Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Cara Ternak dan Memelihara Ayam Guinea

By On Sunday, November 27th, 2016 Categories : Ternak Hewan

Cara Ternak dan Memelihara Ayam Guinea – Memelihara maupun ternak Ayam sepertinya memang bukanlah hal baru di masa-masa sekarang.

Apalagi apabila melihat kesempatan ekonomi yang ditawarkan oleh usaha tersebut. Sehingga tidak heran apabila banyak orang yang berbondong-bondong untuk membuka usaha tersebut.

Namun ternyata ternak maupun memelihara Ayam bukan hanya didominasi oleh ayam jenis konsumsi namun juga jenis Ayam hias.

ayamgue

Baca Juga : Cara Menjaga dan Merawat Ayam Ketawa

Dimana diantara sekian banyak Ayam jenis hias maka Ayam Jenis Guinea tengah menjadi primadona. Hal tersebut tentunya bisa terjadi bukannya tanpa alasan.

Alasan terbesarnya adalah karena Ayam Guinea memiliki warna bulu yang indah dan juga variatif. Hal ini tentunya bisa menjadi peluang ekonomi bagi siapapun yang mau menekuninya. Untuk itulah, berikut ini akan dijelaskan cara ternak dan memelihara Ayam Guinea:

  1. Siapkan Kandang yang Sesuai

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah mempersiapkan kandang yang sesuai untuk Ayam Guinea. Dimana hal ini bisa dilakukan dengan cara mengetahui terlebih dahulu apa itu Ayam Guinea.

Walaupun menggunakan kata ayam ternyata Ayam Guinea lebih tepat masuk sebagai jenis Burung. Untuk itulah persiapkan kandang yang tidak terlalu sempit sehingga membuat Ayam Guinea bisa bebas bergerak.

Selain itu persiapkan halaman yang cukup luas diluar kandang. Hal ini berguna untuk membuat Ayam Guine bisa keluar dari kandang ketika siang hari.

Sedangkan untuk malam hari, siapkan tempat yang cukup tinggi untuk membuat Ayam Guinea bisa tidur. Dan yang perlu diketahui lainnya adalah kandang untuk Ayam Guinea dewasa yang masih belum dewasa perlu dibedakan. Yaitu Anakan Ayam Guinea perlu berada di kandang khusus dengan lampu hangat.

  1. Penetasan Ayam Guinea

Setelah ayam Guine diternakan biasanya proses berikutnya yang akan terjadi adalah Ayam Guinea akan bertelur.

Tentunya hal ini sangat menyenangkan karena artinya pengembangbiakan dari Ayam Guine menunjukan keberhasilan. Untuk itulah, telur-telur dari ayam Guinea harus dirawat dengan baik agar nantinya bisa menetas dengan benar.

Dimana cara untuk menetaskannya adalah dengan cara membawanya ke sebuah kandang khusus. Yaitu kandang yang diisi dengan Ayam maupun Entok jenis betina.

Dimana Ayam maupun Entok betina inilah yang nantinya akan mengerami telur-telur tersebut hingga menetas nantinya. Setelah telur Ayam Guinea menetas maka proses masih terus berlanjut.

Kali ini menjaga anakan Ayam Guinea untuk bisa bertahan hidup hingga besar nantinya. Hal ini bisa dilakukan dengan cara memasukan anakan Ayam pada sebuah kandang khusus. Dimana kandang khusus ini berisi lampu-lampu penghangat.

Yang gunanya adalah untuk menghangatkan tubuh dari anakan Ayam Guinea agar bisa bertahan hidup. Seperti yang diketahui anakan Ayam Guine yang baru lahir belum memiliki bulu. Sehingga sangat rentan terhadap kondisi maupun cuaca yang dingin.

  1. Makanan Untuk Ayam Guinea

Ayam Guinea sendiri termasuk ke dalam jenis hewan Omnivora yang artinya adalah pemakan segala. Sehingga makanan yang perlu disiapkan untuk Ayam Guinea sendiri tidak terlalu repot dan mudah untuk dicari. Mulai dari nasi, sayuran bahkan sisa makanan yang masih layak pun bisa jadi pakan untuk Ayam Guinea.

Hal tersebut tidak lepas karena di alam bebas, Ayam Guinea juga memakan rumput, daun, serangga bahkan hingga cacing.

Namun hal ini tidak terlalu berlaku untuk anakan Ayam Guinea. Dimana dalam masa tubuhnya, Anakan Ayam Guinea membuthkan asupan nutrisi lebih. Untuk itulah bisa diberikan konsentrat sebagai selingan sekaligus penambah protein.

Baca Juga : Beberapa Jenis dan Macam Ayam Birma

Loading...
Cara Ternak dan Memelihara Ayam Guinea | ilmuhewan | 4.5