Cara Mudah Mengetahui Jenis Kelamin Cucak Jenggot

By On Tuesday, October 11th, 2016 Categories : Burung

Cara Mengetahui Jenis Kelamin Cucak Jenggot – Bicara tentang burung kicau memang bisa dibilang tak akan ada habisnya.

Dari mulai pemberian pakan, perawatan, pembentukan karakter si burung, hingga membedakan jenis kelamin dari burung yang kita pelihara.

Jikalau pada burung kenari cara mengetahui jenis kelaminya cukup dengan melihat pentil yang ada disekitar area alat reproduksinya, berbeda halnya dengan burung cucak jenggot.

mengetahui-kelamin

Baca Juga : Bagaimana Cara Membedakan Burung Cucak Ijo Betina dan Jantan?

Untuk dapat mengetahui jenis kelamin dari burung cucak jenggot memerlukan agak banyak tahapan, jadi bisa dibilang tidaklah instan.

Meskipun tidak bisa instan tapi ini bukan berarti susah, sebenarnya bila sudah tau, cukuplah mudah bagi kita untuk membadakan jenis kelamin dari burung cucak jenggot.

Kali ini kami akan memberikan beberapa tips membedakan jenis kelamin burung cucak jenggot yang datang dari penghobi dengan nama burung “Noname”.

Noname adalah peraih doublle winner piala Dandim Cup di beberapa waktu lalu. Nama Noname berawal dari adanya kesalahan dalam menulis nama burung pada salah satu latber.

Berhubung di data juara yang disediakan tim panitia tidak lengkap dan tidak terdapat juara pertama untuk burung cucak jenggot maka saya tulis “Noname” dan akhirnya nama itu sampai sekarang dipakai oleh pemilik si Noname dalam menamai burung kesayangannya itu.

Cucak jenggot merupakan jenis burung yang saat ini agak popular dilapangan kontes, terbukti dengan hamper selalu ada kelas cucak jenggot pada setiap event dan juga tidak pernah kurang peminat.

Suara yang lantang, indah dan sangat bisa menghibur membuat jumlah peminat dari kalangan para penghobi untuk merawat burung ini semakin banyak.

Cucak jenggot bukanlah hanya burung yang dipakai untuk dilombakan tapi seperti yang diketahui oleh pecinta burung kicau, burung cucak jenggot juga merupakan burung yang cukup sering penghobi jadikan burung masteran yang diperuntukan untuk isian jenis burung lainnya.

Hampir semua burung baik yang berjenis kelamin jantan atau betina tidak memiliki perbedaan signifikan, maka untuk pemula tentu akan sedikit agak mendapat kesulitan jika ingin membedakan jenis kelamin burung cucak jenggot.

Tips yang akan saya bagi agaknya bisa penghobi gunakan saat akan membeli burung cucak jenggot dan saat mulai merawat burung cucak jenggot.

Ciri burung cucak jenggot jantan :

  • Burung Cucak jenggot jantan biasanya pada daerah sekitar dada didominasi oleh warna kuning, ini adalah salah satu cara termudah untuk membedakan antara jenis kelamin jantan dan betina.
  • Burung Cucak jenggot jantan memiliki tubuh yang cukup Tidak terlalu gemuk dan juga tubuhnya professional.
  • Saat ia didekatkan dengan jenis burung lain, burung cucak jenggot pejantan tidak menggetarkan sayapnya.
  • Dan, untuk bisa membedakan jenis kelamin pejantan adalah, si burung jantan memiliki suara kicauan yang lebih bervariasi dan tidak monoton.

Ciri burung cucak jenggot betina :

  • Ciri dari burung cucak jenggot betina adalah kebalikannya dari pejantan, jika jantan memiliki dominan warna kuning maka si betina di daerah dada lebih dominan berwarna putih.
  • Untuk bentuk fisik dari si burung juga biasanya lebih gemuk, buntet dan juga lebih pendek.
  • Pada saat ia didekatkan dengan jenis burung lain, ia akan menggetarkan sayapnya.
  • Memiliki isian suara yang monoton, dan juga tidak bervareasi.
  • Tentu saja untuk cucak jenggot jenis betina akan berproduksi, jika ia diternak akan bisa menetaskan telur.

Bagaimana? Tidak begitu sulitkan untuk membedakan jenis kelamin cucak jenggot antara yang berjenis kelamin jantan dengan yang betina? Jadi selamat mencoba yaa. Terimakasih telah berkunjung, see you next post!

Baca Juga : Macam-Macam Burung Cucak Rowo

Loading...
Loading...
Cara Mudah Mengetahui Jenis Kelamin Cucak Jenggot | ilmuhewan | 4.5