Cara Pengendalian Hama dan Penyakit Pada Ikan Koi

By On Sunday, November 13th, 2016 Categories : Perikanan

Cara Pengendalian Hama dan Penyakit Pada Ikan Koi – Bagi para penggemar ikan hias tentunya jenis ikan Koi tidak pernah terlewatkan.

Ikan yang namanya diambil dari bahasa Jepang ini memiliki corak tubuh yang sangat indah. Selain itu telah lama ada kepercayaan bahwa Ikan Koi membawa keberuntungan bagi siapa saja pemiliknya.

Sehingga tidak heran apabila banyak pihak yang memilihara Ikan Koi. Baik untuk dibudidayakan untuk kepentingan ekonomi maupun kepuasan pribadi.

hama-koi

Baca Juga : Klasifikasi Jenis Pisces (Ikan)

Namun nyatanya memelihara maupun membudidayakan Ikan Koi bukannya tanpa halangan. Salah satu halangan yang paling sering ditemui adalah hama yang seringkali menyerang Ikan Koi.

Berikut ini akan dijelaskan cara pengendalian Hama dan penyakit pada Ikan Koi:

  1. Hama Kutu Jarum

Hama pertama adalah Kutu Jarum yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Dimana Kutu Jarum biasanya akan menyerang sirip dari Ikan Koi.

Dan sirip Ikan Koi yang terserang Kutu Jarum biasanya akan berwarna coklat dan terdapat luka yang seperti tidak biasanya.

Apabila terus dibiarkan maka hal tersebut akan membuat Ikan Koi menjadi kurus karena nafsu makannya yang berkurang secara drastis.

Tentunya kehadiran dari Kutu Jarum tersebut tidak terjadi dengan begitu saja. Berikut ini penyebab munculnya Kutu Jarum:

  • Kualitas air buruk

Hadirnya Kutu Jarum tidak bisa dipisahkan dari kualitas air yang ada. Dimana apabila menggunakan air yang sembarangan dan juga tidak higienis maka dipastikan akan mengundang banyak penyakit tidak terkecuali hama.

  • Pergantian Air yang Tidak Dilakukan Secara Teratur

Salah satu hal yang tidak bisa dihindari ketika merawat maupun membudidaya Ikan Koi adalah pergantian air yang harus dilakukan. Karena pergantian air bukan hanya membuat Ikan merasa nyaman namun juga menghindari bakteri dalam air yang bisa menyebabkan hama.

Dan cara mengatasi hama ini adalah dengan cara memberikan Masoten sesuai dengan kadar dan melakukan pergantian air secara rutin.

  1. Jamur

Ternyata hama berikutnya yang juga seringkali menyerang Ikan Koi adalah jamur. Dimana biasanya Ikan Koi yang telah terkena hama ini akan menunjukan gejala seperti tubuh ikan yang mendadak kurus dan tentunya badan Ikan yang berjamur. Berikut ini ada penyebab munculnya jamur bagi Ikan Koi:

  • Kualitas Air Buruk
  • Hewan Parasit

Dan cara mengatasi hama jamur adalah dengan memberikan larutan garam di kolam Ikan Koi tersebut dan juga mengoleskan obat merah pada bagian dari Ikan Koi yang terkena hama jamur.

  1. Parasit Larnea

Parasit Larena yang menyerang akan membuat Ikan Koi menjadi kurus dan bisa mendadak mati. Dimana kematian Ikan Koi akibat Parasit Larnea bisa dibilang cukup tinggi. Berikut ini penyebab dari munculnya Parasit Larnea:

  • Kualitas Air Buruk
  • Sisa Makanan yang Tidak Dibersihkan
  • Cacing Jangkar

Sedangkan untuk mengatasi hama Parasit Larne yang bisa dilakukan adalah dengan membersihkan kolam secara teratur dan pemberian nutrisi yang baik.

  1. Aeromonas

Aeromonas adalah hama yang menyerang sisik dari Ikan Koi. Dimana hama jenis ini akan membuat sisik dari Ikan Koi menjadi mudah terangkat dan juga terjadi pembengkakan disana. Berikut ini penyebab munculnya hama Aeromonas:

  • Lingkungan perawatan yang tidak higienis
  • Penggunaan air yang tidak diperhatikan

Cara untuk mengatasi hama jenis Aeromonas adalah dengan menyeterilkan air kolam yang ditinggali oleh Ikan Koi dan mencampurkan anti bakteri kedalamnya. Hal tersebut berguna untuk mengurangi bahkan membunuh hama Aeromonas tersebut.

  1. Kutu Ikan

Biasanya hama ini memang seringkali banyak ikan tidak terkecuali untuk jenis Ikan Koi. Dimana gejala paling lumrah yang diperlihatkan adalah banyaknya bintik-bintik merah di kulit Ikan Koi. Berikut ini penyebab munculnya kutu Ikan:

  • Kolam Air yang tidak dijaga
  • Keberadaan bakteri Ergasilus

Sedangkan cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan memisahkan ikan Koi yang sudah terjangkit dengan yang belum agar hama tidak semakin meluas. Kemudian gunakan cairan demilin yang sesuai dengan dosis untuk membunuh kutu ikan tersebut.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Koi Dengan Mudah

Cara Pengendalian Hama dan Penyakit Pada Ikan Koi | ilmuhewan | 4.5