Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Cara Mudah dalam Proses Pembenihan Ikan Arwana

By On Sunday, January 29th, 2017 Categories : Perikanan

Cara Mudah dalam Proses Pembenihan Ikan Arwana – Salah satu proses pembudidayaan ikan Arwana di antaranya proses pembenihan yang mana proses ini nantinya akan menentukan kualitas dari si ikan Arwana itu sendiri.

Oleh karena itu ada beberapa step yang harus diperhatikan agar proses pembenihan menghasilkan hasil yang terbaik.

Baca Juga : Bagaimana Cara Ternak dan Budidaya Ikan Arwana?

Berikut ini cara mudah melakukan proses pembenihan ikan Arwana :

  • Tempat pemijahan ikan Arwana

Ketika anda akan melakukan pemijahan maka siapkan tempat yang jauh dari keramaian atau kebisingan dan pastikan bahwa tempat tersebut tidak terkena cahaya secara langsung. Perhatikan ph air dan suhunya juga.

  • Pemilihan benih ikan Arwana

Pilihlah benih ikan Arwana yang memiliki kualitas unggul yang dasarnya berasal dari induk yang berkualitas unggul juga.

Karena itu, nada harus memperhatikan secara benar, selektif dan pandai – pandai memilih indukan ikan Arwana.

Setelah itu lakukan proses pemijahan dengan baik dan bendara dan perhatikan perilaku indukan jantan dan betina pada media pemijahan.

Proses ini juga dikenal oleh para pembudidaya ikan Arwana sebagai proses pengenalan dan juga proses penyesuaian diri.

  • Masa pemijahan ikan Arwana

Proses pemijahan para induk ikan Arwana ini tergolong lama, karena membutuhkan waktu 1 Minggu bahkan 1 bulan lamanya.

Kedua ikan Arwana ini dapat disebut sebagai pasangan jika ikan betina berenang mendekati permukaan air dikejar oleh ikan jantan dan membentuk lingkaran biasanya 1 – 2 mingguan dengan posisi tubuh saling melekat.

Ikan betina akan mengeluarkan telur – telurnya yang berwarna Jingga  dalam jumlah banyak, baru kemudian ikan jantan memasukkan telur – telur tersebut pada mulutnya untuk proses inkubasi.

Biasanya telur yang dikeluarkan oleh ikan betina berjumlah 20 – 60 ekor, tapi tetap tergantung jenis, ukuran dan genetis ikan betina.

  • Masa inkubasi larva ikan Arwana

Proses inkubasi selesai jika pas larva ikan Arwana dapat bertahan hidup dan berenang. Proses penetasan sekitar 1 Minggu pas mulut ikan jantan, tapi larva – larva ini akan hidup di mulut ikan jantan hingga usianya sekitar 7 -8 minggu dan baru akan dikeluarkan ketika mereka berukuran sekitar 45 – 50 mm. Biasanya larva yang yang berhasil ditetaskan adalah berjumlah 25 – 30 ekor.

Ketika memasuki proses pembenihan larva ikan Arwana ini akan dipindahkan ke tempat khusus misalkan akuarium yang suhu airnya sekitar 27 – 29 derajat celcius .

Sebaiknya berilah tambahan pemanas termostat dan oksigen sekitar 5 ppm yang dilarutkan.

  • Proses perawatan larva

Ketika proses perawatan larva pada akuarium misalnya larutkanlah acriflavine 2 ppm guna terhindar dari penyakit, dengan begitu survival rate larva bisa mencapai 90 – 100 % hingga larva tersebut menjadi ikan kecil yang mampu berenang secara lincah.

Proses inkubasi buatan ini para larva kecil ini tidak memerlukan makanan, jadi anda harus memperhatikan kualitas air, suhu, oksigen dan juga kesehatan dari larva. Para larva akan membutuhkan pakan ketika mereka berusia 8,5 cm yang biasanya ukuran ini terjadi pada saat mereka berumur 7 minggu. Pakan yang diberikan bisa ikan kecil yang memiliki ukuran sama dengan mulut mereka atau cacing darah, dan pastikan mereka tidak kekurangan makanan, karena jika makanan yang diberikan kurang maka mereka akan saling memakan. Ketika mereka berukuran 10 – 12 cm anda bisa memberinya makanan dari udang air tawar atau rumah agar mereka dapat tumbuh dengan cepat.

Baca Juga : Cara Budidaya dan Merawat Ikan Arwana Super Red Untuk Pemula

Loading...
Loading...
Cara Mudah dalam Proses Pembenihan Ikan Arwana | ilmuhewan | 4.5