Bisnis Online Gratis Hasil Melimpah Klik DISINI

Cara Sederhana Melakukan Penangkaran Burung Branjangan

By On Sunday, July 16th, 2017 Categories : Info Lainnya

Cara Penangkaran Burung Branjangan – Hanya sedikit dari pecinta burung yang sukses menangkar burung bernama latin Mirafra javanica ini.

padahal untuk merawatnya pun bisa dibilang cukup mudah dan dapat dilakukan rutin setiap hari. Namun sayangnya hanya beberapa orang saja yang mampu mencapai kesuksesan.

Penangkaran adalah salah satu contoh kecil yang dapat kamu lakukan agar burung branjangan semakin ok. Tapi penangkaran ini pun sebenarnya gampang – gampang sulit.

Oleh karenanya kamu harus intip beberapa langkah sederhana berikut ini.

Karakteristik

Tidak seperti jenis burung lainnya, branjangan adalah tipe burung yang mudah emosi dan mogok berkembangbiak jika sampai kandang atau sarangnya sampai dijamah – jamah oleh manusia.

Baca Juga :

Daftar Harga Burung Branjangan Terbaru

Jenis-Jenis Makanan Terbaik Untuk Burung Branjangan

Jenis-jenis Burung Branjangan

Penyakit Yang Sering Menyerang Burung Branjangan

Cara ternak dan Merawat Burung Branjangan Untuk Pemula

Jika kamu bersikeras mengunjunginya ketika branjangan tengah mengeram, maka bersiaplah menghadapi perilakunya yang bisa – bisa memecahkan telur secara tiba – tiba.

Calon Indukan

Usahakan ketika kamu membeli branjangan di pasaran semua ciri – ciri ini ada pada burung tersebut. Sehat dan lincah, nafsu makan tinggi, tidak cacat fisik, gacor dan berumur 1,5 tahun (jantan) dan 1 tahun (betina).

Jika semua ciri – ciri ini sudah ada pada calon indukan kamu, maka sudah bisa dipastikan bahwa branjangan yang kamu miliki adalah calon indukan yang berkualitas baik.

Perjodohan

Setelah menemukan pasangan maka langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah dengan menempatkan kedua calon tersebut bersebelahan (beda sangkar). Hal ini dilakukan agar kedua branjangan itu dapat saling mengenal satu sama lain dan birahi.

Perawatan harian seperti pemberian pakan, pemandian, penjemuran dan langkah lainnya bisa membuat calon pasangan ini cepat birahi lho.

Jangan lupa untuk selalu memberikan multivitamin, protein dan mineral agar branjangan selalu sehat dan segar.

Tanda – tanda kedua branjangan sedang birahi adalah si betina sering ngeleper di saat si jantan berkicau gacor, atau bisa jadi si jantan selalu gelisah ketika tidak melihat calon pasangannya.

Kamu pun dapat menempatkan kedua jenis branjangan ini dalam satu sarang ketika sudah memiliki ciri – ciri yang sudah dijelaskan tadi. Tentunya dengan perlengkapan yang matang yang ada di sangkar tersebut.

Sangkar

Buatlah sangkar khusus yang terbuat dari jeruji kawat agak rapat yang berdiameter 2 meter x 1 meter. Hal ini untuk mencegah hewan pengganggu seperti cicak, tokek, tikus dan hewan lainnya tidak masuk ke dalam sarang.

Jangan lupa sediakan sarang yang terbuat dari triplek kotak. Tapi kamu juga bisa mencoba alternatif lain dengan menggunakan batok kelapa sebagai sarang branjangan. Ingat, berilah lubang kecil di bawahnya.

Biarkan bagian atas atap terkena sinar matahari sedikit agar suasana dalam sangkar tetap warming. Sementara bagian bawah sangkar taburi pasir secukupnya dan batu bata yang terlebih dahulu ditumbuk, dan batu berukuran sedang di sekeliling.

Tidak hanya itu kamu harus menyediakan rumput yang diletakkan di dasar sarang dengan cara dicecerkan agar branjangan dapat merangkai sarang dengan sendiri.

Ciptakanlah suasana asri seperti menempatkan kolam berdiameter ½ meter agar kamu bisa lebih mudah ketika mengisi ulang air.

Proses Penangkaran

Jangan sampai branjangan jatuh sakit hingga stress hanya karena sirkulasi udara dan tempat yang tidak nyaman. Oleh karenanya kamu sediakan tempat yang tidak banyak dilalui orang – orang agar terhindar dari penyakit stress.

Usahakan lakukan secara diam – diam ketika kamu harus melakukan pengisian ulang air di dalam sangkar, salah – salah branjangan bisa terkejut dan akhirnya bisa berdampak pada mogoknya melakukan perkawinan. Kamu pun harus mereplay kegiatan ini lagi, bukan?

Pemberian Pakan

Proses perkawinan burung cerdas ini bisa memakan waktu dari 1 hingga 2 minggu lamanya. Selama proses perkawinan ini lah pemberian pakan sangat diutamakan karena pakan sangat berpengaruh untuk menghasilkan telur yang berkualitas.

Proses pengeraman hingga menetas bisa mencapai waktu 2 minggu. Usahakan selalu memeriksanya tanpa membuat kaget.

Loading...
Cara Sederhana Melakukan Penangkaran Burung Branjangan | ilmuhewan | 4.5