Cara Ternak dan Budidaya Udang Galah

By On Friday, July 7th, 2017 Categories : Ternak Hewan

Cara Ternak dan Budidaya Udang Galah – Udang galah sendiri mempunyai potensi yang cukup besar sehingga mampu menghasilkan keuntungan yang berlipat-lipat gandanya.

Hal tersebut sudah terbukti dari permintaan udang galah itu sendiri, baik di dalam negeri maupun dari luar negeri yang semakin harinya semakin meningkat.

Udang galah adalah salah satu komoditas air tawar yang memiliki kualitas yang bagus dan prospek yang menjanjikan di masa depannya, dikarenakan selain harga jualnya lebih tinggi dibanding hewan air tawar lainnya, udang galah ini sendiri juga dapat dipasarkan untuk kebutuhan di dalam negeri serta di luar negeri.

Baca Juga : Jenis-Jenis Udang Yang Bisa Dibudidayakan

Hal tersebut ditandai dengan permintaan ekspor ke berbagai negara yang meningkat, seperti Jepang dan beberapa negara yang berada di Eropa.

Dapat disimpulkan bahwa udang galah ternyata memiliki nilai ekonomi yang tinggi serta dapat berpotensi memperoleh keuntungan dari hasil budidaya hewan ini jika dikembangkan dengan baik.

Budidaya udang galah sendiri dapat juga dilakukan di kolam maupun di tambak darat. Sampai saat ini, kegiatan pembesaran udang galah telah meluas hingga ke berbagai daerah yang meliputi Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat dan Bali.

Berikut merupakan tahapan memulai budidaya udang galah, yaitu :

  1. Lokasi Budidaya

Pembangunan wadah serta lokasi budidaya bagi udang galah harus memenuhi beberapa persyaratan, yaitu : jenis tanah yang liat berpasir, kolam yang dibuat pada ketinggian 0 sampai 700 meter dpl serta kawasan yang bebas banjir dan pencemaran. Air harus tersedia sepanjang tahun, bebas polusi, sirkulasi air harus bagus, bebas polusi serta bebas pencemaran.

  1. Alat dan Bahan

Sama halnya dengan budidaya di kolam pada umumnya, peralatan yang harus digunakan antara lain : serok, seser, emberalat pengangkut benih, timbangan, ayakan halus dari kain, serta cangkul.

  1. Pengelolaan Air

Pengelolaan serta sirkulasi air yang baik ternyata memegang peranan penting dalam pelaksanaan pembesaran budidaya udang galah ini. Ada baiknya, air yang berada dikolam harus mengalir.

  1. Pencegahan Hama dan Penyakit

Timbulnya hama serta penyakit ditentukan dengan pemeriksaan yang dilakukan secara visual terhadap suatu organisme pengganggu , baik yang bersifat predator maupun kompetitor.

Hama yang tergolong sering mengganggu di kolam pemeliharaan udang galah yaitu ikan-ikan liar yang masuk tanpa sengaja seperti ikan lele, ikan gabus dan lain-lain.

Agar dapat mencegah masuknya hama pemangsa, ada baiknya dibuat saringan pada pintu masuk dan keluar air kolam berupa hapa yang terbuat dari jaring dengan mesh ukuran 0,2 mm.

Di dalam proses pembesaran, diperlukan pemeriksaan kesehatan terhadap udang galah yang dilakukan sebagai berikut :

  • Dilakukannya pengambilan suatu contoh sebagai media untuk pengujian kesehatan udang galah (Macrobrachium rosenbergii) yang dilakukan secara acak, dengan jumlah udang yang sesuai dengan kebutuhan bagi pengamatan visual maupun pengamatan mikroskopik.
  • Pengamatan visual tersebut dilakukan agar dapat melakukan pemeriksaan terhadap adanya gejala penyakit serta kesempurnaan morfologi udang galah.
  • Pengamatan mikroskopik sendiri dilakukan agar dapat melaksanakan pemeriksaan jasad patogen (jamur, virus, bakteri dan parasit) di laboratorium.
  • Penyakit yang hampir sering menyerang udang galah yaitu udang akan berlumut, yang disebabkan karena kedalaman air di kolam kurang memadai dengan sirkulasi yang kurang baik. Maka dari itu, untuk mengatasi masalah dengan sirkulasi air dapat dipasang kincir angin.
  1. Masa Panen Udang Galah

Udang galah ini bisa dipanen setelah umur 4 bulan, 6 bulan, atau bahkan lebih, sesuai dengan ukuran udang galah yang diinginkan oleh konsumen.

Pada umumnya, udang galah tersebut dapat mulai dijual setelah mencapai ukuran sekitar 20 – 25 gram per ekor. Akan tetapi, semakin besar ukuran udang maka harganya juga akan semakin mahal.

Baca Juga : Cara Budidaya Udang Air Tawar di Aquarium

Loading...
Cara Ternak dan Budidaya Udang Galah | ilmuhewan | 4.5