Cara Mudah Dalam Menjinakkan Burung Branjangan Liar Di Hutan

By On Tuesday, September 27th, 2016 Categories : Burung

Cara Menjinakkan Burung Branjangan Liar Dari Hutan – Bagi para penggemar burung kicauan yang mempunyai jenis burung peliharaan seperti branjangan yang terkategorikan masih liar, memang sangat terasa menjengkelkan.

Terlebih lagi jika burung yang baru saja kita beli tersebut hanya mampu kelabakan saja saat didekati. Untuk itu, burung branjangan yang masih liar perlu kita jinakkan.

Umumnya penyebab dari burung branjangan yang belum jinak, salah satunya yakni burung adalah hasil dari tangkapan liar atau baru saja tertangkap dari hutan habitatnya.

burung-liar-di-hutan

Baca Juga : Jenis Makanan Untuk Burung Parkit

Burung branjangan sendiri, merupakan burung yang tergolong memiliki suara kicauan yang terdengar melengking.

Hingga saat ini burung branjangan bisa dibilang kalah saing di pasaran bila kita bandingkan dengan burung yang lebih popular semisal jenis burung kenari.

Dikalangan penggemar burung kicauan, jenis burung branjangan juga dapat dijadikan sebagai sebuah burung masteran. Suara yang dikeluarkan memang terdengar merdu dan keras.

Namun sangatlah unik. Karena keunikanya itulah, banyak sekali yang ingin memelihara si burung branjangan ini di rumahnya masing masing.

Salah satu hal yang membuat burung ini mesti kita koleksi yakni karena si burung branjangan bisa menirukan suara kicauan burung lain yang berasal dari jenis yang lain.

Terdapat keunikan tersendiri yang tak banyak jenis burung bisa lakukan seperti yang di lakukan oleh si burung branjangan, yakni adalah teknik “hovering”.

Apakah sebenarnya yang dimaksud dengan teknik hovering untuk burung kicauan?

Hovering sendiri sebenarnya merupakan sebutan untuk salah satu skill atau teknik yang dimiliki oleh burung kicau.

Yang mana, si burung tersebut dapat mengeluarkan bunyi kicauan atau berkicau disaat ia sedang terbang sekalipun.

Maka dari itulah, kemampuan untuk melakukan teknik hovering yang dimiliki burung branjangan cukup mendapat lirikan dari para penggemar burung untuk kemudian dijadikan hewan peliharaan di rumahnya.

Bagi anda, si penghoby burung kicau pemula yang sedang ingin memelihara burung jenis branjangan namun masih liar, ada baiknya bila anda simak teknik cara menjinakkan branjangan yang kita bahas berikut ini.

Cara menjinakan burung branjangan yang masih liar

Ketahuilah untuk burung branjangan liar, jenis branjangan yang masih liar itu biasanya yang apabila si burung kita dekati maka burung tersebut akan kelabakan.

Akibat dari burung kelabakan terlalu sering, burung akan mengalami luka pada bagian paruh burung dan bulu si burung akan mengalami rontok akibat adanya benturan dengan sangkar.

Maka dari itu, cara yang dapat kita lakukan yakni dengan mengkerodong si burung selama 1 minggu. Tetapi, kita juga mesti tetap memberikan pakan dan juga minuman dengan rapi dan teratur selama burung ada di dalam sangkarnya.

Sesudah burung kita kerodong selama kurun waktu 1 minggu, kemudian kerodong sangkar boleh kita buka. Lalu berikanlah pakan burung dengan cara memberikan butiran pakan ke paruh si burung dengan menggunakan tangan kita sendiri.

Langkah selanjutnya yakni menaruh sangkar si burung branjangan pada tempat atau lokasi terbuka yang cukup sepi atau jauh dari sekitar keberadaan manusia serta hewan perusuh lainya.

Apabila si burung kita tempatkan pada lokasi atau tempat yang ramai, maka burung branjangan akan akan tetap berprilaku kelabakan.

Sewaktu kita memberi pakan burung, alangkah baiknya bila kita memberinya sembari berinteraksi secara intensif dengan branjangan.

Caranya, bisa dengan lewat suara siulan kita, atau dengan memegang bagian tubuh burung branjangan tersebut dengan mengelus-elus.

Semoga dengan begitu burung branjangan yang anda pelihara dapat cepat jinak dan menjadi burung kicauan yang bisa menemani anda di rumah.

Baca Juga : Macam-macam Burung Yang Tidak Bisa Terbang

Cara Mudah Dalam Menjinakkan Burung Branjangan Liar Di Hutan | ilmuhewan | 4.5