BISNIS ONLINE GRATIS HASIL MELIMPAH KLIK DISINI

Cara Mudah Membuat Probiotik Alami Untuk Ternak

By On Monday, January 23rd, 2017 Categories : Pakan Hewan

Cara Mudah Membuat Probiotik Alami Untuk TernakMungkin anda sudah sering mendengar istilah probiotik, tapi tahukah anda apa itu probiotik?

Probiotik adalah mikroorganisme hidup yang dapat memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan pada organisme lain.

Baca Juga : Cara budidaya artemia untuk pakan ikan

Probiotik dapat ditemukan di saluran pencernaan mahluk hidup. Ada beberapa kegunaan dari probiotik bagi manusia yaitu diantaranya sebagai berikut ini :

  1. Membantu melancarkan buang air besar dan mengatasi diare.
  2. Meredakan penyakit radang usus
  3. Sangat baik untuk kesehatan vagina
  4. Membantu menyembuhkan penyakit kulit
  5. Mencegah infeksi pernafasan
  6. Dapat menjaga kesehatan mulut

Tidak hanya baik untuk manusia, probiotik juga sangat baik untuk ternak. Pribiotik pada ternak adalah mikroorgansime yang hidup pada media tertentu kemudian digunakan pada ternak melalui makanan ternak agar system pencernaan ternak bagus dan baik. Ada beberapa manfaat dari pribiotik untuk ternak yaitu sebagai berikut ini :

  1. Meningkatkan tingkat atau daya dari sistem pencernaan dari hewan ternak.
  2. Mengurangi diare pada hewan ternak
  3. Dengan probiotik, kotoran hewan ternak tidak akan terlalu bau dan teksturnya akan kering
  4. Membasmi bakteri yang buruk bagi kesehatan hewan ternak
  5. Meningkatkan nafsu makan hewan ternak
  6. Menurunkan kadar kolesterol pada daging hewan ternak.
  7. Dapat menaikan produksi susu pada hewan ternak sapid an produksi daging hewan ternak sapi.
  8. Mengurangi bau kandang ternak karena kotoran sapi.

Probiotik yang biasanya digunakan untuk ternak ada kelompok yaitu yang berasal dari fungi dan yang berasal dari bakteri. Bakteri yang digunakan untuk probiotik contohnya adalah genus Bacillus dan Lactobacillus.

Sedangkan fungi yang biasa digunakan untuk probiotik ternak adalah Aspergillus oryzae. Ada beberapa merk probiotik yang biasanya digunakan oleh peternak diantaranya starbio, SOC, em4, Probiotik Tanggung, Bossdext, dan ragi tape jermi.

Probiotik sebenarnya dapat dibuat secara alami untuk hewan ternak oleh peternak itu sendiri. Membuat probiotik secara alami dapat mengurangi biaya pembelian probiotik yang tidak alami, karena membuat probiotik secara alami tidak membutuhkan biaya yang terlalu banyak dan cara pembuatannya pun mudah.

Berikut ini adalah cara bagaimana membuat probiotik alami untuk ternak:

  1. Bahan yang digunakan adalah pisang yang telah dipotong kecil-kecil dan haluskan, ares pisang dan air leri.Rajang ares pisang dan campurkan ares pisang yang sudah dirajang dengan air leri. Campur dan aduk ares pisang yang sudah di Rajang dan dicampurkan dengan air leri hingga tercampur rata di wadah , lalu tutup wadah tersebut biarkan selama 3 hari. Jika sudah tercium bau asam seperti tape, itu menandakan adonan probiotik alami sudah jadi dan bisa segera diberikan kepada hewan ternak.
  2. Selain itu, probiotik alami untuk hewan ternak dapat dibuat menggunakan bahan-bahan seperti campuran sumber mikrobia pemecah serat yang biasanya terdapat di rumen sapi dan kompos atau bisa di dapatkan di rumah potong hewan di sekitar lingkungan anda.

Campurkan isi rumen sapi dan kompos dalam campuran yang diinkubasikan dengan skala 5:4 lalu tambahkan air dalam campuran tersebut secukupnya saja.Selanjutnya inkubasikan campuran tersebut secara anaerob pada suhu ruangan selama 14 hari.

Lalu saring hasil yang sudah diinkubasikan keringkan di bawah sinar matahari kemudian di oven pada suhu 70-80 derajat celcius selama 48 jam.Jika sudah kering, giling dan saring dan simpan pada wadah yang tertutup dan adonan dapat dicampurkan dengan pakan ternak.

Baca Juga : Jenis rumput pakan ternak sapi

Loading...
Cara Mudah Membuat Probiotik Alami Untuk Ternak | ilmuhewan | 4.5