Bisnis Online Gratis Hasil Melimpah Klik DISINI

Cara Merawat Telur Kenari Agar Menetas Dengan Sempurna

By On Wednesday, September 28th, 2016 Categories : Uncategorized

cara merawat telur kenari agar menetas dengan sempurna – Setelah beberapa bulan berkenalan secara perlahan dengan burung kenari, akhirnya keinginan untuk bertenak burung kenari bisa kesampaian juga.

Burung kenari yang sudah dibeli beberapa hari itu sudah bertelur walaupun masih terkadang telurnya mengalami gagal di sarangnya.

Tapi sesudah berupaya dengan mencari tahu bagaimana cara membuat sarang burung kenari ternyata muncul masalah krusial yaitu banyaknya jumlah telur yang tidak jadi menetas.

telur-menetas-semprna

Baca Juga : Cara merawat burung kenari betina agar rajin gacor

Cara untuk menetaskan semua telur burung kenari bisa dibilang sangat mudah, pada umumnya telur kenari yang jumlahnya berkisar antara empat sampai lima butir, sedangkan siklus antar si telur pertama dengan yang kedua antara 3-4 hari sekali, maka jika ada dua telur, tentunya telur pertama sudah berusia 4 hari sedangkan untuk telur kedua baru berusia 1 hari, nah di sinilah kuncinya.

Supaya nanti ketika sudah saatnya telur telur tersebut bisa menentas bareng, maka ambil dan simpanlah si telur pertama di tempat yang hangat, dan jangan terkena air sedikitpun.

Karena telur yang terkena air biasanya akan gagal meskipun induknya sudah mengeraminya. Setelah itu untuk telur kedua dan juga seterusnya juga harus disimpan seperti si telur pertama itu tadi.

Setelah indukan burung kenari betina ingin mengerami telur-telurnya, maka taruhlah di sarangnya dan anda mesti menunggu paling cepat selama 21 hari agar telur itu menetas bareng.

Nah, disinilah rahasianya, karena proses ngeremnya bareng sehingga memungkinkan untuk menetas bareng juga.

Bisa kita bayangkan kalau kita biarkan secara alami maka si telur pertama akan duluan sedangkan yang lainnya pasti masih baru dikeremin sama induknya selama beberapa hari saja.

Setiap penangkar burung, baik yang jenis kicauan, burung jenis hias, burung merpati, maupun burung kelangenan seperti perkutut dan juga derkuku, pasti menginginkan produktivitas dari indukan meningkat dari waktu ke waktu hingga tercapainya batas optimal.

Fakta menunjukan tidak mudah untuk bisa mencapai sasaran tersebut. Terutama akibat jumlah telur yang sedikit, telur infertil, embrio mati sebelum telur menetas, dan juga piyikan mati selang beberapa jam atau beberapa hari setelah menetas. Yuk mari kita kupas-tuntas semua persoalan ini, agar produktivitas indukan Anda bisa optimal.

Jika kita petakan, secara garis besar ada dua penyebab mengapa telur tidak menetas, yaitu:

  • Telur tergolong infertil (gabuk, kosong, tidak subur).
  • Telur fertil, tetapi si embrio burung mati di dalam telur sebelum menetas.

Mengapa Telur burung bisa mengalami Infertil?

Berikut ini adalah lima faktor penyebab dari mengapa telur yang dihasilkan induk betina tidak subur atau infertil :

  • Indukan burung mengalami masalah nutrisi.
  • Indukan burung mengalami masalah fisik
  • Indukan burung mengalami masalah sosial
  • Indukan burung mengalami masalah lingkungan
  • masalah genetik dari indukan burung.

Kapankah periode yang beresiko untuk menimbulkan kematian bagi si embrio?

Kematian embrio burung di dalam telur umumnya terjadi ketika ia masih dalam periode awal penetasan dan juga periode akhir penetasan, dengan rincian kurang lebih sebagai berikut :

  1. Periode awal penetasan telur

Periodenya mencakup 3 hari pertama semenjak telur burung dierami atau ditetaskan. Diperiode ini, diperlukan konsistensi temperature suhu pengeraman, agar sel dari si benih (discus germinalis) bisa berkembang menjadi embrio burung.

  1. Periode akhir penetasan telur

Periodenya mencakup 3 hari terakhir sebelum piyikan menetas. Periode ini juga memerlukan kestabilan suhu pengeraman / penetasan.

Kiranya, itulah yang bisa kami sampaikan di artikel seputar tips dan cara tepat dalam merawat tellur burung kenari agar menetas dengan sempurna ini. Semoga, artikel ini bisa berguna dan bermanfaat bagi para pembaca. Terimakasih, see you next post!

Baca Juga : Cara Mengetahui Burung Kenari Betina dan Jantan Siap Kawin

Loading...
Cara Merawat Telur Kenari Agar Menetas Dengan Sempurna | ilmuhewan | 4.5