Cara Mudah Beternak Burung Merpati Potong Untuk Pemula

By On Thursday, September 22nd, 2016 Categories : Burung

Cara Ternak Burung Merpati Potong – Semakin tingginya angka permintaan akan daging merpati potong, akan membuat semakin banyak jumlah pengusaha yang melakukan ternak burung merpati.

Namun sebelum pengusaha memulai usahanya tersebut, ada baiknya bila sebelumnya mempertimbangkan step beternak burung merpati agar bisa memberikan keuntungan yang maksimal untuk pemilik burung merpati tersebut.

Sebenarnya burung jenis merpati amatlah sangat mudah untuk kita rawat.

merpati-potong

Yakni kita hanya perlu menerapkan sistim umbar, tetapi ada kalanya kita juga di haruskan untuk membuatkan kandang.

Baca Juga : Tips Cara Membedakan Telur Burung Jantan dan Betina

Cara mengawali atau langkah awal untuk beternak merpati potong:

  1. Mempersiapkan modal usaha untuk membeli burung merpati.
  2. Memastikan dan mengkalkulasi umlah burung merpati.
  3. Memerhatikan proses pembuatan kandang.
  4. Menyediakan pakan yang berkualitas untuk burung merpati.
  5. Melakukan perawatan kandang burung.

Kemudian setelah tahap awal kita kerjakan, kita dapat langsung mengerjakan tahapan berikut ini:

Tahap pertama yakni mempersiapkan burung merpati.  kita bisa membeli burung di pasar burung. Saran kami, belilah burung tersebut dengan jumlah ombyokan (banyak) dan janganlah lupa untuk sedikit menawar.

Sebagai salah satu pertimbangan, belilah burung merpati yang sudah berjodoh yang tentunya jenis kelamin jantan dan betina.

Kami sarankan pula agar jangan membeli burung merpati jenis kipas. Hal ini dikarenakan jenis burung merpati kipas biasanya hanya bisa dijadikan untuk hiasan rumah saja.

Tentukanlah jumlah modal usaha anda untuk membeli semua burung tersebut. Kita dapat mengakumulasikan jumlah burung merpati yang akan kita beli semisal 40 ekor. Umumnya untuk jumlah sebanyak itu, anda perlu menyiapkan dana sekitar 700 ribu saja.

Untuk dapat mempercepat tahap menghasilkan keuntungan, maka tentunya anda sebaiknya menyiapkan burung merpati modalan tersebut dengan jumlah 20 pasang atau lebih tepatnya  40 ekor burung merpati yang tiap jenis kelaminya berjumlah sama. Yaitu 20 ekor merpati berjenis kelamin jantan dan sisanya berjenis kelamin betina.

Langkah kedua yakni proses pembuatan kandangan burung merpati. Kita dapat membuat sangkar burung merpati menggunakan papan dari kayu triplek ataupun multiplek yang dibentuk kotak lalu kita beri beberapa sekat.

Dalam tiap satu sekatan, bisa kita buatkan lubangan pintu untuk tempat masuk keluarnya si burung merpati. Selanjutnya untuk penempatan kandang burung kita dapat menaruh kandang burung tersebut disekitar belakang rumah kita atau kita ikatkan di pohon.

Untuk beternak burung merpati, tentunya saja kita haruslah selalu menyediakan aneka jenis pakan untuk burung itu sendiri.

Untuk jenis makanan yang tepat dan cocok untuk diberikan ke burung merpati potong adalah biji bijian. Kita dapat memberikan pakan jenis jagung ataupun biji padi.

Apabila si burung merpati yang kita rawat tersebut kita kandangkan dengan menggunakan teknik umbaran, kita hanya diharuskan untuk melakukan perawatan kandangnya saja dan cukup menyiapkan tempat minum yang kita tempatkan dekat kandang burung merpati.

Bila semua burung sudah berjodoh dan bertelur di kandangnya maka yang perlu kita kerjakan adalah melakukan pengawasan kandang.

Jangan sampai ada predator atau hewan lain yang mendekati sangkar si burung. Contohnya, tikus got dan kucing liar.

Selanjutnya kita bisa tunggu telur merpati tersebut hingga menetas. Umumnya burung dara dapat bertelur sejumlah 3 sampai 4 butir telur saja. Akan tetapi terkadang jumlah telur yang ia keluarkan dalam sekali bertelur sampai berjumlah 5 butir.

Bila semua telur sudah menetas, tunggulah hingga anakan burung tersebut menetas hingga menjadi trotol. Biasanya burung dara sudah dapat kita panen ketika ia sudah berusia 2 bulan. Selanjutnya burung tersebut bisa kita tangkap kemudian kita jual lagi kepada pengepul merpati potong.

Baca Juga : Tahukah Anda Apa Saja Ciri-ciri Burung Sirtu Jantan dan Betina, Cari Tahu Yuk..

Cara Mudah Beternak Burung Merpati Potong Untuk Pemula | ilmuhewan | 4.5