Cara Merawat Jangkrik Agar Menang Saat Bertanding

By On Sunday, December 4th, 2016 Categories : Uncategorized

Cara Merawat Jangkrik Agar Menang Saat Bertanding – Jangkrik memang sudah lama dikenal sebagai binatang yang mampu dijadikan binatang aduan.

Ternyata kenyataan ini bukan hanya dikenal luas di Negara Indonesia namun juga di luar negeri. Salah satunya adalah Negara China.

Bahkan di Negara Tirai Bambu tersebut, adu Jangkrik telah menjadi warisan turun temurun. Salah satunya terbukti dengan adanya mitos bahwa pelaku adu Jangkrik dipercayai akan memiliki umur panjang.

merawat-jangkrik

Sehingga tidak heran apabila banyak warga China yang memelihara maupun merawat Jangkrik untuk dipelihara. Tapi tentunya hal tersebut juga berlaku sama di Indonesia.

Dimana masih banyak orang yang tertarik untuk merawat Jangkrik dengan harapan tentu menang ketika dipertandingkan. Untuk itulah berikut ini akan dijelaskan cara merawat Jangkrik agar menang saat bertanding:

  1. Memilih Jangkrik Berkualitas

Pemilihan Jangkrik berkualitas tentunya harus masuk ke dalam prioritas utama. Karena pada tahap inilah akan menetukan langkah-langkah selanjutnya.

Biasanya jenis Jangkrik yang baik adalah bodinya yang panjang dengan gigi yang terlihat tebal. Dimana biasanya banyak sekali yang berkeyakinan bahwa semakin panjang bodi dari Jangkrik tersebut maka semakin kuatlah Jangkrik itu. Ataupun jika tidak ingin repot maka bertanya langsung pada penjual Jangkrik yang berkeahlian.

  1. Menggantung Jangkrik

Setelah Jangkrik yang diinginkan telah dipilih maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah menggantung Jangkrik tersebut.

Dimana cara ini bisa dilakukan dengan mengikat pangkal sayap Jangkrik dengan benang. Setelah itu di kunci dengan plastik sedotan.

Hal ini dilakukan semata-mata untuk membuat Jangkrik tidak bisa pergi. Untuk rentang waktu penggantungan sendiri relatif berbeda-beda tergantung jenis Jangkrik itu sendiri.

Namun minimal 6 jam dan maksimal 12 jam. Penggantungan ini bisa dilakukan baik pada pagi, siang, sore maupun malam hari.

Tergantung waktu luang yang dimiliki oleh pemilik Jangkrik itu sendiri. Pasti banyak yang bertanya-tanya tentang apa gunanya Jangkrik yang digantung? Untuk itulah berikut ini akan dijabarkan apa saja manfaatnya:

  • Membuat Jangkrik Lebih Jinak

Manfaat pertama dari Jangkrik yang digantung adalah Jangkrik perlahan tidak lagi liar dan berubah menjadi Jangkrik yang jinak. Tentunya hal ini akan sangat berguna nantinya dalam adu Jangkrik.

  • Untuk Mengaktifkan Syaraf Motorik

Ternyata dengan penggantungan terhadap Jangkrik pada rentang waktu tertentu mampu mengaktifkan syaraf-syaraf motorik yang dimiliki.

Hal ini akan sangat bermanfaat pada adu Jangkrik nantinya. Karena Jangkrik yang telah aktif syaraf motoriknya maka akan lebih cepat, gesit bahkan juga agresif. Tentunya hal ini akan semakin memperbesar kans dari Jangkrik tersebut untuk menang.

  • Untuk Mengencangkan Otot Jangkrik

Selama proses penggantungan maka otot-otot yang dimiliki oleh Jangkrik akan mengalami kontraksi. Apabila dilakukan dalam rentang waktu yang tepat maka hal tersebut akan berguna untuk mengencangkan otot Jangkrik. Sehingga otomatis membuatnya semakin kuat.

  • Untuk Menyeleksi Jangkrik

Jangkrik yang memang kuat biasanya akan tahan digantung dalam waktu beberapa jam. Namun cerita lain akan terjadi apabila Jangkrik yang digantung merupakan Jangkrik yang lemah karena pasti tidak akan bertahan lama. Sehingga hal ini berguna untuk menyeleksi Jangkrik terbaik untuk diadu nantinya.

  1. Pemberian Makanan

Hal terakhir yang harus diperhatikan adalah pemberian makan yang tidak bisa dilewatkan. Dimana makanan dari Jangkrik bisa berupa nasi putih.

Namun untuk menambah stamina biasanya ditaburi bahan tambahan. Untuk bahan tambahan sendiri biasanya berbentuk bermacam-macam tergantung kebutuhan.

Namun yang paling sering digunakan kandungan Ginseng di dalamnya. Seperti yang diketahui Ginseng adalah pemacu tenaga, stamina dan juga penguat yang berguna untuk Jangkrik yang akan diadu agar bisa menang nantinya.

Baca Juga : Cara Ternak Jangkrik yang Menghasilkan

Loading...
Cara Merawat Jangkrik Agar Menang Saat Bertanding | ilmuhewan | 4.5