Cara Merawat Burung Merak Yang Baik Dan Benar

By On Friday, November 11th, 2016 Categories : Burung

Cara Merawat Burung Merak Yang Baik Dan Benar – Sebelum membahas lebih mendalam mengenai cara merawat burung merak yang baik dan benar, terlebih dahulu akan dibahas mengenai burung merak itu sendiri dan cara mengetahui jenis kelaminnya.

Burung merak adalah salah satu burung yang unik dengan bulu indah yang dipunyainya.

Meskipun tidak dapat mengeluarkan suara kicauan namun burung ini memiliki keindahan bulu yang menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta burung.

merawat-merak

Baca Juga : Cara Membedakan Burung Kolibri Jantan dan Betina Dengan Mudah

Saat ini Burung merak menjadi salah satu jenis burung yang langka dan di lindungi negara. Harga sehelai bulunya juga sangat mahal.

Perkembangan burung merak tergolong sangat lamban karena dalam fase sekali  bertelur burung merak hanya menghasilkan dua butir telur saja.

Antara Burung merak jantan dan merak betina terdapat perbedaan yang sangat signifikan. Dari segi ukuran tubuhnya, Burung merak jantan badannya sangat besar dan ekornya sangat panjang.

Merak jantan juga memiliki jengger yang panjang dan indah untuk menarik perhatian burung betina pada masa kawin.

Sedang ukuran tubuh burung merak betina badannya sedikit lebih kecil dan warna bulunya tidak sebagus burung jantan.  Bulu ekor merak betina juga tidak bisa mekar seperti punya Merak jantan.

Perawatan sehari-hari burung merak sebenarnya sangat mudah sekali, namun tidak banyak orang yang bisa menangkar dan merawatnya. Cara merawat burung merak yang baik dan benar adalah sebagai berikut :

  1. Pemberian Pakan

Layaknya hewan peliharaan lain, burung merak juga harus diberi makan dan minum secara teratur agar tidak kelaparan dan bisa berproduksi.

Jenis makanan yang baik untuk burung merak adalah jenis biji bijian seperti jagung dan padi, jenis daun hijau yang rasanya manis serta beberapa jenis serangga. Pemberian pakan voor juga sangat dianjurkan.

  1. Pembuatan kandang

Burung merak harus dibuatkan kandang yang berukuran besar dan diusahakan menyerupai habitat aslinya di alam bebas untuk menghindari stres.

Makanan tersebut disediakan di dalam sangkar tersebut. Hindari daerah yang banyak keramaian karena burung merak sangat pemalu dan tidak suka keramaian.

  1. Masa Produksi

Musim kawin merak adalah saat musim penghujan. Seperti jenis ayam pada umumnya, Burung Merak adalah hewan poligami, artinya seekor Merak jantan dapat membuahi banyak Merak betina. Jika terlalu banyak Merak jantan di dalam kandang itu tidak bagus.

  1. Pengeraman dan Penetasan

Kebanyakan orang yang memelihara merak mengakui kalau telur Merak tidak berhasil ditetaskan jika dierami oleh meraknya sendiri.

Namun saat menempatkan telur burung merak ke ayam yang sedang mengeram, telur merak bisa menetas. Cara ini bisa dicoba jika ingin mengembangkan biakkan burung merak yang dipelihara.

Demikian cara mudah merawat burung merak dengan baik dan benar. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Jenis Jenis Burung Merak dan Daerah Asalnya

Loading...
Cara Merawat Burung Merak Yang Baik Dan Benar | ilmuhewan | 4.5