Cara Ternak dan Budidaya Burung Gelatik

By On Saturday, August 12th, 2017 Categories : Ternak Hewan

Cara Ternak dan Budidaya Burung GelatikIlmuhewan.com – Burung gelatik adalah jenis burung kicau atau ngoceh dan banyak juga yang menggemari burung ini.

Sampai-sampai ada yang ingin membudi dayakan burung tersebut untuk dijual. Beternak burung gelatik ini memang tidak sesulit burung ocehan atau kicauan lainnya.

Prospeknya pun juga sangat menjanjikan karena populasinya yang semakin langka.

Nah, hal yang paling utama dalam beternak dan membudidayakan gurung gelatik ini adalah keseriusan dan ketelatenan.

Baca Juga : Ciri dan Karakteristik Burung Gelatik Batu

Ternyata baya untuk beternak burung ini juga tidak terlalu mahal, sebab pakannya yang murah dan sangkar yang tidak terlalu besar bisa juga dibuat sendiri. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk beternak dan membudidayakan burung gelatik yaitu.

  1. Sangkar untuk Membudidaya

Sangkar atau kandang ini yang harus dibuat terlebih dahulu untuk menempatkan burung-burung yang masih anakan. Agar nyaman, gunakanlah ukuran sangkar yang sesuai yaitu 30cm x 40cm untuk setiap pasangnya.

Anda dapat menggunakan bahan besi atau kayu untuk membuat sangkarnya, tak lupa juga untuk menutupnya dengan kawat kasa berukuran 1cm x 1cm.

Sedangkan penutup sangkar atasnya anda dapat membuatnya dari dari seng, asbes, tripleks, atau genting sesuai dengan yang anda inginkan.

Cahaya matahari sangatlah penting juga untuk burung, oleh sebab itu pastikan pencahayaan maksimal agar tidak jadi tempat bersarangnya jamur. Selain itu sinar yang masuk ke dalam sangkar juga bisa dijadikan tempat untuk berjemur si burung setelah mandi.

  1. Siapkanlah Indukan

Saat ingin memulai berternak dan membudiayakan burung gelatik ada beberapa hal yang juga dipersiapkan dengan benar selain sangkar. Salah satunya yaitu calon induk burung gelatik.

Supaya berternaknya berhasilnpenentuan untuk induk harus benar-benar yang terbaik. Pengetahuan dasar yang wajib dimiliki seputar jenis kelamin, tingkah laku, dan usia burung akan sangat digunakan.

Jika mendapatkan indukan yang bagus tentunya upaya budidaya dan berternak akan berjalan maksimal. Indukan yang baik pastinya berasal dari burung yang baik juga.

Biasanya burung yang baik dapat diperoleh dari peternak yang sebelumnya sudah sukses.

Peternak juga harus mengetahui bahwa warna, kesuburan, dan hal-hal lain yang bersifat genetis diturunkan dari induk ke anaknya.

  1. Membedakan Jenis Burung Gelatik

Membedakan burung apa saja bukanlah hal yang mudah, penampilan fisik burung jantan dan betina hampir serupa.

Oleh sebab itu, untuk dapat membedakan kelaminnya yang harus anda lakukan adalah mengamati secara seksama pada bagian paruh, mata, dan suaranya.

Burung gelatik berkelamin jantan mempunya pangkal paruh yang lebih tebal, dengan warna merah yang tajam dan cantik.

Matanya juga terlihat lebih cerah dan bersinar, jika mendengar kicauannya lebih bertenaga dan memiliki frekuensi lebih sering dari gelatik jenis betina.

Sedangkan gelatik berkelamin betina, memiliki jenis paruh yang lebih tipis dengan warna merah yang terlihat lebih muda. Begitu juga dengan warna matanya yang agak pudar.

Ukuran tubuhnya juga lebih kecil dari burung gelatik jantan, dan kicauanya monoton tidak seperti gelatik jantan.

Demikianlah cara ternak burung gelatik, harus memiki indukan yang terbaik. Bagimana ciri-ciri idukan yang bagus dan baik?. Berikut tips tambahan untuk mengetahui indukan yang bagus dan baik.

TIPS TAMBAHAN :

pilihlah burung gelatik silver. Burung ini sangatlah tepat untuk dijadikan indukan karena kelincahannya, bulu juga tertata apik dan rapi, dubur bersih, paruhnya pun sempurna terletak diantara paru bagian atas dan bawahnya simetris, lingkar mata berwarna cerah bukan pucat.

Semoga artikel ini dapat menjadi acuan sebelum melakukan budidaya dan berternak burung gelatik. Pastikan selalu menjaga populasi serta ekosistem hewan di alam ini.

Baca Juga : Jenis Pakan Burung Gelatik Paling Baik

Loading...
Cara Ternak dan Budidaya Burung Gelatik | ilmuhewan | 4.5