Cara Mudah Ternak Kroto Tanpa Ratu

By On Monday, March 12th, 2018 Categories : Ternak Hewan

Cara Mudah Ternak Kroto Tanpa Ratu – Kroto merupakab salah satu bahan makanan yang sering kali di berikan oleh burung. Biasanya burung yag sering memakan kroto ialah jenis burung kicau agar burung tersebut memiliki suara nyaring dan lantang.

Kroto sering di dapatkan dari sarang semut krangkang yang banyak terdapat di atas pohon. Oleh sebab itu, banyak orang yang mencari pohon yang biasanya di huni oleh semut tersebut agar bisa mendapatkan krotonya.

Asal mula kroto ialah hasil dari telut semut krangkang di mana awalnya dari larva kroto yang berukuran sangat kecil dan kemudian berkembang menjadi besar sampai berubah bentuk menjadi semut dan di selimuti dengan selaput putih yang di sebut juga dengan kroto.

Karena kroto banyak yang mencari sehingga ketersediaan di alam bebas semakin menipis. Oleh sebab itu kini banyak sekali di lakukan budidaya kroto agar lebih lebih mudah lagi untuk mendapatkan nya mengingat kroto paling banyak di buru dan di cari oleh semua orang.

Selain itu, untuk membudidayakannya tidak terlalu sulit karena di lakukan di ruangan yang tidak terlalu luas bahkan bisa pula dengan memanfaatkan ruangan yang ada di dalam rumah maupun gudang dan juga tidak membutuhkan tumbuhan.

Akan tetapi untuk memulai membudidayakannya membutuhkan semut krangkang yang biasanya sangat mudah sekali untuk berkembang biak meskipun tanpa ratu. Karena dengan semut pekerja sana sudah bisa menghasilkan telur untuk mendapatkan calon ratu semut di waktu tertentu.

Baca Juga : Cara Merawat Kucing Persia Yang Sedang Hamil

Berikut adalah hal yang harus di perhatikan untuk budiaya kroto tanpa ratu dengan benar.

Lokasi untuk budidaya kroto tanpa ratu

Lokasi yang tepat sangat mempengaruhi untuk budidaya semut krangkrang seperti factor kebersihan, cahaya, sirkulasi udara, keamanan dan juga kebersihan.

  • Faktor cahaya

Cahaya sangat penting sekali dalam budidaya semut tanpa ratu. Jika cahaya kurang maka proses produksi tidak  akan berjalan. Oleh sebab itu harus ada pencahayaan yang tepat yang bisa masuk ke dalam budidaya kroto.

  • Faktor udara

Tempat yang di jadikan budidaya kroto harus memiliki vantilasi udara yang baik, karena untuk mengatasi udara yang sewaktu-waktu dapat berubabah. Karena semut kroto menyukai sugu udara yang tidak terlalu panas dan juga tidak terlalu dingin.

  • Faktor kebersihan

Kebersihan merupakan salah satu keberhasilan dalam budidaya kroto karena itu penting sekali untuk membersihan kotoran semut yang ada di sekitar kandang budidaya kroto.

  • Faktor keamanan

Budidaya kroto sebaiknya harus memperhatikan keamanannya terlebih lagi di lakukan tanpa ratu. Oleh sebab itu jika terdapat benda yang menempel pad arak yang terhubung ke dinding maupun lantai maka akan membuat semut kabur.

Dan peternak juga harus rajin-rajin memeriksi sekitar kandang semut, untuk menghindari adanya hewan pemakan semut seperti cicak dan lain sebagainya.

Sarang Yang di Gunakan Untuk Budidaya Kroto Tanpa Ratu

Tempat yang pas untuk di jadikan budidaya kroto ialah toples karena peternak lain yang telah membuktikannya dengan menggunakan toples sebagai media sarang maka budidaya kroto tanpa ratu bisa di jalankan. Selain itu dengan menggunakan toples maka akan mudah untuk di lakukan pengecekkan atau mengontrol nya.

Selain itu cara membuatnya sangat mudah sekali yaitu dengan:

  • Menyiapkan toples yang  bersih dan kering
  • Selanjutnya melubangi toples sebagai sirkulasi udaran dengan menggunakan jarum atau paku untuk melubanginya.
  • Selanjutnya jika sudah tinggal di isi oleh semut.

Baca Juga : Bagaimana Cara Merawat Kucing Persia Yang baru Di Lahirkan?

Loading...
Loading...
Cara Mudah Ternak Kroto Tanpa Ratu | ilmuhewan | 4.5