Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Cara Penyembelihan Hewan Yang Benar

By On Thursday, March 15th, 2018 Categories : Info Lainnya

Cara Penyembelihan Hewan Yang Benar – Bagi Umat beragama tentunya umat Islam, menyembelih hewan adalah sesuatu yang bisa di lakukan.

Contohnya saja seperti pada saat ada acara Aqiqah dan pada saat Hari Raya Idul Adha. Bagi yang belum tahu tentang Aqiqah adalah upacara bagi umat islam saat sepasang orang tua memiliki anak lahiran. Selang berapa hari di adakan penyembelihan seekor kambing atau 2 ekor kambing.

Penyemblihan ini di khususkan rasa syukur kepada Allah SWT karena di anugrahi seorang anak. Aqiqah juga bisa di khususkan kepada keluarga kita yang sudah meninggal.

Baca Juga : Cara Memotong Kambing dan Domba Dengan Baik dan Benar

Dalam penyembelihan hewan juga ada 2 cara yaitu cara tradisional dan mekanik. Cara tradisional ini sampai sekarang masih tetap di lakukan karena memang cara ini sangat di anjurkan karena sudah diajarkan sejak zaman Nabi.

Cara tradisional ini menggunakan pisau yang tajam dan menggunakan tenaga manusia. Sedangkan mekanik menggunakan mesin namun yang jadi masalah adalah apa masih boleh di konsumsi atau masih halal kah penyembelihan secara mekanik.

Disini saya akan menjelaskan tentang cara penyembelihan hewan yang benar secara islam.

Bagi yang belum tahu atau belum mengerti tentang cara penyembelihan hewan yang benar, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang membaca artikel ini. Berikut ini car acara penyembelihan hewan yang benar :

  1. Niat

Kenapa harus niat dahulu. Niat adalah awal dari segalanya. Jika anda berniat untuk menyembelih hewan dan atas karena Allah SWT maka menyembelih ini sah.

Jika menyembelih tapi kita tidak berniat dan asal saja dan tanpa di niatkan maka penyembelihan hewan ini tidak sah atau sudah salah.

  1. Menggunakan Pisau Tajam

Menggunakan pisau yang tajam sangat dianjurkan, karena di harapkan leher hewan yang akan di sembelih langsung terpotong.

Jika pisau tidak tajam maka secara tidak langsung yang anda lakukan adalah menyiksa hewan tersebut dan hanya karena tidak tajam maka penyembelihan menjadi salah. Sebaiknya sebelum menyembelih asahlah dahulu pisau yang akan di gunakan untuk menyembelih.

  1. Jangan di Malam Hari

Menyembelih Hewan di malam hari boleh saja tetapi karena ditakutkan adalah karena gelap jadi anda salah daerah mana yang harus di potong atau di sembelih.

Hukumnya menyembelih malam hari termasuk makruh. Usahakan menyembelih di pagi dan siang hari karena waktu itu sangat tepat dan cocok untuk melakukan penyembelihan. Waktu pagi dan siang hari memang waktu untuk bekerja dan malam untuk beristirahat.

Baca Juga : Ciri-ciri Hewan Kurban Yang Baik dan Sehat

  1. Membaca Basmallah

Sebelum melakukan sesuatu harusnya kita membaca basmallah. Karena membaca basmallah mengandung kalimat yang baik. Tiap melakukan sesuatu harus melakukannya baik itu makan, menyembelih hewan dan sebagainya.

  1. Penyembelih Harus Tepat

Melakukan penyembelihan yang benar adalah tepat di bagian leher dengan sekali gerakan tanpa mengangkat pisau. Jika anda mengangkat pisau maka penyembeihan itu menjadi tidak sah.

Menyembelih hewan ada teknik tersendiri maka dari itu ada orang yang khusus mnyembelih hewan dan tukang jagal serta tukang potongnya. Jika menyembelih leher pastikan saluran pernafasan / trakea, saluran makanan / kerongkongan, dan saluran urat nadinya. Jika tidak maka hewan itu terasa sakit dan sama saja seperti menyiksanya.

  1. Perlakuan Setelah Di sembelih

Setelah di sembelih hewan yang telah di sembelih di pindahkan. Biasanya seperti kambing akan di gantungkan. Kaki belakang di tali dan di gantungkan di pohon.

Perlakuan seperti ini berguna untuk memudahkan aliran darah mengalir dengan sempurna serta mempermudah penanganan dalam pemotongan daging.

  1. Perlakuan pemotongan

Hewan yang sudah di sembelih sebelum di potong dagingnya per bagian. Pastikan bahwa hewan itu sudah benar benar mati dan darah keluar secara sempurna. Jika memang di rasa sudah benar benar mati maka pemotongan daging boleh dilakukan.

Demikian artikel tentang cara penyembelihan hewan yang benar. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Baca Juga : Jenis-jenis Bahan Pangan Hasil Ternak

Loading...
Cara Penyembelihan Hewan Yang Benar | ilmuhewan | 4.5