Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Cara Mudah Membersihkan Usus Ayam dari Kotoran

By On Thursday, July 26th, 2018 Categories : Info Lainnya

Cara Mudah Membersihkan Usus Ayam dari Kotoran – Ayam merupakan hewan ternak yang paling digemari oleh masyarakat. Selain jumlahnya yang paling banyak, ayam memiliki segudang manfaat.

Hampir seluruh bagian tubuh ayam dapat dimanfaatkan mulai dari telur, daging, hingga bagian dalam organ ayam, seperti usus contohnya.

Bagi ibu-ibu di Indonesia menggunakan usus sebagai salah satu masakan olahan yang dapat dibuat menjadi hal yang biasa.

Cara Mudah Membersihkan Usus Ayam dari Kotoran

Cara Mudah Membersihkan Usus Ayam dari Kotoran

Usus ayam sendiri dapat dibuat berbagai macam olahan makanan mulai dari yang sederhana seperti ditumis hingga dibuat sate usus.

Baca Juga : Perbedaan Ayam Kampung Dengan Ayam Negeri

Meski memasak usus ayam sangatlah mudah, namun hal yang perlu diperhatikan adaalah saat membersihkan usus dari kotorannya.

Usus merupakan salah satu organ yang membawa sisa-sisa hasil pencernaan untuk selanjutnya dibuang melalui sistem pembuangan. Oleh karena itu kita dalam membersihkannya haruslah teliti dan bersih.

Dalam mencuci usus agar tidak berbau dan bersih dari kotoran tidak cukup hanya dengan mencucinya saja, tetapi ternyata mencuci usus ayam memiliki banyak tips dan trik. Berikut beberapa yang akan di ulas.

  1. Gunakan tepung kanji

Sebelum dicuci menggunakan air, untuk menghilangkan kotoran yang menempel, tepung kanji merupakan pilihan yang tepat. Tepung kanji akan mengikat kotoran dan ketika kita mencucinya dengan air kotoran akan terbawa bersama dengan tepung kanji.

Caranya mudah cukup lumuri usus ayam dengan tepung kanji, lalu cuci hingga bersih, usahakan dalam mencuci menggunakan air bersih yang mengalir untuk menghindari kotoran kembali menempel. Tepung kanji juga dapat membuat tekstur usus ayam menjadi lebih kesat.

  1. Rebus hingga dua kali

Apabila setelah dicuci menggunakan air mengalir merasa belum cukup bersih, kita dapat merebusnya hingga dua kali. Caranya rebus usus ayam menggunakan air bersih, setelah air mendidih dan usus telah matang, angkat usus dan buang air rebusannya.

Masukan usus ayam dan air bersih ke dalam wadah lalu didihkan, kali ini dapat menggunakan beberapa rempah-rempah seperti daun jeruk, daun aslam, jahe, dan lainnya. Dengan begitu usus ayam akan jauh lebih bersih.

  1. Rendam menggunakan air kelapa

Selain menggunakan rempah-rempah, merebus usus ayam dapat juga dicampur menggunakan air kelapa. Setelah direbus hingga matang, usus ayam direbus lagi menggunakan campuran air dan air kelapa, setelah matang angkat dan tiriskan.

Ketika kita merebus usus ayam menggunakan air kelapa, tekstur usus ayam akan lebih lembut dan rasanya pun menjadi lebih gurih dan enak ketika dimasak nantinya.

  1. Beri perasan air jeruk nipis

Setelah mencuci bersih usus ayam jangan langsung direbus, tetapi coba lumuri menggunakan perasan air jeruk nipis. Lalu diamkan sekitar 10 menit, cuci kembali hingga bersih baru kita dapat merebusnya. Cara ini dapat menghilangkan bau amis pada usus ayam, karena jeruk nipis dipercaya mampu menghilangkan bau amis.

  1. Rendam menggunakan air kapur sirih

Selain menggunakan air jeruk nipis untuk memebersihkan dan memnghilangkan bau amis pada usus ayam dapat juga menggunakan air kapur sirih. Caranya cukup mudah, setelah usus dicuci bersih, lalu rendam usus ayam dalam air kapur sirih kurang lebih sekitar 15 menit. Lalu cuci bersih usus, barulah kita dapat mengolahnya.

  1. Rendam dengan campuran mentega dan susu

Ternyata menggunakan mentega dan susu dapat embuat usus ayam menjadi lebih gurih ketika dimasak. Caranya setelah usus ayam dibersihkan dan di cuci bersih, lumuri menggunakan mentega dan susu, diamkan kurang lebih 20 menitan. Lalu cuci hingga bersih dan baru kita rebus.

  1. Menggunakan daun pisang

Cara yang terakhir dapat menggunakan daun pisang. caranya dengan sobek daun pisang menjadi kecil, taruhlah usus ayam, campurkan dengan sedikit garam dan kapur sirih, lalu remas-remas. Lendir dan kotoran ada usus ayam akan terangkat dan usus dapat kita cuci hingga bersih dengan mudah.

Baca Juga : Daftar Harga Ayam Broiler Terbaru

Loading...
Loading...
Cara Mudah Membersihkan Usus Ayam dari Kotoran | ilmuhewan | 4.5