Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Cara Pembenihan Ikan Gurame untuk Pemula

By On Sunday, October 22nd, 2017 Categories : Perikanan

Cara Pembenihan Ikan Gurame – Indonesia terkenal dengan varietas ikan laut maupun ikan air tawar yang beragam dan berkualitas tinggi.

Minat masyarakat dengan konsumsi ikan sebagai lauk-pauk pun cukup tinggi karena harganya yang terjangkau, mudah diolah dan mudah didapatkan di berbagai tempat belanja seperti pasar tradisional maupun supermarket ternama.

Ikan gurame ialah salah satu jenis ikan air tawar yang menjadi favorit lauk-pauk bagi masyarakat Indonesia.

Selain harganya yang terjangkau, ikan gurame termasuk jenis ikan yang mudah untuk diolah dan mempunyai cita rasa yang gurih dan juga lezat.

Ikan gurame yang biasa kita temui di pasar tradisional maupun swalayan merupakan hasil budidaya yang kemudian dipasarkan melalui berbagai tempat.

Baca Juga : Manajemen Kesehatan untuk Mencegah Penyakit pada Ikan Gurame

Ternyata, kita bisa juga membudidayakan ikan gurame, loh!

Dengan penanganan yang pas serta ketelatenan dalam budidaya, kita juga bisa menjadikan ikan gurame ini sebagai komoditi bisnis baru mengingat tingginya minat masyarakat terhadap jenis ikan ini. Penasaran bagaimana cara budidaya ikan gurame? Simak penjelasan pada artikel ini, ya!

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membudidayakan ikan gurame ini, seperti lokasi budidaya ikan, persiapan kolam budidaya ikan, pembenihan ikan, pendederan ikan serta proses panen ikan yang telah siap untuk dipasarkan.

Benih ikan gurame sendiri dengan mudah didapatkan dari pemerintah melalui Balai Benih Induk (BBI).

Lokasi Budidaya Ikan Gurame

Ikan gurame merupakan jenis ikan yang mudah menyesuaikan diri dan hidup di berbagai tempat.

Akan tetapi, kita juga harus memperhatikan dengan benar beberapa aspek pemilihan lokasi budidaya untuk menciptakan habitat budidaya yang memadai bagi ikan gurame nantinya.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebagai penentu kualitas lahan budidaya ikan gurame, yaitu:

  • pH ideal untuk kolam budidaya yakni 6,5 – 7 dengan kesadahan 7 HD
  • Jenis tanah yang baik adalah bertekstur liat dan gembur dengan kandungan pasir sebesar 40%
  • Ketinggian air kolam mencapai 20 – 500 dpl
  • Air yang baik adalah yang kaya akan mineral dan zat-zat hara
  • Kolam bersuhu 25 – 28˚ C,
  • Serta oksigen yang cukup

Kolam Budidaya Ikan Gurame

Setelah kriteria tersebut dapat kita pahami, kemudian hal yang penting lainnya dalam budidaya ikan gurame ialah tempat tinggal mereka nantinya, yaitu kolam budidaya.

Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan dan diperhatikan untuk menciptakan kolam budidaya yang memadai, diantaranya:

  • Kolam Perawatan Induk

Kolam ini memiliki fungsi sebagai tempat persiapan kematangan telur serta pemeliharaan kesehatan induk nantinya.

Kolam perawatan induk dapat berupa kolam tanah dengan luas 10 m2 dengan kedalaman minimal 50 cm serta kepadatan kolam berisi 20 ekor ikan gurame betina dan 10 ekor gurame jantan.

  • Kolam Pemijahan

Kolam ini juga dapat berupa kolam tanah dengan luas sekitar 200 – 300 m2. Untuk seekor ikan gurame dewasa di kolam ini memerlukan luas sekitar 2 – 10 m2 dengan suhu air ideal 24 -28˚C dan kedalaman air sekitar 75 – 100 cm.

  • Kolam Peredaran atau Pemeliharaan Benih

Pada kolam ini, luas nya tidak lebih dari 50 – 100 m2 dengan kedalaman 30 – 50 cm. Kolam peredaran hanya dapat menampung 5 hingga 50 ekor ikan gurame.

  • Kolam Pembesaran

Kolam pembesaran berfungsi sebagai tempat pemeliharan dan membesarkan benih setelah berada di kolam peredaran. Kolam ini tidak dapat menampung lebih dari 10 ekor ikan gurame per meter perseginya.

  • Kolam Pemberokan

Kolam pemberokan dapat terbuat dari tanah ataupun semen dengan air yang mengalir sebagai tempat pembersihan ikan sebelum dipasarkan. Tujuannya ialah agar ikan tidak mengandung kotoran apapun dan tidak berbau lumpur nantinya.

Selain beberapa persiapan yang telah dijelaskan diatas, terdapat beberapa sarana penunjang yang harus disediakan seperti substrat sebagai tempat bertelur, alat pengukuran, alat penangkapan ikan, aerator, dan lain-lain.

Kali ini, kita akan mulai membahas tahapan budidaya ikan gurame, diantaranya:

Pembenihan Ikan Gurame

Dalam kegiatan pembenihan, meliputi kegiatan pemeliharaan induk gurame, pemijahan, penetasan telur ikan serta perawatan larva ikan hingga mencapai ukuran 4 cm.

Larva yang telah berusia 12 – 30 hari selanjutnya dapat dirawat secara intensif hingga mencapai berat 10 – 15 gram per ekor atau mencapai usia 4 bulan. Benih yang sudah cukup besar ini kemudian siap untuk proses pendederan.

Pendederan Ikan Gurame

Di kolam pendederan ini, dilakukan pemeliharaan benih gurame yang telah mencapai ukuran 10 – 15 cm dengan bobot 150 gram per ekornya atau yang telah mencapai usia 6 bulan sejak penetasan telur.

Namun, pendederan juga dapat dilakukan dengan ukuran ikan yang besar yaitu 15 – 30 gram per ekor atau sejak dari larva.

Pembesaran Ikan Gurame

Proses ini merupakan proses lanjutan dari pendederan. Ikan dari proses pendederan selanjutnya akan dibesarkan hingga mencapi berat rata-rata 500 gram per ekor.

Namun, penentuan ukuran ikan pada saat panen juga dapat menyesuaikan dengan permintaan pasar.

Proses Panen Ikan Gurame

Proses panen ikan gurame ini memperhatikan beberapa hal seperti ukuran ikan yang telah mencapai berat untuk dikonsumsi. Panen sebaiknya dilakukan pada pagi hari sekitar pukul 05.00 – 08.00 dengan tujuan agar ikan tetap segar dan tidak mengalami stress.

Proses panen dilakukan dengan cara mengeluarkan air yang ada di dalam kolam, kemudian menutup pintu masuk air dan membuka pintu pengeluaran.

Air pada kolam dapat dikeluarkan hingga mencapai batas tertentu agar ikan gurame dapat berkumpul di pintu pembuangan dan memudahkan proses pengambilan.

Pengambilan ikan dapat menggunakan serokan atau jarring dengan ukuran besar agar tidak menimbulkan luka pada tubuh ikan gurame.

Nah, sekian penjelasan mengenai budidaya ikan gurame. Mudah bukan caranya? Semoga artikel ini dapat menambah wawasan pembaca sekalian, ya!

Baca Juga : Climbing Perch, Ikan Gurame yang bisa bertahan hidup tanpa air

Loading...
Cara Pembenihan Ikan Gurame untuk Pemula | ilmuhewan | 4.5