Cara Merawat Lovebird Untuk Pemula

By On Monday, December 9th, 2019 Categories : Biologi

Cara Merawat LovebirdKepopuleran burung lovebird sudah tak diragukan lagi. Burung yang harganya tergolong mahal di pasaran ini memang terkenal memiliki warna bulu yang cantik.

Semakin langka dan semakin indah warna burung lovebird, maka harganya pun tentu akan semakin mahal. Harga burung lovebird tentu bervariasi berdasarkan keindahan warna bulunya. Harga burung lovebird bisa mencapai ratusan ribu bahkan puluhan juta untuk tiap ekor.

Maka tak heran banyak yang merawat burung lovebird untuk dijual kembali atau sebagai hobi karena keindahan serta kicauannya. Sebelum memutuskan untuk memelihara burung lovebird, perlu juga dicari informasi tentang bagaimana memelihara lovebird agar dapat berkembang dnegan baik. Yang pertama perlu diketahui adalah bagaimana membedakan burung lovebird jantan dan betina.

Lovebird jantan biasanya memiliki kepala yang lebih kecil dan bentuknya lebih rata. Demikian pula untuk paruh serta tubuhnya, lovebird jantan memiliki paruh dan tubuh lebih kecil dari lovebird betina serta memiliki kaki yang rapat dengan ekor berbentuk V. lovebird jantan biasanya lebih gesit dan agresif.

Sedangkan lovebird betina memiliki tubuh yang lebih besar dari lovebird jantan dengan kepala menonjol ke atas serta kaki yang melebar saat bertengger. Ekor lovebird betina biasanya terlihat seperti huruf U dan lovebird betina cenderung lebih tenang.

Saat membuatkan kandang lovebird, buatkanlah kandang yang luas karena lovebird sebagai burung yang aktif kerap bergerak kesana-kemari.

Usahakan kandang terbuat dari besi ataupun logam untuk menghindari kandang rusak karena burung lovebird terkadang suka menggigit apa yang ada di sekitarnya.

Letakkan pula batang tempat burung bertengger. Jangan lupa untuk membersihkan kandang lovebird selama setidaknya sekali seminggu dan pastikan kandang kering sebelum memasukkan lovebird ke dalam kandang kembali.

Letak kandang juga perlu diperhatikan, hindari meletakkan kandang di tempat yang gelap karena lovebird membutuhkan sinar ultraviolet dari matahari namun jangan sampai meletakkan di tempat yang terus terpapar sinar matahari karena bisa menyebabkan lovebird kepanasan hingga meninggal.

Guna menjaga stamina burung lovebird agar tetap berkicau, burung lovebird harus dimandikan secara teratur. Burung lovebird bisa dimandikan pada pagi hari dengan cara menyemprot lovebird hingga basah kuyup dan jangan lupa usap lembut mneggunakan air lalu letakkan burung di luar ruangan untuk dianginkan sekitar 10 menit. Saat sore hari, keluarkan lagi lovebird untuk diangin-anginkan selama setidaknya satu jam.

Selain itu, seringlah untuk mengajak lovebird bermain dengan mengeluarkan dari kandangnya selama setidaknya 30 menit sehari karena lovebird tergolong burung yang suka bermain.

Pakan untuk lovebird biasanya bermacam-macam mulai dari pelet, biji-bijian hingga sayuran. Biji-bijian yang bisa diberikan kepada lovebird adalah biji kedelai, kacang hijau atau kacang merah. Untuk buah dan sayuran yang bisa diberikan ke lovebird adalah jagung muda, pepaya, atau pisang.

Loading...
Loading...
Cara Merawat Lovebird Untuk Pemula | ilmuhewan | 4.5