Cara Mudah Menangkap Burung Parkit Agar Tidak Tergigit

By On Wednesday, September 28th, 2016 Categories : Burung

Cara menangkap burung parkit agar tidak menggigit – Halo para sobat pecinta burung kicau. Apa kabar kalian nih? Semoga baik selalu ya. Oh ya, apakah anda tau tentang burung Parkit?

Pasti sudah tidak asing lagi yaa. Oke, kali ini kami akan membahas tentang cara menangkap burung parkit agar tidak menggigit. Silahkan disimak yaa.

Teknik atau cara untuk menangkap seekor burung parkit agar si burung parkit tersebut tidak bias menggigit jari jemari tangan anda yakni dengan cara memakai sarung pelindung tangan.

parkit

Baca Juga : Cara Mudah Dalam Menjinakkan Burung Branjangan Liar Di Hutan

Biasanya, ketika anda hendak menangkap ataupun hendak memegang burung peliharaan, akan anda lakukan di saat anda ingin memindahkan si burung parkit ke sangkar lain, atau sangkar yang baru.

Sebaiknya, saat anda menangkap burung parkit, anda wajib untuk memperhatikan posisi paruh dari si burung yang harus tepat berada di posisi tengah telapak tangan anda.

Namun, terdapat beberapa penyebab yang dapat mengakibatkan si burung paruh bengkok seperti burung parkit dan juga lovebird cenderung lebih sering menggigit sangkar dan juga tangan apabila hendak dipegang oleh pemiliknya. Diantaranya yaitu seperti berikut:

  1. Si burung parkit sedang dalam keadaan lapar
  2. Kebiasaan alami dari burung yang masih terbilang liar atau hasil tangkapan
  3. Kandang atau sangkar si burung terlalu sempit
  4. Burung sedang dalam kehausan
  5. Burung merasa takut dengan keadaan dari lingkungan sekitar sehingga tak bisa hidup dengan nyaman

Apabila burung parkit peliharaan anda kekurangan makanan, bisa saja si burung paruh bengkok semisal parkit dan burung lovebird tersebut menggigit atau mematuki sangkarnya terlebih lagi bila si sangkar tersebut buat dari bahan Ebonit bambu, maka bahan Ebonit akan beresiko hancur.

Untuk mengatasi perilaku burung yang memiliki kebiasaan menggigit atau mematuki sangkarnya, hal terbaik yang anda bisa lakukan yaitu adalah mengganti sangkar si burung parkit dengan jenis kandangan yang berbahan baku ram raman besi.

Kebiasaan atau perilaku burung yang menggigiti jeruji sangkar juga dapat diakibatkan karena burung tersebut memang masih baru, dan sedang berada dalam masa adaptasi. Ini bisa diakibatkan karnena si burung mungkin berasal dari hasil tangkapan para pemburu liar di alam habitatnya.

Bila burung berperilaku demikian, kita wajib untuk berusaha menjinakan burung parkit tersebut. Dalam upaya menjinakkan burung parkit dan juga burung lovebird dapat kita kerjakan dengan cara membagikan pemberian pakan setiap hari dengan teknik memberi pakan secara langsung atau lolohan dengan terlebih dahulu menaruh pakan di tangan setelah itu baru pakan kita lolohkan ke paruh burung parkit.

Teknik cara yang mudah untuk memegang burung parkit dan juga burung lovebird agar tangan kita tidak tergigit yaitu dengan:

  1. Pertama, basahilah tangan anda dengan menggunakan air
  2. Ambillah sedikit minyak gosok, lalu usapkan minyak ini ke permukaan telapak tangan anda
  3. Tangkaplah si burung parkit dengan cara memperhatikan letak paruhnya. Wajib bagi si paruh untuk berada tepat di posisi tengah telapak tangan
  4. Memegang burung parkit dengan memakai media kain, yaitu dengan terlebih dahulu mengambil kaos kaki, kemudian masukan tangan anda ke dalam kaos kaki tersebut kemudian tangkaplah si burung parkit dan burung love bird peliharaan anda tersebut

Demikianlah teknik atau cara untuuk memegang burung parkit supaya tak menggiit. Hal yang wajib untuk kita perhatikan yaitu anda mesti berhati-hati ketika menangkap burung berjenis paruh bengkok yang kadang suka menggigit. Dikarenakan, apabila anda sampai terkena gigitan si burung tersebut, jari akan terasa sakit.

Baca Juga : Jenis Makanan Untuk Burung Parkit

Cara Mudah Menangkap Burung Parkit Agar Tidak Tergigit | ilmuhewan | 4.5