Cara Panen Semut Kroto

By On Friday, July 7th, 2017 Categories : Info Lainnya, Peluang Bisnis

Cara Panen Semut Kroto – Kroto dapat dipanen kurang lebih setelah empat hingga enam bulan. Cara panen yang digunakan adalah pada pembudidaya yang menggunakan toples sebagai media untuk membudidayakan semut kroto ini.

Bagi para pemula, saat panen merupakan salah satu saat yang menegangkan yaitu pada saat kalian harus berhadapan dengan semut rangrang yang tentunya sangat agresif, mereka siap menyerang untuk menggigit kalian.

Pada saat toples tempat kalian membudidayakan kroto sudah terdapat banyak kroto didalamnya, maka saat itulah kalian harus segera memanennya.

Baca Juga : Penjelasan dan Mengenal Lebih Jauh Semut Rangrang Penghasil Kroto

Jika kalian tidak segera memanen kroto tersebut, maka kroto akan berubah menjadi semut rangrang muda. Pada saat panen pertama, sebaiknya kalian jangan terlalu banyak berharap hasilnya.

Yang terpenting adalah bagaimana proses kalian dalam memahami perilaku si semut rangrang ini. Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan beberapa cara untuk memanen kroto dengan baik dan benar :

Nah sebelum memanen kroto, kalian perlu menyiapkan alat-alatnya terlebih dahulu agar dapat memanen dengan cepat dan tepat serta dapat mengurangi resiko digigit  oleh semut rangrang.

Kira-kira apa saja yang perlu dipersiapkan? Berikut dibawah ini merupakan alat-alat yang diperlukan untuk memanen semut kroto :

  1. Sarung Tangan (Terbuat Dari Karet)

Sarung tangan karet memiliki fungsi untuk melindungi kulit kalian agar tidak tergigit secara langsung oleh semut rangrang.

  1. Tepung

Tepung disini berguna untuk melumuri dinding ember dan juga sarung tangan. Sarung tangan yang telah dilumuri oleh tepung akan membuat permukaan menjadi licin bagi semut rangrang.

Semut rangrang sendiri tidak dapat berjalan pada media yang terdapat tepungya, demikian juga semut rangrang tidak bisa lari dari ember ketika ember tersebut sudah dilumuri dengan tepung di permukaannya.

  1. Ember Besar

Kalian harus menyiapkan 2 buah ember. Di ember yang pertama, gunakan sebagai tempat untuk membongkar toples, sedangkan di ember yang kedua digunakan untuk menaruh panen semut kroto.

Ember yang kalian gunakan sebaiknya terbuat dari bahan plastik, bukan ember yang terbuat dari bahan karet.

  1. Lidi Daun Kelapa

Lidi yang terbuat dari daun kelapa ini memiliki kegunaan untuk merobek jaring-jaring putih yang berada disarang semut rangrang.

Sebaiknya, jangan menggunakan tangan kalian karena tangan kalian sudah mengenakan sarung tangan yang telah dilumuri oleh tepung.

Nah, jika kalian menggunakan tangan kalian yang telah mengenakan sarung tangan bertepung, maka tepungnya nanti akan menempel pada jaring-jaring tersebut. Hal itu dapat menyebabkan semut rangrang dapat merayap serta mencapai anggota tubuh  kalian yang lain.

Pada saat semua alat dan bahan telah siap, maka selanjutnya langkah-langkah yang harus kalian lakukan adalah sebagai berikut ini :

  1. Pertama-tama, pastikan tutup toples diletakkan posisinya berada di bawah
  2. Robek jaring-jaring putih yang berada didalam toples dengan menggunakan lidi gar dapat memudahkan rontoknya semut kroto.
  3. Kemudian, biarkan toples masih dalam keadaan tertutup
  4. Setelah itu, tutupi lubang jalur keluar masuknya semut rangrang tersebut
  5. Ambilah sebuah toples yang akan dipanen krotonya dan toples tersebut ditaruh diember
  6. Pastikan posisi tutup toples tetap berada dibagian bawah
  7. Jangan lupa tepuk-tepuk toples bagian atas supaya semut kroto rontok ditutup toples
  8. Setelah itu, bukalah toples dan segera pindahkan semut kroto ke dalam ember yang telah dipersiapkan.

Setelah semua langkah-langkah diatas telah dilakukan, jangan lupa untuk tempatkan kroto ditempat yang teduh supaya semut kroto tetap hidup pada saat sebelum dijual kepengepul atau langsung ke toko khusus pakan burung. Pada saat jangka waktu panen pertama dapat dilakukan pada satu bulan berikutnya.

Pada saat semut rangrang telah produktif, atau kalian telah memiliki banyak sarang buatan, maka panen dapat dilakukan dalam jangka waktu seminggu sekali.

Oleh karena itu, kalian disarankan untuk memiliki banyak toples yang dihuni koloni berbeda-beda.

Baca Juga : Panduan Singkat Cara Budidaya Kroto

Loading...
Loading...
Cara Panen Semut Kroto | ilmuhewan | 4.5