Cara Mudah Dalam Membuat Hay Pakan Ternak

By On Sunday, February 12th, 2017 Categories : Pakan Hewan

Cara Membuat Hay Pakan Ternak – Pakan ternak seringkali menjadi isu yang banyak dikeluhkan para peternak. Bukan tanpa alasan, jika tidak tepat sasaran dalam memberikan pakan.

Bisa-bisa biaya operasional membengkak dan menambah ongkos modal para peternak.

Tidak hanya itu saja, memberikan persediaan pakan ternak yang segar atau masih fresh seperti sayuran atau rumput, seringkali terkendala dengan sulitnya mencari ketersediaan di alam atau lingkungan sekitar.

Baca Juga : Jenis rumput pakan ternak sapi

Untuk mengatasi masalah ini, muncul teknologi penyimpanan pakan ternak yang sering disebut dengan hay. Hay adalah pengeringan pakan ternak hingga nol kadar air yang sengaja diawetkan agar bisa disimpan dalam waktu yang lama.

Pertimbangan dalam pembuatan hay diuraikan dalam daftar berikut:

  • Hay dibuat dari rumput hijau yang sengaja dipotong potong dan dikeringkan hingga kadar airnya habis guna diberikan pada hewan ternak. Pengeringan ini dilakukan agar bisa disimpan dalam waktu lama terutama saat musim kemarau. Di mana tidak ada ketersediaan rumput hijau.
  • Hay yang tidak terpengaruh waktu dapat memberi manfaat berupa waktu panen yang relatif sama. Sehingga tidak akan mempengaruhi pertumbuhan ternak pada periode selanjutnya. Hay juga lebih mudah dicerna oleh usus ternak.
  • Membuat hay dari hijauan tidak boleh sembarangan. Ada syarat tertentu misalnya hay harus terbuat dari jenis hijauan yang bertekstur halus. Selain itu, dipanen ketika awal musim berbunga dan ditanam di lahan yang subur.

Cara Mudah Dalam Membuat Hay Pakan Ternak

Untuk membuat hay sebagai pakan ternak sebenarnya tidak terlalu sulit. Terdapat 2 langkah untuk membuat hay yang berkualitas bagus, di antaranya :

  1. Metode hamparan

Teknik ini cukup sederhana dan simpel. Yaitu membiarkan atau sengaja menjemur hijauan pakan ternak di lapangan terbuka dengan paparan sinar matahari yang mengarah langsung.

Diharapkan dengan teknik pengeringan alami di bawah sinar matahari langsung bisa menghilangkan kadar air dan membunuh bakteri.

Hay harus dibolak balik setiap hari hingga kering atau berwarna kecoklatan. Kadar air dengan teknik hamparan rata rata sekitar 20 – 30 % saja.

  1. Metode pod

Metode pod adalah cara yang dilakukan dengan memakai rak untuk menyimpan hijauan yang telah dikeringkan selama 1 sampai 3 hari dengan kadar air 50%. Syarat untuk metode ini adalah memanen hijauan ketika awal musim berbunga untuk mendapatkan level protein tinggi dan serat.

Jenis jenis pengawet yang digunakan untuk membuat hay pakan ternak

  • Garam dapur 2 % agar mengurangi tingkat suhu tinggi karena mengandung uap air. Selain itu, garam juga bisa bersifat antiseptik yang mematikan mikroba dan jamur.
  • Ammonia cair agar mencegah suhu panas dan menambah tingkat cerna hijauan. Ammonia juga bersifat menambah nitrogen.

Cara mudah dalam membuat hay pakan ternak:

  • Hijauan dipotong potong bisa memakai mesin pemotong, kemudian bawa ke tempat terbuka untuk dijemur.
  • Sebarkan hay dengan baik dan dibolak balik setiap 2 jam sekali.
  • Penjemuran ini dilakuakn terus hingga kadar air berkurang sekitar 15% saja.
  • Apabila sudah kering, dikumpulkan dan dipres, diikat tali lalu disimpan dalam rak atau tempat penyimpanan.

Syarat untuk mendapatkan hay yang baik:

  • Hay berwarna hijau atau kekuningan
  • Daun tidak mengalami kerusakan yang banyak
  • Hijauan memiliki bentuk daun yang utuh dan jelas
  • Tidak terlalu kering

Semoga informasi tentang cara mudah dalam membuat hay pakan ternak di atas bisa bermanfaat.

Baca Juga : Cara budidaya artemia untuk pakan ikan

Loading...
Cara Mudah Dalam Membuat Hay Pakan Ternak | ilmuhewan | 4.5