Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Cara Perawatan Agar Burung Tidak Sakit

By On Thursday, August 4th, 2016 Categories : Burung

Cara Perawatan Agar Burung Tidak Sakit – Burung merupakan hewan yang banyak dipelihara masyarakat khususnya masyarakat Indonesia.

Namun banyak kesulitan yang dialami para pemilik burung. Walaupun begitu burung terkadang rentan dan sulit untuk diurus.

Selain itu burung sebenarnya hewan yang mudah terserang penyakit, yang tak jarang karena penyakit merusak fisik dan mental burung.

ok

Hewan seperti burung mudah stress dan bosan. Mungkin anda salah satu pemilik burung atau burung hias yang ingin burung kesayangan anda tidak terkena penyakit dan sehat serta aktif.

Baca Juga : Ciri-Ciri Burung yang Sedang Sakit

Terutama jika burung yang anda pelihara biasa aktif dengan suara maka ketika sakit suara burung akan hilang tentunya. Bagaimana cara-cara agar burung tidak sakit ? ini beberapa ulasannya.

Persiapan Burung agar Tidak Sakit

Memang tidak ada yang ingin burung anda sakit. Namun persiapan akan membantu anda menjadi lebih muda.

Nah salah satunya menyiapkan obat khusus untuk burung seperti vitamin dan juga salep anti jamur. Hal ini dikarenakan burung merupakan hewan yang terserang penyakit secara cepat, penyakit pada burung pun termasuk yang cepat bereaksi dan menyebabkan burung sakit secara mendadak, karena penyakit burung menyerang usus atau sistem pencernaan, sehingga penyakit cepat bereaksi dan membuat burung mati. Rata-rata penyakit bereaksi sekitar 5 – 6 jam dari penyerangan.

Jika anda memang tidak ingin menyiapkan hal-hal tersebut. Ingat saja toko penjual obat-obatan atau dokter hewan terdekat.

Gejala jika Burung sakit

Berikut gejala yang dapat dilihat jika anda bingung apakah burung anda normal atau sakit. Penting mengenal dini burung anda yang sakit atau normal, mengingat burung cepat mati jika terserang penyakit.

  • Burung gemetar dan tidak imbang
  • Sayap burung terkulai dan terlihat lemas
  • Bulu kepala burung tidak terlihat normal dan jingkrak
  • Kotoran burung cair
  • Bulu atau kulit burung kotor dan banyak jamur atau tungau
  • Nafsu makan menurun
  • Burung terlalu banyak minum
  • Nafas burung tidak teratur dan sering mengepakan sayap karena suhu tubuh meningkat.

Gejala diatas merupakan gejala umum ketika sakit. Jika ada tambahan lainnya mungkin gejala tersebut datang dari penyakit yang khusus yang ada pada burung. Tanyakan atau cari informasi jika muncul gejala lain pada burung anda.

Solusi yang dapat dilakukan

Apabila memang burung anda sudah terlanjur sakit maka cari obat atau dokter terdekat. Namun jika belum terserang ada beberapa hal dalam perawatannya yang dapat anda lakukan. Seperti solusi berikut ini.

  • Menjaga kebersihan kandang. Kandang merupakan hal yang penting karena menjadi tempat tinggal burung. Dengan menjadikan rumah tinggalnya bersih maka burung pun akan ikut sehat.
  • Jemur burung setiap pagi. Burung gampang terserang penyakit dari jamur, dengan begitu sinar matahari pagi akan membantu kebersihan. Selain itu adanya sinar matahari menyehatkan jamur. Jangan terlalu lama cukup 15 menit atau 20 menit setelah itu jangan lupa disertai mandi dan beberapa semprotan desinfektan khusus jamur.
  • Berikan nutrisi makanan yang sesuai
  • Perhatikan burung anda setiap hari, jangan hanya memasukannya dalam sangkar atau mengisi makanannya saja.

Jika anda sudah memutuskan untuk membeli atau merawat burung maka beri makanan yang berkualitas dan bernutrisi.

Jangan sampai burung terkena penyakit karena kekurangan gizi atau makan makanan yang tidak berkualitas. Sama saja anda menyiksa hewan anda. Cari informasi terkait jenis burung yang anda rawat dan pelihara.

Baca Juga : Apa yang Dilakukan Saat Burung Sakit

Loading...
Cara Perawatan Agar Burung Tidak Sakit | ilmuhewan | 4.5