Cara Ternak dan Memelihara Ayam Petelur Untuk Pemula

By On Saturday, August 5th, 2017 Categories : Ternak Hewan

Cara Ternak dan Memelihara Ayam Petelur- Semakin hari semakin banyak permintaan telur di pasaran,  jadi rasanya tidak masalah ketika anda memutuskan memilih usaha ternak telur, namun sebelum itu perhatikan cara ternak telur berikut untuk memudahkan anda berternak, apalagi anda masih pemula.

Berikut ini cara berternak ayam petelur :

Pemilihan lokasi ternak

Hal yang pertama yang harus anda perhatikan adalah pemilihan tempat untuk berternak yang nantinya dijadikan kandang untuk si ayam.

Sebaiknya pilihlah lokasi kandang dari tempat keramaian karena si ayam ini jika sering mendengar keributan akan mudah sekali stres, alhasil telur yang di produksinya menurun.

Baca Juga :

Cara Meningkatkan Produksi Ayam Petelur

Cara Memilih Bibit/Anakan Ayam Petelur Unggulan dan Berkualitas

Jenis tipe kandang untuk ayam ras petelur

Keunggulan dan Kelemahan Ayam Jawa Super

Daftar Harga Ayam Brahma Jumbo Terbaru

Di sisi lain, menempatkan kandang jauh dari keramaian dari lingkungan warga adalah karena menghindari bau yang tidak sedap akibat bau yang di timbulkan oleh si ayam maupun pakan hingga kotoran ayam.

Untuk itu, pastikan lagi bahwa tempat kandang yang anda pilih jauh dari pemukiman warga, tenang atau tidak bising, namun masih mudah untuk di jangkau, terutama kendaraan besar seperti mobil misalnya yang nantinya akan mengangkut hasil panen.

Pemilihan bibit

Sebelum anda memilih bibit ayam petelur, pastikan dulu ayam petelur mana yang akan anda ternak, karena terdapat 2 jenis ayam petelur, yaitu ayam medium dan ayam lehorn.

Kedua ayam ini dibedakan berdasarkan :

  • Bulu , ayam medium berbulu cokelat, dan lehorn berbulu putih
  • Bentuk tubuh, ayam medium bertubuh sangat gemuk sedangkan ayam lehorn sedikit agak kurus dari ayam medium.
  • Daya tahan tubuh, ayam medium memiliki daya tahan tubuh lebih baik dari ayam lehorn.
  • Telur, ayam medium mampu menghasilkan telur lebih banyak namun untuk kualitasnya lebih baikkan ayam lehorn.
  • Tingkat stres, ayam medium lebih tidak mudah stres di bandingkan dengan ayam lehorn ketika mereka mendengar keributan.

Namun, hasil dari telur yang di hasilkan banyak dan tidak berkualitas memang tidak berpengaruh besar dari jenis ayamnya, namun bagaimana anda merawat mereka dan makanan yang diberikan mengandung gizi atau tidak.

Satu hal lagi yang harus anda perhatikan, bahwa bibit ayam petelur tersebut memang dalam kondisi sehat, tidak cacat, memiliki kualitas yang bagus.

Pemberian pakan

Terdapat 2 fase pemberian pakan, yaitu fase starter ketika usia 0 – 4 Minggu dan fase finisher ketika usia 4 – 6 Minggu. Ketika fase starter membutuhkan makanan yang mengandung gizi sebesar 22- 24 % protein, 2,5 % lemak, 4 % lemak kasar, 1 % kalsium, 0,7 – 0,9 % phospos, dan 2800 – 3500 kcal energi dengan total pakan yang dibutuhkan adalah sekitar 1.520 gram.

Ketika fase finisher membutuhkan makanan dengan kandungan gizi sebesar 18 – 21 % protein, 2,5 % lemak, 4,5 % serat kasar, 1 % kalsium, 0,7 – 0, % phospos dan 2900 – 3400 Kcal energi dengan total pakan sekitar 3.829 gram.

Pastikan ketika memberi makan sesuaikan dengan usia dan jangan lupa untuk membersihkan tempa[St pakan secara teratur.

Pemberian minum

Per minum secara teratur dan selalu membersihkannya ketika kotor. dan dapat menambahkan gula dan obat anti stres pada air minum si ayam pada hari pertama pemberian minum.

Pencegahan penyakit

Guna menghindari terjadinya penyakit, sebaiknya anda menjaga kebersihan lingkungan kandang dengan membersihkannya secara teratur.

Melakukan vaksinasi terhadap ayam secara teratur, penyuntikan antibiotik guna memperkuat kekebalan tubuh ayam.

Jangan lupa untuk memisahkan antar ayam yang sudah terjangkit penyakit dengan yang sehat guna menghindari penyebaran penyakit kepada yang sehat.

Pemanenan telur

And dapat melakukan panen 3 kali dalam sehari, misalnya ketika pagi hari jam 10, siang hari jam 13 – 14 dan sore hari jam 15 – 16.

Pisahkan juga untuk telur yang normal dan abnormal dengan ciri berbentuk oval, bulat dan berwarna bagus untuk telur normal, sedangkan telur abnormal memiliki bentuk yang kurang bagus dan bercangkang tebal.

Loading...
Cara Ternak dan Memelihara Ayam Petelur Untuk Pemula | ilmuhewan | 4.5