Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Cara Mudah Budidaya Ikan Salmon untuk Pemula

By On Tuesday, March 15th, 2016 Categories : Perikanan

Cara Mudah  Budidaya  Ikan  Salmon untuk Pemula – Salah  satu jenis ikan  yang  menjadi komoditas  tertingigi  di sektor perikanan   salah satu diantaranya ialah  ikan Salmon.

Daya tarik kepada  produk perikanan  yang satu ini  menjadi  wajar. Karena  bagaimanapun ikan Salmon ini  mempuyai beberapa keistimewaan  potensinya jika dibanding ikan lainnya.

Sehingga kini banyak  penggemar ikan yang tertarik untuk  membudidayakan ikan ini.

Semanga t untuk  memotivasi diri  mempelajari budi daya salmon  bisa  kita  mulai dari kesadaran bahwa selama ini produk sal mon untuk kebutuhan dalam negeri masih dikuasai asing dimana  sekitar 86 persen  produk salmon ini dari hasil import Norwegia.

Untitled12

Tentu jika ini menjadi dasar  untuk  memicu semangat  ber wira usaha bidang salmon ini  amat sangat terbuka peluang yang  lebar.

Apalagi dengan  prestasi anak negeri  bisa menghasilkan  kwaliats dan kwantitasnya   lebih baik  secara ekonomis tentu akan sangat  mengurangi beban  devisa  negara untuk biaya import salmon selama ini.

Maka dengan  mulai dari kesadaran  ini  mestinya kita  sudah  mengawali  sikap untuk lebih cinta  berwira usaha  di bidang perikanan  Salmon ini.

Sebagai motivasinya embrionya bisa dari  sekedar kegemaran atau hobby untuk  budidaya ikan salmon,secara sederhana  untuk menuju jangka panjang menguasai yang lebih modern.

Diakui  bahwa  bahwa proses untuk menghasilkan salmon terbaik  pastinya  dilalui dengan cara yang panjang  mulai sejak pembenihan  yang sangat  cermat , teliti  dan  berberkwalitas dengan kontrol yang sangat  ketat dan hanya  dilakukan di ruang laboratorium.

Ber guru salmon ke Norwegia  bisa disebut  sangat penting,banyak hal yang  akan kita dapatkan  diantaranya ilmu praktis  khususnya  budi daya  Salmon yang bisa diterapkan di negeri kita.

Kini  yang menjadi  pokok  persoalannya adalah bagaimana  upaya kita untuk  meningkatkan  produksi baik kwalitas dan kwantitasnya  sehingga kapasitas  produknya betul betul menjadi andalan bagi para  penggemarnya.

Jadi bukan lagi pada kebanggaan  sekedar membudidayakan  namun lebih  diarahkan untuk  pencapaian hasil yang lebih optimal,ekonomis dan  lebih menguntungkan.

Langkah  Praktis  Budidaya  Ikan  Salmon

Ada beberapa  langkah yang perlu kita  ketahui  untuk memulai menggeluti  Budidaya salmon  ini  dinataranya;

  1. Upaya untuk menghasilkan kualitas yang lebih maksimal  budidaya ikan salmon yang menjadi perhatian kita bahwa  indukan  salmon  yang kita pilih  haruslah  indukan yang berkwalitas. Dari indukan yang berkwalitas ini  biasanya  dari  indukan betina  super  mampu menghasilkan sekitar 10.000
  2. Caranya telur yang telah  dibuahi  lalu diinkubasi dalam  wadah khusus .
  3. Air yang digunakan dalam wadah  khusus  menggunakan air tawar,supaya  lebih nyaman , keadan suhu  wadah  dan air  bagi lingkungan hidup salmon harus dikendalikan  agar bisa menyesuaikan  kehidupan di habitatnya.
  4. Jika benih salmon sudah mulai menetas,yang kita lakukan  ialah memindahkan  ke  wadah  khusus untuk pembesaran. Atau salmon bayi harus  dibesarkan di hatchery sampai 18 bulan
  5. Mulai pada usia ini ikan salmon muda  mulai mengalami  perubahan proses kedewasaan  dengan segala kemampunya mulai bisa beradaptasi  lebih kuat dengan lingkungan yang sebenarnya yaitu  hidup di air asin. Proses ini dikenal dengan  smoltify atau  proses alami perubahan fisiologis.
  6. Akhir dari masa perubahan fisiologis ini pada ikan salmon yang sudah berukuran  berkisar  panjangnya  10 s/d 12 cm  dan  bobot mulai mencapai 100g segeralah  ikan ini dipindahkan dari wadahnya di hatchery  ke lokasi jaring apung di perairan  air asin di laut.
  7. Selanjutnya  setelah  dipelihara di jarring apung selama 18bulan  lamanya  ikan salmon kini  telah  berubah menjadi salmon smolt dewasa yang memiliki bobot sekitar 4.5 kg per ekor. Pada usia ini maka  ikan salmon milai disebut   ikan yang layak jual,saatnya untuk dipanen.

Baca Juga : Panduan Dalam Budidaya Ikan Air Laut Untuk Pemula

Loading...
Cara Mudah Budidaya Ikan Salmon untuk Pemula | ilmuhewan | 4.5