Cara Pembersihan dan Desinfeksi Pada kandang Ayam

By On Friday, January 20th, 2017 Categories : Info Lainnya, Kandang

Cara Pembersihan dan Desinfeksi Pada kandang Ayam – Sebagai peternak ayam maka kesehatan ayam adalah hal yang sangat perlu diperhatikan oleh peternak ayam. Ayam yang sehat akan menghasilkan telur yang berkualitas bagus juga.

Selain itu, ayam yang tidak sehat dapat berbahaya juga untuk kehidupan manusia karena dapat menular.

Beberapa penyakit yang dapat menyerang ayam diantanya infeksi karena bakteri, flu burung, berak hijau, berak kapur, kolera, sinusitis, colibacillosis, gumoro, bronchitis, cacingan, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Jenis tipe kandang untuk ayam ras petelur

Oleh karena itu, agar ayam sehat maka kandang ayam pun harus bersih.Tujuan dari kebersihan kandang adalah mempersiapkan kandang ayam yang berish, lingkungan sekitar kandang ayam yang bersih, menghilangkan mikroba yang dapat menyebabkan penyakit pada ayam, dan untuk mencegah kontaminasi dari luar.

Lalu bagaimana cara pembersihan dan desinfeksi pada kandang ayam? berikut ini adalah tipsnya :

  1. Membersihkan semua peralatan, tempat pakan ayam, tempat minum ayam setelah selesai dipakai Pembersihan bisa menggunakan detergen atau sabun cuci piring biasa dan juga bisa dengan menggunakan medisep. Cara penggunaan medisep untuk membersihkan tempat makan dan minum ayam adalah seperti menggunakan detergen yaitu dioleskan ke tempat makan dan minum ayam sebanyak 15 ml tiap 10 liter air.
  1. Menjaga kebersihan ayam dengan memberikan antisep untuk membasmi kuman pada ayam. Cara pemakaiannya adalah dengan mengoleskan jika ayam mengalami cacar, luka, atau infeksi kulit lainnya dan bisa juga dengan cara diminumkan kepada ayam kurang lebih 3 ml yang dicampur kepada air minum ayam. Antisep juga dapat disemprotkan ke kandang ayam agar kuman kuman di kandang ayam yang dapat membawa penyakit bagi ayam hilang. Antisep juga berfungsi agar penyakit yang diderita ayam tidak menular ke ayam lainnya.
  1. Melakukan pembersihan kandang ayam setiap harinya dari kotoran-kotaran yang ada di kandang ayam seperti debu-debu dan kotoran ayam. Pembersihan kandang ayam tidak hanya seputar pembersihan kotoran-kotoran saja tapi juga harus menggunakan bahan kimia tertentu untuk memastikan kuman-kuman dan virus-virus yang ada di kandang mati. Pembersihan kuman-kuman dan virus yang ada di kandang ayam bisa menggunakan formandes yang berfungsi untuk membunuh kuman-kuman penyakit yang ada di sekitar kandang agar tidak menyebar. Cara pemakaiannya adalah menyemprotkan fornandes sebanyak 100 ml setiap 25 liter disetiap sudut kandang berukuran 80 m2, jika terjadi wabah maka berikan pengenceran 100 ml tiap 10 liter air, disemprotkan ke seluruh kandang yang berukuran 30 m2.
  1. Melakukan pembersihan mesin tetas. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan Sporades dan medisep. Aturan pemakaian Sporades adalah 100 ml untuk setiap 20 liter air dan disemprotkan ke seluruh bagian kandang seluas 67 m2.
  1. Melakukan pembasmian serangga yang ada di kandang ayam menggunakan insektisida, bisa menggunakan insektisida golongan Karbanat dan Permetrin. Kemudian kosongkan kandang selama 2 minggu (tidak boleh kurang dari 2 minggu karena mikroba tidak akan mati jika tidak di kosongkan selama 2 minggu) untuk mematikan semua mikroba yang ada di kandang ayam.
  1. Melakukan reparasi kandang ayam jika kondisi kandang ayam sudah tidak layak karena kondisi kandang ayam yang tidak layak juga akan mempengaruhi kesehatan ayam. Lakukan perawatan terhadap lantai kandang dengan memberikan garam dapur untuk membunuh cacing, kapur untuk membunuh coccidian dan tawas untuk membunuh kutu yang dapat bersarang di bulu ayam.

Baca Juga : Cara Mengatasi dan Mengobati Penyakit Gumboro Pada Ayam

Loading...
Cara Pembersihan dan Desinfeksi Pada kandang Ayam | ilmuhewan | 4.5