Bisnis Online Gratis Hasil Melimpah Klik DISINI

Cara Mudah Dalam Menghilangkan bau Kotoran di Kandang Itik

By On Saturday, February 4th, 2017 Categories : Kandang

Cara Menghilangkan bau Kotoran di Kandang Itik – Namanya juga kotoran, pastilah kotor dan bau, bahkan memiliki bau yang menyengat.

Salah satunya kotoran itik yang sering mengganggu karena bau yang ditimbulkan apalagi ketika musim  hujan tiba, kotoran itu menjadi lembab dan baunya bisa ke mana – mana.

Maka dari itu masalah bau kotoran ini haruslah di tangani secara serius seperti :

  • Membuang kotoran itik ke penampungan

Salah satu cara menghilangkan bau kotoran itik dari kandang adalah dengan cara membuang semua kotoran tersebut ke tempat penampungan.

Baca Juga : Sejarah dan Asal Usul Perkembangan Itik di Indonesia

Cara ini memang bisa menghilangkan bau kandang sementara dan menjadikannya tidak terlalu menyengat. Hanya saja pada bagian penampungan bau menyengat akan terasa, apalagi jika penampungan tersebut tidak di tutup.

Ketika anda letakkan pada tempat penampungan siapkanlah untuk proses fermentasi dengan menambahkan beberapa bahan pengurai yang bisa anda beli di toko pertanian misalnya., karena salah satu cara menghilangkan bau dengan cepat adalah proses fermentasi.

  • Menggunakan penghilang bau degan ramuan dari bahan alami

Salah satu bahan alami yang dapat digunakan adalah kunyit atau kunir, caranya dengan mencampurkan 2 % kunyit dari jumlah pakan yang akan diberikan kepada itik, namun sebelumnya kunyit tersebut cacahlah terlebih dahulu. Aroma yang berasal dari kulit ini akan membantu menyamarkan bau kotoran itik di kandang.

  • Memberinya probiotik

Akibat dari metabolisme tubuh itik yang tidak sempurna adalah munculnya bau yang menyengat pada kotoran mereka sehingga bau pada kandang.

Pemberian probiotik pada itik akan membantu saluran pencernaan itik bekerja lebih sempurna sehingga lebih sedikit nutrisi yang di buang oleh itik, alhasil bau kotoran tidak akan terlalu menyengat.

Pemberian probiotik pada kotoran itik dengan cara disemprotkan juga akan membantu mengurangi bau si  kotoran.

  • Memberinya soda kue

Soda kue atau Banking soda yang sering digunakan dalam penggunaan kue ternyata dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bau kotoran si itik.

Caranya demam mencampurkan soda kue ini pada makna itik. Karena soda kue ini memiliki sifat asam dan juga dapat menyerap kelembaban, maka asam tersebut akan melumpuhkan kerja para bakteri dan akan menghalangi bau kotoran tersebut terbentuk.

Sedangkan sifat soda kue yang dapat menyerap kelembaban membuat kotoran si itik akan lebih kering.

  • Memberinya EM4

Menggunakan EM4 pada minuman itik yang di campur juga dengan limbah gula dari tebu atau molasses, namun jika tidak ada molasses anda bisa mencampurkannya dengan gula putih atau gula Jawa.

EM4 sendiri memiliki manfaat untuk menguraikan makanan yang tidak di cerna oleh itik sedangkan molasses bermanfaat sebagai media bakteri EM4 untuk berkembang.

Cara pencampurannya cukup mudah, anda cukup mencampur air dan gula dan aduk hingga larut baru kemudian campurkan EM4 dan aduk lagi hingga benar – benar tercampur rata antara air, EM4 dan Molasses, tunggu sebentar hingga bakteri EM4 berkembang baru kemudi berikan minuman campuran ini pada itik. Cara ini sudah sering dilakukan oleh pas peternak itik, dan hasilnya cukup memuaskan apalagi ketika bau yang ditimbulkan tidak lagi sangat menyengat. Di sisi lain molasses merupakan makanan yang baik untuk bakteri.

Pastikan juga bahwa kandang itik anda memiliki sirkulasi udara yang baik agar udara dalam kandang dapat bertukar dengan udara baru yang menjadikan kandang anda tidak pengap.

Selain itu sangat baik juga jika kandang itik anda bisa terjangkau dengan paparan sinar matahari karena dengan sinar matahari ini memudahkan kandang anda kering dan membunuh bakteri yang ada pada kandang.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Produksi Telur Itik Petelur

Loading...
Cara Mudah Dalam Menghilangkan bau Kotoran di Kandang Itik | ilmuhewan | 4.5