Cara Mudah Membedakan Burung Anis Kembang Jantan Dan Betina

By On Friday, September 30th, 2016 Categories : Burung

Cara Membedakan Anis Kembang Jantan Dan Betina  – Apakah Anda memiliki anis kembang di rumah?

Dan apakah Anda masih kesulitan untuk membedakan manakah anis kembang jantan dan manakah anis kembang betina?

Memang burung anis kembang merupakan salah satu jenis burung kicau yang mempunyai penampilan yang sama antara pejantan dan betina atau istilahnya disebut juga dengan dimorfik.

Untuk itu memang cukup sulit untuk membedakan keduanya, apalagi bagi para pemula.

anis-kembangs

Baca Juga : Jenis dan Macam Burung Kenari Gloster

Anis kembang (AK) jantan dan betina pada dasarnya mempunyai tampilan yang tampak sama lalu juga sulit untuk dibedakan.

Oleh karena itu, Anda wajib mengetahui ciri-ciri dari anis kembang jantan dan betina agar ketika Anda ingin membeli  atau memilihnya, maka pilihan Anda sesuai dengan apa yang diharapkan.

Bagi para penggemar anis kembang yang sudah berpengalaman dan senior mungkin akan sangat mudah untuk membedakan antara yang jantan dengan betina.

Nah untuk itu pada kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi terkait dengan ciri-ciri anis kembang jantan dan betina terlengkap. Berikut ini adalah ciri-ciri serta perbedaan anis kembang jantan dan betina :

ANIS KEMBANG JANTAN

  • Memiliki mata yang terlihat menonjol (melotot).
  • Memiliki warna bulu yang nampak lebih mengkilap dan kontras.
  • Terdapat bulu berwarna hitam/abu-abu yang berlekuk seperti awan pada bagian pantatnya.
  • Jika bersuara atau ngeriwik maka akan membuka paruhnya (saat anakan/trotolan/bakalan).
  • Memiliki bentuk kaki yang lebih rapat bila dibandingkan dengan anis kembang betina.
  • Anis kembang jantan yang sudah dewasa akan menanduk atau menyundul-nyundul sambil berkicau jika didekatkan dengan AK betina.

ANIS KEMBANG BETINA

  • Memiliki mata yang datar (tidak menonjol atau melotot).
  • Memiliki warna bulu yang tidak begitu kontras atau tegas seperti AK jantan.
  • Pada bagian pantatnya, terdapat bulu yang berwarna putih (ada yang putih bersih dan ada juga putih keruh).
  • Saat masih bakalan/anakan, pada saat ngeriwik hanya menggelembungkan lehernya meskipun suaranya keras.
  • Memiliki bentuk kaki yang agak renggang dan sedikit menunduk.
  • AK betina yang sudah dewasa akan membuka dan menutup sayapnya atau menggetarkan sayapnya jika didekatkan dengan AK jantan yang berkicau. Hal itulah yang menandakan dia merespon kicauan AK jantan.

Sekali lagi, ciri-ciri tersebut memang bukanlah hal mutlak. Perbedaan AK jantan dan betina tersebut ditulis melalui pengalaman para penggemar AK yang sudah lama memelihara AK. Jadi cukup berdasar dan bisa jadi akan membantu Anda dalam membedakan AK jantan dan betina.

Zoolthera interpres atau burung Anis Kembang memang terbilang mudah untuk dikenali, baik itu dari segi warna, bentuk fisik, tempat penyebaran serta makanannya.

Bagian kepala berwarna merah kecokelatan,  kemudian leher sampai dada berwarna hitam dan terdapat trotol hitam pada bagian perut hingga pantat. Burung anis jenis ini memiliki panjang tubuh sekitar 16 cm yang dapat diukur dari ujung paruh hingga ekor.

Wilayah penyebaran yang paling banyak ditemui yaitu di Indonesia meliputi pulau Enggano Sumatera, Kalimantan, Lombok, Sumbawa, Flores, Jawa dan Bali.

Makanan yang ada di alam liar untuk burung dengan corak seperti kembang ini sendiri diantaranya jangkrik, belalang, ulat, kroto, cacing, siput air, serta buah-buahan segar.

Selain dari segi fisik, untuk dapat mengenali burung dari genus zoolthera ini juga terbilang cukup mudah apabila dilihat dari segi suara gacorannya.

Dimana unggas tersebut mempunyai suara khas yang jarang didapat dari burung lain. Untuk kicau khasnya sendiri banyak disebut dengan istilah ngeplong dan ngerol. Artian dari ngeplong sendiri yaitu bunyi kicauan keras yang terdapat jeda waktu agak panjang disetiap nadanya.

Selain itu ngerol, banyak yang mengartikan dengan bunyi yang berkesinambungan, jeda lebih rapat dan gacornya sedangkan lebih variatif.

Di balik suaranya yang khas, anis kembang saat ini memang telah menjadi burung yang populer di kalangan kicau mania. Hal tersebut terlihat dari semakin meningkatnya perlombaan gantangan yang diadakan untuk kelas dari burung tersebut.

Dari beberapa proses perbandingan yang ada pada ciri-ciri di atas, yang paling banyak digunakan kicau mania merupakan pengamatan dari bentuk mata, kusam ataupun mengkilapnya warna bulu kemudian cara bertengger masing-masing burung.

Tetapi metode-metode tersebut sangat sulit diterapkan pada unggas yang masih anakan. Adapun cara yang dapat dibuat perbandingan terhadap unggas trotolan yaitu dengan mengamati suara anis kembang saat ngeriwik.

Apabila saat ngeriwik ditandai dengan buka paruh, maka bisa diyakini burung anis tersebut mempunyai kelamin jantan. Jika ngriwiknya hanya dengan cara menggelembungkan tenggorokan atau lehernya saja, dan tanpa membuka paruh, maka bisa disebut bahwa burung tersebut merupakan anis kembang betina

Sobat kicaukan, demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang ciri-ciri anis kembang jantan serta betina yang terlengkap. Semoga bermanfaat bagi anda semua.

Baca Juga : Cara Membuat Burung Jalak Suren Cepat Gacor

Cara Mudah Membedakan Burung Anis Kembang Jantan Dan Betina | ilmuhewan | 4.5