Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Cara pemilihan lokasi kolam/tambak untuk budidaya

By On Sunday, December 18th, 2016 Categories : Perikanan

Cara pemilihan lokasi kolam/tambak untuk budidaya – Budidaya ikan saat ini sedang menjadi tren karena merupakan usaha perairan yang sangat menguntungkan dan memiliki prospek yang bagus.

Berbagai jenis ikan di budidayakan dari ikan hias hingga ikan konsumsi. Banyaknya permintaan pasar membuat kebanyakan orang ingin melakukan usaha ini selain untuk menyalurkan hobi namun juga bisa untuk usaha sampingan yang sangat menguntungkan.

Terlebih beberapa jenis ikan konsumsi terdapat banyak permintaan pasar.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Kolam Terpal

Bududaya ikan air tawar kini sedang digandrungi kebanyakan orang karena banyaknya permintaan pasat hal ini sangat menarik perhatian para pengusaha ikan.

Peluang bisnis di bidang ini bisa dibilang menjanjikan sehingga banyak orang yang memutuskan untuk budidaya ikan.

Ada banyak hal yang harus anda perhatikan untuk membudidayakan ikan. Anda haris membuat kolam yang proporsional agar bisa memaksimalkan usaha budidaya anda. Keberadaan kolam yang akan anda buat juga harus strategis agar ikan tidak stres dan bisa sangat produktif.

kolam atau tambak biasanya dibuat dengan media langsung tanah. Hal yang pertama harus anda lakukan adalah pemilihan lokasi tambah yang cocok dengan kualitas tanah yang bagus dan juga pengairan yang bagus.

Akan lebih baik jika anda memilih tempat yang memiliki kualitas tanah kedap air sehingga kolam anda tidak akan mudah bocor dan menghabiskan banyak air.

Pilihlah tanah yang berliat atau berlempung.Untuk sumber air yang bisa anda gunakan adalah air yang memiliki pH yang ideal untuk ikan dapat tumbuh dan produktif.Air yang jernih cocok untuk anda aplikasikan

Anda juga harus memilih tempat yang strategis untuk budidaya ikan anda. Pilihlah tempat yang mudah diakses kendaraan agar mempermudah anda ketika anda sudah panen ataupun membeli bibit.

Anda juga harus memperhatikan kualitas tempat dengan memperhitungkan apakah tempat yang anda pilih sesuai dengan beberapa faktor pendukung produktifitas ikan. Pilihlah tempat yang mendukung pertumbuhan ikan dengan baik.

Jika anda ingin menggunakan terpal maka anda bisa menggunakan terpal dengan kualitas yang bagus agar awet digunakan dalam waktu yang lama.

Anda juga harus memperhitungkan luas kolam yang akan anda taruh terpal tersebut agar tepat sasaran dan juga sesuai dengan kebutuhan anda. Anda harus pandai dalam memperhitungkan luas kolam dan juga terpal yang akan anda gunakan.

Selain itu anda juga harus memikirkan pengairan untuk kolam anda. Anda juga harus menyediakan mesin untuk menguras kolam anda.

Anda juga bisa menggunakan jasa karyawan untuk budidaya ikan anda namun anda juga harus memperhitungkan untung dan ruginya.

Anda juga harus memberikan pakan pada ikan dengan teratur agar ikan bisa tumbuh dengan cepat dan bisa segera dipanen. Jika nutrisi ikan tercukupi maka pertumbuhan ikan juga bisa lebih maksimal dan bagus.

Baca Juga : Cara menjaga kualitas air di dalam kolam

Loading...
Cara pemilihan lokasi kolam/tambak untuk budidaya | ilmuhewan | 4.5