Bisnis Online Gratis Hasil Melimpah Klik DISINI

Cara Pengendalian Penyakit Pada Angsa

By On Tuesday, November 29th, 2016 Categories : Penyakit Hewan

Cara Pengendalian Penyakit Pada Angsa – Tentu menjadi kebahagiaan ketika hewan ternak yang dipelihara terus berkembang biak dengan baik dan juga terlihat kesehatannya.

Karena itu artinya usaha budidaya yang dilakukan tidak sia-sia dan akan segera menghasilkan keuntungan. Namun cerita akan menjadi lain ketika hewan yang diternakan malah mendapatkan penyakit yang menyerangnya.

Dimana penyakit ini bukan hanya menganggu hewan yang diternakan malah kemungkinan terbesarnya bisa membawa kematian pada hewan tersebut.

penyakit-angsa

Hal itu juga tidak terkecuali bagi hewan jenis Unggas seperti Angsa. Dimana ternyata hewan jenis ini juga tidak luput dari serangan penyakit.

Tentu para peternak tidak bisa berdiam diri dengan hal ini. Berikut ini akan dijabarkan cara pengendalian penyakit pada Angsa:

  1. Flu Burung

Jenis penyakit ini tentu telah menjadi momok menakutkan bagi peternak seluruh unggas tidak terkecuali peternak Angsa.

Hal tersebut tidak lepas dari betapa berbahayanya penyakit Flu Burung. Dimana Flu Burung mampu membuat tiap Unggas yang terinfeksi oleh virusnya bisa menyebabkan kematian dalam jumlah yang besar dan dalam waktu yang cepat.

Sementara Angsa maupun Unggas yang telah terkena Virus Flu Burung akan menampakkan gejala-gejala seperti berikut ini:

  • Nafsu makan yang menurun drastis
  • Produksi telur ikut menurun
  • Gangguan pernapasan yang tidak biasa
  • Diare hebat
  • Bulu berubah menjadi pucat

Sedangkan untuk mengendalikan penyakit ini bisa menggunakan beberapa trik. Mulai dari memisahkan antara Angsa yang sudah terjangkiti penyakit tersebut dengan Angsa yang masih sehat.

Hal tersebut dilakukan agar penyakit tersebut tidak semakin menyebar luas. Setelah itu bersihkan kandang Angsa dengan desinfektan untuk memastikan bahwa tidak ada lagi virus yang masih tersisa.

  1. Kolera Unggas

Ternyata penyakit kolera bukan hanya bisa menjangkiti manusia namun hewan Unggas seperti Angsa juga bisa mengalaminya.

Dimana biasanya penyakit ini dimulai dengan salah satu Angsa yang mati secara mendadak namun tidak segera dipisahkan.

Hal ini membuat Angsa yang berada di sekitarnya juga ikut terjangkiti virusnya. Ada beberapa gejala yang ditunjukan Angsa ketika terkena penyakit ini:

  • Nafsu makan turun
  • Mata yang terlihat pucat
  • Diare yang tidak biasa
  • Keluarnya cairan kental dari mulut atau hidung Angsa

Sedangkan untuk cara pengendalian adalah dengan selalu menjaga kebersihan kandang dari Angsa. Lalu tiap kali ada Angsa mati segera untuk dipisahkan dari kumpulan Angsa lainnya. Hal tersebut berguna untuk tidak membuat virus semakin tersebar luas.

Lakukan Vaksinasi terhadap seluruh Angsa yang dipelihara juga bisa menjadi pilihan selanjutnya untuk memastikan kebersihan dan juga kesehatan tiap Angsa yang diternakkan.

  1. Berak Darah

Penyakit berbahaya lainnya yang bisa menyerang Angsa adalah penyakit Berak Darah. Dimana penyakit ini disebabkan sebuah protozo yang menyerang jaringan pencernaan dari Unggas.

Untuk sebagian Unggas, penyakit ini berdampak langsung pada ususnya namun tidak bagi Angsa karena penyakit ini langsung menyerang ke ginjalnya.

Apabila tidak ditangani dengan cepat maka penyakit ini bisa menyebabkan kematian masal pada Angsa. Berikut ini dijelaskan beberapa ciri dari Angsa yang telah terjangkit penyakit Berak darah:

  • Penurunan berat badan secara cepat
  • Angsa lama untuk bertelur
  • Menurunnya nafsu makan
  • Muntah darah
  • Diarea hingga berujung kematian secara cepat

Sedangkan untuk pengendalian dari penyakit berak darah pada Angsa adalah mengatur ventilasi udara pada kandang Angsa. Hal ini berguna untuk membuat udara terus bertukar dan tidak berada di satu tempat saja. Gunakan nipple drinker sebagai tempat minum dari Angsa.

Hal ini berguna agar air minum tidak tumpah dan membuat kandang menjadi lembap yang bisa mengundang virus penyakit bisa bertumbuh kembang.

Baca Juga : Cara Ternak Hewan Angsa Untuk Pemula

Loading...
Cara Pengendalian Penyakit Pada Angsa | ilmuhewan | 4.5