BISNIS ONLINE GRATIS HASIL MELIMPAH KLIK DISINI

Cara ternak dan budidaya ikan nila di kolam beton

By On Saturday, August 5th, 2017 Categories : Perikanan

Cara ternak dan budidaya ikan nila di kolam beton – Membudidayakan ikan nila bisa juga menggunakan kolam beton yang dapat dilakukan dengan pemeliharaan tunggal, pemeliharaan campuran atau dipeliuhara bersama unggas seprti ayam dan bebek.

Berikut ini cara membudidayakan ikan nila menggunakan kolam beton :

Tahapan persiapan

Persiapan pertama yang harus anda lakukan adalah menyiapkan kolam beton sebagai tempat pembudidayaan. Buat kolam beton sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga :

Kandungan dan manfaat ikan nila untuk kesehatan

Ciri-ciri Ikan Hias Dengan Nilai Harga Yang Tinggi

Cara dan Langkah pemeliharaan indukan ikan nila dengan benar

Langka dan Cara perawatan larva ( benih) ikan nila setelah penetasan

Cara Membuat Pakan Alternatif Ikan Nila

Setelah kering, lakukan pengapuran baru kemudian pemupukan dengan menggunakan pupuk kandang atau pupuk kompos, diamkan beberapa hari, kemudian isi kolam dengan air dengan ketinggian sekitar 20 – 30 cm dan semprot menggunakan pestisida.

Diamkan beberapa hari agar sinar matahari dapat menembus kolam.

Jadikan ketinggian air pada kolam menjadi 150 cm, letakkan dedaunan seperti daun singkong dan pisang atau tanaman air seperti kenceng gondok di permukaan kolam, diamkan selama 1 Minggu.

Proses ini membutuhkan waktu selama kurang lebih 2 Minggu.

Pembenihan

Waktunya menebarkan benih pada kolam. Sebelum itu, pastikan bahwa benih ikan nila merupakan benih yang memiliki kualitas bagus, biasanya di tanda dengan kondisi yang sehat, tidak cacat, pergerakan lincah dan ukuran dari benih sama.

Pilih benih yang berukuran 8 – 12 cm dan kepadatan tebar sekitar 1 – 15 ekor per meter persegi.

Lakukan penebaran benih secara bertahap atau tidak serentak, hal ini untuk menghindari ikan nila stres, namun sebelum itu buat benih ikan nila ini beradaptasi menggunakan ember atau bak yang diisi air kolam selama 30 menit, baru kemudian benih di tebarkan di kolam.

Sebaiknya anda memindahkan benih pada pagi, sore atau malam hari, karena suhu pada waktu tersebut sedang stabil.

Pemeliharaan :

  • Pengelolaan air

Agar ikan nila tumbuh dengan baik dan berkualitas, maka anda juga perlu memperhatikan kualitas dari air yang ada pada kolam. Pastikan anda mengganti air tersebut setiap bau tidak sedap mulai muncul dan air kolam terlihat keruh.

Cara menggantinya tidak perlu membuang seluruh air yang ada pada kolam hingga habis, cukup sisakan 1 / 3 saja baru kemudian isi lagi kolam dengan air hingga batas normal.

  • Pemberian pakan

Salah satu faktor terpenting agar si ikan nila yang dihasilkan berkualitas adalah pemberian pakan.

Sebaiknya beri pakan yang mengandung protein cukup (seperti pelet) yaitu sekitar 25 – 30 % dan pemberian pakan rutin setiap hari 3 kali dalam sehari.

Berilah pakan setiap pagi, siang dan sore hari. Pemberian pakan harus sesuai dengan kebutuhan si ikan nila, yaitu 3 % dari berat tubuh ikan nila.

  • Pengendalian hama dan penyakit

Walaupun ikan nila adalah salah satu ikan yang memiliki daya tahan tubuh baik dibandingkan dengan ikan tawar lainnya, bukan berarti anda berlaku seenaknya ketika memelihara mereka tanpa memperhatikan apakah mereka terserang penyakit atau hama.

Untuk itu pastikan anda melakukan pencegahan dengan cara memastikan kualitas dan volume pada air kolam. Selain itu, janganlah memberi makanan yang berlebihan , karena dikhawatirkan pakan tidak habis dan mengakibatkan mengendap pada dasar kolam dan menjadi racun amonia bagi mereka.

Panen

Pada umumnya proses panen ikan nila kolam tergantung dengan permintaan pasar, namun sebaiknya ikan nila yang siap panen adalah ikan nila yang memiliki berat antara 300 – 500 ekor atau yang sudah memiliki umur sekitar 4 – 6 bulan sejak pembenihan di mulai.

Cara pemanenan adalah dengan membuang air kolam melalui lubang pembuangan, namun sisakan beberapa cukup air, baru kemudian ikan – ikan nila bisa di serok.

Loading...
Cara ternak dan budidaya ikan nila di kolam beton | ilmuhewan | 4.5