Cara Mudah dalam Memotong Kuku Sugar Glider

By On Wednesday, June 7th, 2017 Categories : Perawatan

– Bagi yang sudah kenal Sugar glider pasti sudah tahu bahwa kuku – kuku mereka panjang dan tajam, karena dengan kuku – kuku tersebut mereka dapat memanjat dan lompat dari 1 pohon ke pohon lainnya dengan mudah.

Jika mereka sedang berada di habitatnya tidak masalah, namun akan menjadi masalah ketika mereka sedang berada di lingkungan rumah untuk jadi hewan peliharaan. Bisa – bisa kuku mereka akan melukai anda ketika sedang bermain.

Untuk itu sangat diperlukan untuk memotong kuku Sugar glider guna menghindari kejadian yang tidak di inginkan.

Memotong kuku memang mudah, namun tidak asal ya, karena jika anda asal memotongnya dikhawatirkan akan melukainya dan menyebabkan timbulnya bakteri sedangkan yang paling parah adalah Sugar glider akan mati.

Pada dasarnya memotong kuku pada Sugar glider sama dengan memotong kuku anda, yaitu anda cukup perlu memotong ujung kuku yang panjang dan tajam tersebut.

Baca Artikel Terkait :

Penyebab dan Dampak hairloss Pada Hewan Sugar Glider

Penyebab dan Tanda-tanda Hewan Sugar Glider Stress

Tips dan Trik Usaha Hewan Sugar Glider

Ciri dan Karakteristik Hewan Sugar Glider

Cara membedakan sugarglider jantan dan betina

Berikut ini cara memotong kuku Sugar glider dengan  mudah, sehingga anda tidak perlu repot membawanya ke salon hewan, selain menyingkat waktu juga dapat mengurangi biaya pemeliharaan Sugar glider.

Berikut ini cara pemotongan kuku pada Sugar glider :

Siapkan peralatan pemotongan kuku Sugar glider

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah menyiapkan peralatan untuk memotong kuku Sugar glider, seperti pemotong kuku bengkok jika tidak ada bisa menggunakan potongan kuku untuk manusia dan juga gunting kecil yang tajam jadi jangan yang tumpul ya guna menghindari mereka merasa kesakitan, handuk atau pouch sebagai alas agar Sugar glider nyaman saat pemotongan kuku

Proses pemotongan kuku Sugar glider

  • Pertama, keluarkan Sugar glider anda dari dalam kandangnya.
  • Anda dapat menggunakan handuk ataupun tidak jika sudah jinak dan peganglah Sugar glider dengan lembut dan penuh kasih sayang.
  • Secara perlahan baringkan Sugar glider di atas tangan anda.
  • Jika Sugar glider anda belum jinak atau galak, maka anda dapat menggunakan pouch agar mereka tenang ketika proses pemotongan kuku dan tidak menggigit anda.
  • Keluarkan tangan tangan atau kaki Sugar glider dan lakukan pemotongan pada ujungnya saja ya, jangan terlalu dalam karena dikhawatirkan kuku Sugar glider tersebut akan berdarah, namun jika anda memotong terlalu dalam dan terjadi pendarahan, maka segeralah lakukan pertolongan pertama agar suar glider anda tidak mengalami infeksi pada kukunya.
  • Jika dirasa ujung kuku Sugar glider masih lancip, anda dapat mengikirnya dengan menggunakan kikir yang ada pada pemotong kuku misalnya.
  • Lakukan proses pemotongan di siang hari karena mereka sedang dalam kondisi mengantuk atau tidur sehingga kemungkinan untuk berontak kecil.
  • Pilihlah tempat yang terang untuk memotong kuku Sugar glider ini agar memudahkan anda tidak salah dalam proses pemotongan.

Ada beberapa manfaat yang diperoleh ketika anda memotong kuku Sugar glider, seperti :

  1. Nyaman dan aman ketika anda mengajaknya bermain tanpa khawatir kulit anda tergores atau bagian tubuh lainnya terluka oleh kukunya.
  2. Dapat memudahkan pengambilan ketika mereka berada di tempat yang susah untuk di jangkau.
  3. Dapat terhindar dari patah tulang akibat tersangkut di baju atau tempat lainnya ketika anda sedang bermain dengan mereka.

Mudah bukan cara memotong kuku – kuku dari Sugar glider?

Cara Mudah dalam Memotong Kuku Sugar Glider | ilmuhewan | 4.5