbung

Dimana untuk makanan utama bisa diberikan Jangkrik saja apabila yang lain masih sulit untuk didapatkan. Sedangkan untuk pemberian Jangkrik sendiri bisa dilakukan sehari sebanyak 5 hingga 8 ekor Jangkrik. Tentunya yang tidak boleh dilupakan adalah pemberian minuman.

Dimana pemberian minuman bisa dilakukan dengan cara spray agar tidak menganggu Bunglon itu sendiri.

  1. Perhatikan Suhu dan Lampu

Sebagai hewan yang termasuk Reptil maka Bunglon sangat sensitive terhadap perubahan suhu. Untuk itulah penjagaan terhadap suhu dilingkungan sekitar harus diperhatikan.

Dimana penggunaan lampu khusus UVB bisa digunakan dalam situasi. Penggunaan lampu jenis ini berguna utnuk menjaga kehangatan dari tubuh Bunglon.

Selain itu kehangatan tubuh dari Bunglon yang terjaga sekaligus membantu pencernaannya agar selalu sehat. Sehingga kehadiran Lampu UVB ini tentunya sangat dibutuhkan.

Sekaligus untuk tetap menjaga lingkungan dari Bunglon untuk selalu berada dikisaran 24 hingga 29 derajat celcius pada siang hari sedangkan 20-24 derajat celcius pada malam hari.

  1. Kandang Untuk Bunglon

Pemakaian Kandang yang cocok tentu sangat berpengaruh pada Bunglon nantinya. Bunglon sendiri adalah binatang yang cukup aktif untuk bergerak. Sehingga kandang dengan ukuran kecil sepertinya bukanlah jenis kandang yang cocok untuk Bunglon.

Bahkan bisa dibilang semakin besar kandangnya maka semakin baik. Namun untuk ukuran minimal kandang yang biasa digunakan Bunglon berada dikisaran 60x30x75 cm.

selain itu yang perlu diingat selanjutnya adalah dalam kandang sebaiknya jangan menggunakan kaca sebagai pembatas.

Karena ternyata kaca bisa membuat Bunglon bisa stress. Untuk itu sebaiknya menggunakan kasa nyamuk untuk membuat Bunglon lebih nyaman.

Sekaligus jangan lupakan untuk menambahkan tanaman-taman di dalam kandang. Hal ini dilakukan semata-mata untuk membuat Bunglon seperti berada di tempat asalnya.

  1. Penyakit dan Penyembuhannya

Bunglon pun tentunya tidak bisa lepas dari ancaman penyakit yang mengintainya. Hal ini tentunya akan sangat menghawatrikan apabila tidak segera ditindaklanjuti. Berikut ini akan dijabarkan penyakit yang biasa menyerang Bunglon dan bagaimana cara penyembuhannya.

  • Penyakit MBDC. Penyakit ini bisa ditanggulangi penjemuran yang lebih sering dibawah lampu UVB
  • Penyakit Dehidrasi. Penyakit ini bisa ditanggulangi dengan pemberian air minum yang lebih sering.
  • Penyakit Thermal bum. Penyakit ini bisa disembuhkan dengan pemberian salep khusus.

Baca Juga : Penjelasan dan Ciri – ciri Hewan Bunglon Beserta Fungsinya

Loading...
Cara Ternak dan Memelihara Bunglon (Chameleon) Untuk Pemula | ilmuhewan | 4.5