Cara Sederhana Budidaya dan Ternak Ayam Lingnan 

By On Tuesday, July 4th, 2017 Categories : Ternak Hewan

Cara Sederhana Budidaya dan Ternak Ayam Lingnan – Ayam lingnan merupakan ayam yang berasal dari China yang sekilas mirip dengan ayam ras namun ayam lingnan sifatnya cenderung lebih liar dan tidak mau mengerami telurnya sendiri.

Ciri-ciri dari ayam lingnan adalah badannya agak gemuk, kaki agak pendek dan berwarna kuning, bulu warna kuning keemasan, paruh berwarna kuning.

Prospek budidaya ayam Lingnan dinilai oleh banyak orang sangat bagus karena tidak perlu lama menunggu untuk dapat memanen, oleh karena itu sangat menguntungkan jika berbisnis ternak ayam lingnan.

Baca Juga : Ciri dan Jenis-jenis Ayam Bangkok Blorok Madu

Selain itu, karena rasa dari ayam lingnan jika dioleh menjadi makanan sangat gurih dan enak, tak heran jika peminat ayam lingnan sangat banyak.

Jika anda tertarik untuk melakukan pembudidayaan Ayam lingnan berikut ini ada beberapa cara sederhana untuk budidaya dan ternak ayam lignin, yaitu:

Memilih lokasi pembudidayaan

Lokasi sangat menentukan kelangsungan budidaya ayam lignin agar dapat menghasilkan keuntungan sebesar-besarnya. Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam memilih lokasi pembudidayaan ayam lignin yaitu sebagai berikut ini:

  • Pilihlah lokasi pembudidayaan yang memiliki lingkungan yang baik, dan pastikan masyarakat sekitar tidak terganggu jika anda membuat peternakan ayam lingnan di lokasi yang anda rencanakan.
  • Pilihlah lokasi yang lebih tinggi dibandingkan lingkungan sekitarnya jadi jika terjadi hujan, maka air tidak tergenang dimana akan mencemarkan lingkungan sekitar peternakan
  • Pilihlah lokasi usaha yang dekat dengan sumber air untuk mempermudah pemberian minuman kepada hewan ternak ayam lingnan
  • Pilihlah lokasi usaha yang jauh dari kebisingan, agar ayam tidak stress sehingga dapat mengakibatkan ayam tidak bisa bertelur.
  • Menentukan letak dan kondisi kandang

Kandang yang baik dan sehat adalah letaknya harus terkena sinar matahari pagi sehingga lebih baik posisi kandang ayam lingnan dihadapkan ke timur.

Anda juga harus membuat kandang ayam lingnan senyaman mungkin, jangan biarkan ayam desak-desakan dalam satu kandang karena akan membuat ayam stress sehingga tidak dapat bertelur.

Mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan

Peralatan yang dibutuhkan untuj budidaya ayam lingnan adalah tempat air dan pakan ayam lingnan, pemanas buatan. Pemanas buatan diperlukan untuk anak ayam hingga berusia 4 minggu dan gunanya sebagai pengganti induk ayam lingnan.

Pakan ayam lingnan

Pakan ayam lingnan sama seperti ayam pada umumnya yaitu bisa jagung, dedak padi, bisa juga singkong atau talas rebus sedangkan untuk minumnya bisa dengan air bersih biasa atau anda dapat memberikan air yang dicampur dengan gula kepada DOC yang baru tiba ke peternakan anda.

Pastikan air yang diberikan selalu dalam keadaan bersih, dingin dan segar agar ayam lingnan tidak gampang terserang penyakit.

Menentukan jenis usaha ayam lingnan dan proses pembudidayaan dan panen ayam lignan

Ada 3 cara yang dapat anda pilih budidaya usaha ayam lingnan yaitu sebagai berikut ini:

  • Merawat induk ayam lingnan (betina dan jantan) untuk menghasilkan telur. Untuk indukan betina pilih yang sudah bertelur dengan umur sekitar 28 minggu dan sehat sedangkan untuk indukan jantan pilih yang sudah berumur 36 minggu dan sehat. Calon induk betina ayam lingnan dipelihara dalam kandang baterai sampai siap kawin biasanya ketika sudah berumur 4 bulan, sedangkan calon induk jantan dipelihara dengan sistem ren sampai berumur 3-5 bulan. Setelah siap untuk kawin, calon indukan (betina dan jantan )disatukan ke dalam satu kandang hingga siap bertelur. Telur ditetaskan dengan mesin penetas karena jumlahnya cukup banyak dan induk tidak akan mau untuk mengerami sender. Selanjutnya, DOC yang sudah menetas dapat dipindahkan ke kandang box yang sudah diberi pemanas buatan sampai berumur 4 minggu.

Setelah itu bisa dipindahkan ke kandang baterai atau kandang ren.

Budidaya dengan merawat induk jarang dilakukan untuk skala usaha besar karena harga induk ayam lingnan mahal yaitu berkisar 300 rb per ekornya.

  • Merawat Day old chick (DOC) untuk menghasilkan pullet. Harga DOC ayam lingnan asli kurang lebih 20 rb per ekor.
  • Menetaskan telur untuk memperoleh Day old chick (DOC).

Untuk pembudidayaan ayam lingnan skala kecil paling tepat dan praktis adalah dengan membeli ayam lingnan yang siap bertelur yaitu yang berusia 4-5 bulan. Kelebihan dari cara ini adalah dapat menghasilkan bibit unggul.

Baca Juga : Perbedaan Ayam Jalu dan Ayam Pukul

Loading...
Loading...
Cara Sederhana Budidaya dan Ternak Ayam Lingnan  | ilmuhewan | 4.5