Bisnis Online Gratis Hasil Melimpah Klik DISINI

Cara Ternak Burung Tledekan untuk pemula

By On Friday, October 6th, 2017 Categories : Ternak Hewan

Cara Ternak Burung Tledekan untuk pemula – Semakin hari jumlah burung tledekan semakin menurun populasinya di alam liar, guna menjaga kelestarian dari burung tledekan maka tak ada salahnya jika anda memutuskan untuk berternak burung tledekan.

Walaupun sekarang ini tidak terlalu banyak peminat burung tledekan karena semakin jarangnya perlomban burung jenis ini, tapi bukan berarti anda pecinta burung mengabaikan burung pemilik suara bagus dan mantap.

Berikut ini cara berternak burung tledekan :

  1. Siapkan sangkar

Sangkar memiliki peran penting, karena disanalah mereka para burung tledekan tinggal.

Pilihlah sangkar yang memiliki ukuran luas agar mereka lebih leluasa bergerak, dan ukuran yang standar adalah panjang 30 cm, tinggi 50 cm dan lebar 30 cm, anda dapat membuat sangkar dari tripleks.

Baca Juga : Jenis-jenis Burung Tledekan

Siapkan juga tempat makan dan juga minum dari bahan porselen misalnya serta tempat bertengger untuk burung tledekan,

  1. Siapkan burung tledekan

Hal selanjutnya yang harus anda siapkan adalah indukan untuk burung tledekan yang akan dibudidayakan. Indukan jantan haruslah memiliki tubuh tidak cacat, suara bagus, kencang serta bergetar.

Mereka memiliki penampilan fisik sempurna dan ketika melihat burung lain tidak mudah terganggu serta reaktif.

Burung indukan jantan tledekan yang bagus memiliki  warna cerah, berkilau dan rapi, memiliki tubuh yang panjang, kepala besar, leher panjang, mata yang jernih, melotot tidak berair serta paruh yang terlihat tebal.

  1. Penjodohan indukan burung tledekan

Proses perjodohan pada induk jantan dan betina memang perlu dilakukan apalagi ketika sang induk di beli pada tempat terpisah.

Proses ini tidak terlalu sulit, cukup menyiapkan 2 sangkar yang mana tiap sangkar di tempati burung induk jantan dan betina.

Kedua sangkar ini diletakkan secara berdekatan selam beberapa hari agar kedua burung saing menyukai.

Biasanya burung yang berjodoh akan ditandai dengan saling berdekatan antara satu sama lain, guna memudahkan mereka berjodoh, berilah tambahan pakan berupa voer dengan kandungan protein sekitar 12 % – 18 %.

Anda perlu mengawasi proses ini, bahkan ketika burung sudah dijadikan dalam 1 sangkar, jika kedua burung saling akrab maka kemungkinan besar mereka akan kawin, namun jika belum, maka pisahkan dan lakukan ulang proses penjodohan seperti sebelumnya.

  1. Proses perawatan

Agar proses pembudidayaan burung tledekan menghasilkan burung – burung yang berkualitas, maka anda perlu membersihkan kandang secara teratur, mengganti pakan serta minumnya, dengan begitu kemungkinan burung tledekan terserang penyakit kecil.

Selain itu anda perlu memberinya makanan yang mengandung banyak gizi, seperti voer, jangkrik ataupun cacing tanah.

  1. Perawatan anak burung tledekan

Ketika indukan tersebut berjodoh dan kawin, maka indukan betina akan segera bertelur yang baisanya menghasilkan 4 – 6 butir telur. Telur tersebut akan  di erami oleh tledekan betina selama 12 – 14 hari.

Setelah menetas, anakkan tledekan ini harus di rawat terlebih dahulu oleh induknya selama 2 Minggu baru kemudian Sia di panen atau dipindahkan ke sangkar lainnya.

Sangkar yang digunakan harus memiliki suhu yang hangat dan anda dapat memanfaatkan bola lampu 5 watt.

Anda dapat memberi makan anakan tledekan dengan campuran voer dan kroto yang telah dilembutkan menggunakan air hangat, baru kemudian makanan tersebut dilolohgkan kepada para anakan tledekan.

Proses ini bisa berlangsung selama 25 hari atau sekitar 1 bulan, baru setelah itu para anakkan ini sudah bisa memakan makanannya sendiri.

Baca Juga : Daftar Harga burung Tledekan terbaru

Loading...
Cara Ternak Burung Tledekan untuk pemula | ilmuhewan | 4.5