Cara Mudah Membuat Aquascape Air Terjun dalam Sebuah Aquarium

By On Tuesday, February 21st, 2017 Categories : Aquascape

Cara Membuat Aquascape Air Terjun di Aquarium – Siapa yang tidak suka melihat air terjun?

Pemandangan air yang tercurah dari atas bukit membuat mata siapa saja yang memandang tampak sejuk dan segar. Pikiran yang stres pun seketika jadi lenyap.

Itulah sebabnya mengapa banyak orang yang gemar membuat Aquascape air terjun di rumah. Baik untuk hiasan kolam ikan ataupun di sebuah aquarium.

Selain praktis dan mudah, membuat aquascape air terjun dalam sebuah aquarium, biayanya tidak semahal membuat air terjun buatan untuk kolam ikan di rumah.

Kemungkinan Anda membutuhkan banyak biaya untuk bahan bangunan seperti batu, semen, kayu, atau besi dan sebagainya jika membuat air terjun buatan di dalam rumah untuk hiasan kolam ikan.

Baca Juga : Cara Membuat dan Merawat Aquascape Air Tawar

Namun apabila membuat aquascape air terjun dalam sebuah aquarium, paling paling ongkos persiapan bahan dan cara pembuatan tidak lebih dari 100 sampai 200 ribu.

Ini karena membuat aquascape air terjun dalam sebuah aquarium ukurannya lebih kecil menyesuaikan dengan ukuran aquarium. Kisaran ukuran antara 10 sampai 30 cm.

Sejarah Membuat Aquascape Air Terjun Dalam Sebuah Aquarium

Pada awalnya aquascape dibuat khusus oleh para pecinta aquarium untuk ikan hias. Agar aquarium tidak tampak monoton dan hanya berisi ikan hias, maka dibuatkan aquascape berupa miniatur air terjun.

Aquascape merupakan sebuah metode bercocok tanam yang dilakukan pada bidang atau lahan yang sempit atau terbatas. Aquascape muncul pertama kali pada era 90-an di negera matahari terbit, Jepang.

Di jepang, rumah penduduk kebanyakan berada di apartemen bertingkat yang memiliki lahan sempit dan minimalis. Untuk menciptakan cara bercocok tanam baru, maka dibuatlah sebuah aquascape yang menghemat tempat.

Semakin tahun, aquascape semakin berkibar ke seluruh dunia. Termasuk di Asia Tenggara, hingga Indonesia.

Konsep aquascape yang simpel dirasa begitu pas dengan aquarium sebagai tempat ikan hias di rumah. Ekosistem ini tidak hanya membuat ikan merasa betah, tetapi juga mempercantik ruangan Anda di rumah.

Nah, jika Anda penasaran bagaimana cara mudah membuat aquascape air terjun dalam sebuah aquarium? Mari cek langkah pembuatan dan membuat aquascape air terjun dalam sebuah aquarium berikut:

Cara Mudah Membuat Aquascape Air Terjun Dalam Sebuah Aquarium

Pertama konsep aquascape air terjun dalam sebuah aquarium memanfaatkan gelembung udara untuk membawa pasir terangkat ke atas, lalu menjatuhkannya kembali melalui sebuah saluran pipa.

Ada dua benda yang dibawa gelembung ke atas lalu diterjunkan kembali, yaitu: Pasir coklat dan pasir putih. Masing-masing memiliki perbedaan warna yaitu pasir pantai coklat yang halus, dan pasir putih halus.

Bahan yang perlu disediakan antara lain: selang, pipa, pasir, dan batu aerasi.

Cara Kerja Konsep Aquascape Air Terjun Dalam Sebuah Aquarium

  1. tepat di balik dinding aquascape, udara akan didorong keluar atau mengalir ke arah batu aerasi yang terdapat di dasar pipa untuk menghasilkan gelembung udara berwarna putih.
  1. sifat gelembung udara yang lebih ringan dibandingkan air, maka gelembung akan tampak melayang dan naik ke atas.
  1. gelembung udara yang terus terangkat akan mengangkat pasir berwarna coklat atau pasir pantai berwarna putih ke atas. Mulai dari reservoir hingga ke puncak. Oleh karena bentuk reservoir dibuat miring, maka dari puncak, pasir akan kembali jatuh ke bawah. Membentuk seperti aliran air terjun mini.

Bahan-bahan & Cara Mudah Membuat Aquascape Air Terjun Dalam Sebuah Aquarium

Untuk membuat Aquascape Air Terjun Dalam Sebuah Aquarium tidak terlalu sulit. Setelah memahami konsepnnya, mari kita persiapkan bahan sebagai berikut:

  1. Pipa PVC atau paralon ukuran 1 inci. Panjang sesuai ketinggian Aquascape Air Terjun yang diinginkan.
  2. Elbow
  3. Bor atau obeng untuk melubangi elbom
  4. Selang aerator
  5. Batu aerasi atau air stone

Untuk membuat atau langkah demi langkahnya bisa dilihat pada video berikut:

Loading...
Loading...
Cara Mudah Membuat Aquascape Air Terjun dalam Sebuah Aquarium | ilmuhewan | 4.5