Bisnis Online Gratis Hasil Melimpah Klik DISINI

Cara Ternak dan Budidaya Burung Barn Owl Untuk Pemula

By On Saturday, October 14th, 2017 Categories : Burung

Cara Ternak dan Budidaya Burung Barn Owl – Berbeda dengan burung hantu jenis lain, memelihara burung barn owl atau tyto alba punya kebanggaan tersendiri.

Penampilannya yang gagah dan cantik itu akan membuat kamu jatuh cinta for the first sight.

Dengan tampilan unik di wajahnya layaknya memakai topeng itu memberikan nilai plus tersendiri. Apalagi jika di tempat tinggal kamu berada hama seperti tikus, maka memelihara burung barn owl adalah hal yang tepat.

Pasalnya hewan ini gemar memakan gemar memakan kurang lebih 3 ekor tikus sehari.

Baca Juga : Mari Berkenalan dengan Burung Albatros, Si Unik yang Mampu Berkeliling Dunia

Jadi sangat cocok untuk dipelihara di rumah dan di pertanian guna mencegah hewan – hewan pengerat lainnya.

Nah, mari simak tips dan trik berikut ini agar kamu bisa memeliharanya dengan benar.

Pemilihan Bibit yang Tepat dan Berkepanjangan

Sekali kamu memilih burung barn owl maka itu berarti kamu siap menerima resiko, baik itu yang positif ataupun negatif sekalipun. Ingat, pilihan ini adalah penentu kamu dalam waktu yang kedepannya.

Jika dalam pemilihan bibit saja kamu gagal, maka langkah selanjutnya pun hasil yang didapat juga kurang maksimal.

Namun, bila kamu memilih bibit serak jawa yang masih anakan maka pilihlah yang memang aktif dan lincah serta gerakkannya gesit. Jika beberapa kriteria ini sudah dikantongi maka hewan itu sudah dikatakan sehat.

Selain itu juga perhatikanlah bagian mata yang tidak memerah ataupun memar, karena jika begitu maka kamu akan menyesal.

Burung barn owl yang memiliki ciri terakhir ini bisa dipastikan mempunyai mata yang rabun atau parahnya mengalami kebutaan. Berbeda dengan serak jawa yang sudah dewasa.

Untuk mengetahui burung itu sehat atau tidak hanya dengan memperhatikan nafsu makannya saja, karena jika serak jawa ogah – ogahan memakan pakan yang disediakan maka bisa dipastikan burung ini sedang tidak sehat.

Pilih Kandang yang Benar

Untuk membuatnya tetap sehat, gesit dan aktif tentu pemilihan kandang juga harus menjadi prioritas utama.

Jika dalam hal ini kamu salah pilih maka barn owl akan kurang nyaman, dan bukan tidak mungkin ini juga menyangkut kehidupannya di masa akan datang lho.

Dengan pemilihan kandang yang tepat maka barn owl akan mudah bergerak bebas serta tidak benar – benar memenjarakannya.

Jadi, untuk kamu yang mempunya barn owl berumur dewasa bisa menempatkannya di dalam kandang yang tertutup, tapi juga bisa ditempatkan di perch.

Namun, bila burung peliharaan kamu agak kurang nyaman pada kandang yang dipilih maka cobalah untuk membiarkannya 1 malam saja.

Tapi ingat letakkan kandang tersebut di tempat yang tenang dan jauh dari jangkauan orang – orang yang lewat. Ini penting agar menghindarkan barn owl dari penyakit stress.

Pemberian Pakan

Tidak hanya memelihara barn owl, tapi burung – burung lainnya juga butuh modal yang lumayan lho. Memutuskan untuk memelihara burung jenis ini kamu harus ekstra perhatian, khususnya dalam hal pemberian pakan.

Kamu dapat memmberikan pakan 2 hingga 3 kali dalam sehari pada waktu pagi, siang dan malam hari. Tapi berbeda dengan barn owl yang dewasa, untuk barn owl yang masih anakan butuh pakan yang banyak. Jadi berikanlah pakan dari 3 hingga 4 kali.

Layaknya seorang bayi manusia, untuk memberikan makan dan susu tidak harus menghitung berapa kali makan yang diberikan.

Jadi ketika si kecil tiba – tiba menangis maka itu tandanya kamu harus memberikannya makan. Begitu pula pada burung anakan barn owl ini.

Baca Juga : Sifat, Jenis, Populasi, dan Penyakit Burung Lovebird

Loading...
Cara Ternak dan Budidaya Burung Barn Owl Untuk Pemula | ilmuhewan | 4.5