Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Cara merawat anakan sirtu yang tepat dan benar

By On Thursday, October 13th, 2016 Categories : Burung

Cara merawat anakan sirtu yang tepat dan benar – Berikut ini, kita akan berusaha memberikan tips dan cara seputar merawat anakan dari burung sirtu.

Di Indonesia, burung ini dikenal memiliki beberapa nama panggilan.

Semisal burung Surpu, Cipo, dan sebagainya. Untuk burung sirtu yang masih kecil, ada yang menyebutnya dengan panggilan cipo.

anakan-sirpu

Cipo adalah sirtu yang baru menetas dan usia anakan burung sekitar 2 minggu. Pada dasarnya makanan yang paling tepat untuk jenis burung sirtu dewasa adalah serangga seperti kroto, laba-laba dan juga jenis serangga kecil lainya.

Bahkan kita juga bisa memberi pakan si burung berupa ulat hingkong ataupun juga serangga yang agak besar seperti jangkrik.

Namun apabila kita hendak memberi pakan jangkrik kepada burung sirtu dewasa tentu sebaiknya kita harus memperhatikan jumlah dosis jangkrik yang kita beri ke burung tersebut.

Jenis-jenis hewan serangga yang cukup disukai oleh burung sirtu, sirpu, cipo sebagai asupan makananya adalah

  • Kroto atau anak rangrang ,angkrang
  • laba-laba
  • Jangkrik
  • Ulat Hongkong
  • Untuk jenis pakan ulat, burung sirtu yang hidup dialam biasanya mencarinya di lembaran daun pisang (untuk ulat daun pisang)

Jenis pakan diatas adalah makanan kesukaan burung sirtu dewasa sedangkan untuk burung sirtu yang masih berusia anakan tentu kita harus bisa memberikan pakan yang sifatnya lunak dan juga halus. Kita dapat memberikan pakan dengan cara menggunakan teknik lolohan.

Memang untuk burung yang masih berusia anakan akan bergantung pada lolohan yang diberikan oleh induknya.

Cara merawat anakan sirtu, sirpu, cipo agar sehat dan bisa cepat jinak

  1. Langkah pertama yang harus kita perhatikan bila ingin merawat anakan dari burung sirtu adalah usia dari burung tersebut. Apabila si burung masih terlihat sangat muda sekali (yang umurnya masih 2 minggu) maka kita perlu untuk menyiapkan alat penghangat burung. Kita bisa menaruh alat penghangat yang sudah kita taruh di luar sangkar burung. Untuk alat penghangatnya sendiri, bisa buat dengan sederkana dengan hanya memanfaatkan rangkaian kabel yang di ujungnya kita pasangkan lampu pijar 5 watt. Letak dan penempatan si lampu ini bertujuan untuk menghangatkan si anakan burung sirpu. Untuk peletakanya yang diluar, sebenarnya di maksudkan agar indra penglihatan si anakan burung tidak sakit.
  2. Perhatikanlah jenis pakan yang akan kita beri. Sebaiknya kita memberikan pakan kepada anakan sirpu tersebut dengan pakan berupa telur dari semut rangrang. Telur semut rangrang yang masih belum menetas nantinya akan menjadi kroto. Dan kroto merupakan jenis pakan yang menyehatkan untuk si burung.
  3. Teknik atau cara untuk memberikan pakan bisa kita lakukan dengan cara teknik lolohan. Berikanlah telur kroto sejumlah 15 ekor saja dan berikanlah sebanyak 3 kali dalam sehari. Setelah itu jangan lupa untuk memberikan minum. Dengan anda melolohnya seperti ini, si burung akan bisa lebih cepat anda jinakan.
  4. Waktu yang tepat untuk memberikan pakan si anakan burung sirtu adalah dikisaran jam 6.30 pagi. Sedangkan untuk waktu siang hari, berkisar dari jam 11.00 hingga sore hari jam 16.00.
  5. Untuk anakan dari burung sirtu yang sudah mepek, atau anakan burung sudah banyak bulunya, kita bisa berikan pakan berupa kroto dan juga serangga semisal ulat hongkong. Disini kita bisa melatih burung agar dapat terbiasa untuk memakan ulat dan juga jangkrik. Namun tetap saja, untuk jangkrik anda disarankan untuk hanya memberikan 3 ekor saja tiap 3 hari sekali.

Baca Juga : Ciri-ciri dan Karateristik burung trucukan jantan dan betina

Loading...
Cara merawat anakan sirtu yang tepat dan benar | ilmuhewan | 4.5