Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Cara Ternak Burung Trucukan

By On Monday, November 20th, 2017 Categories : Burung

Cara Ternak Burung TrucukanIlmuhewan.com – Bagi anda yang ingin memiliki burung atau mengkoleksi burung dan dinikmati keindahan dan suaranya yang merdu.

Disini saya akan membahas tentang Cara Ternak Burung Trucukan. Ya, burung trucukan bisa menjadi alternatif untuk dimiliki atau di ternakkan burungnya. Lantas bagaimana caranya. saya akan jelaskan secara singkat, dan jelas. Oke, langsung saja.

Burung trucukan adalah satu jenis burung yang banyak di temukan di hutan atau di desa desa. Habitatnya masih bisa di bilang lumayan banyak.

Maka dari itu bagi penjual burung harga yang di patok untuk membelinya tidak terlalu mahal bagi terucukan muda atau sepasang.

Baca Juga : Ciri-ciri dan Karateristik burung trucukan jantan dan betina

Beda lagi jika trucukan itu sudah di ikutkan lomba dan sudah di desain oleh pemilknya untuk memenangkan lomba. Semakin banyak menang lomba dan mendapat piala. Semakin bertambah juga hasil jual dari burung terucukan ini.

Namun, bagi anda yang hanya berniat untuk di ternak saja, tidak di seting untuk ikut lomb kejuaran kicau burung. Carilah burung trucukan di habitatnya.

Carilah yang sejodoh, tapi itu susah mendapatkannya. Kalau bisa dapat ya syukur syukur. Tapi mudahnya, anda beli saja di tempat jual burung.

Di sana tidak hanya trucukan tapi lebih banyak lagi jenis burung dan namanya. Karena ini membahas tentang burung trucukan. Ya anda beli burung trucukan jangan yang lain. Nanti bisa saja beda cara penanganan atau ternaknya tiap burung.

Tentunya anda harus memilih dan membeli yang se pasnya dengan hati anda dan jangan beli yang sudah tua. Cari calon pasangan burung atau pasangan burung trucukan yang masih muda.

Untuk mencari atau membeli burung trucukan anda harus mencari yang baik, contohnya :

  1. Memiliki suara yang lantang dank keras
  2. Memiliki variasi suara. Tapi, jika belum bisa di seting sendiri dengan cara makanan dan perawatannya
  3. Cari tubuh burung yang proporsional
  4. Cari yang tidak cacat
  5. Lehernya terlihat kekar
  6. Bulu dada terlihat gelap
  7. Yang sudah cukup umur

Bagi yang sudah paham dengan burung menentukan mana itu trucukan jantan dan trucukan betina pasti bisa dengan mudah mengetahuinya.

Tapi, bagi pemula akan sulit. Tapi belum tentu susah menentukan, caranya dengarkan suaranya. Jika suara lantang dank eras itu jantan dan suara lebih melengking itu yang betina.

Dari bentuk tubuhnya juga bisa menentukan jenis kelamin burung trucukan. Dari bentuk mata juga dapat dibedakan, jika lingkar mata hitamnya tebal berarti itu jantan dan jika tidak berarti itu betina.

Cara ternak burug trucukan bisa dibilang mudah mudah susah. Bisa dibilang seperti manusia cara menjodohkannya, bagaimanana cara menjodohkan dan ternaknya, seperti berikut ini :

  1. Jika belum mau atau masih belum akur, pisahkan dulu.

Ibarat tak kenal maka tak saying. Di kehidupan burung juga begitu. Jika di alam liar biasanya belum mau di jadikan satu tempat. Jika di penjual burung ada yang sudah ada yang belum.

Bagi yang burung trucukan yang belum, jangan dijadikan satu tempat dulu. Pisahkan dengan cara berbeda sangkar tapi di dekatan. Biar berkenalan gitu ceritanya.

  1. Kandang burung trucukan

Nah, bagi yang belum punya sangkar bisa beli di penjual burung. Beli dua sangkar jika ingin menjodohkannya. Sama seperti di nomor satu, taruh di tempat berbeda, pisahkan dulu.

Tunggu saja beberapa lama. Tapi jangan lupa untuk memberinya makan dan minum. Berikan asupan extra untuk memberinya nafsu birahi agar lebih cepat berjodohnya.

Jika tidak diberi nanti mati malah tidak jadi ternak malah rugi. Jika merasa atau di lihat sudah ada kecocokan bisa di pindah menjadi satu sangkar saja. Biarkan saja melakukan masa perkawinan.

  1. Masa reproduksi burung

Saat sudah satu sangkar dan tidak ada masalah. Jelas trucukan akan bertelur atau bereproduksi sehingga mendapat keturunan baru.

Di dalam sangkar juga butuh tempat untuk menaruh telurnya. Benda itu bisa dibeli di penjual burung dan di pasang di sangkar burung anda. Beri terus asupan makan, minum, dan tentunya makanan extra, seperti buah, jangkrik atau belalang.

  1. Merawat pada masa di sangkar

Asupan makanan dan minuman juga harus tetap dijaga. Berikan juga buah yang merah merah warnanyadan binatang seperti jangkrik atau belalang untuk makanan extranya. Jangan sampai telat, bisa jadi telat akan mempengaruhi burung trucukan anda.

Demikian artikel untuk Cara Ternak Burung Trucukan. Cukup mudah dengan modal seadanya, semoga bermanfaat. Terima kasih.

Baca Juga : Cara Membedakan Burung Siri Siri dan Cucak Rawis

Loading...
Cara Ternak Burung Trucukan | ilmuhewan | 4.5