Cara Merawat Anak Kucing Yang Baru Saja Lahir

By On Wednesday, November 23rd, 2016 Categories : Ternak Hewan

Cara Merawat Anak Kucing – Memelihara Kucing tentunya memiliki kesenangan dan juga kepuasan tersendiri.

Sehingga tidak heran mulai banyak orang berbondong-bondong untuk memelihara hewan yang lucu ini. Berbagai jenis Kucing pun kemudian menjadi pilihan tergantung selera masing-masing.

Hingga kemudian kabar menggembiarakan pun datang. Yaitu ketika Kucing yang dipelihara hamil dan akan segera melahirkan.

cara-merawat-tanah-kucing

Baca Juga : Fakta Unik Tentang Kucing yang Anda Harus Tahu

Hal ini tentu artinya adalah Kucing yang dipelihara akan menjadi bertambah jumlahnya. Namun nyatanya bukan hanya kebahagiaan yang hadir namun juga kebingungan.

Terutama bagi mereka yang baru mendapati Kucing peliharaan mereka akan melahirkan. Tentunya mereka masih awam dengan hal tersebut dan tidak tahu hal apa yang harus dilakukan.

Untuk itulah berikut ini akan dijelaskan cara merawat Anak Kucing Yang Baru Saja Lahir:

  1. Dekatkan Anak Kucing Dengan Induknya

Anak Kucing yang baru saja lahir tentunya memiliki kondisi tubuh yang sangat rentan. Dimana dalam kerentanan ini, Anak Kucing sangat membutuhkan asupan nutrisi dari Induknya.

Namun pada beberapa Kucing, ada Induknya yang setelah melahirkan anaknya malah menjauhi dan enggan untuk mendekati.

Hal ini disebabkan karena Anak Kucing yang baru lahir masih menempel banyak plasenta dalam tubuhnya. Sehingga membuat Induk enggan untuk mendekatinya.

Tentunya hal ini tidak bisa dibiarkan terus-menerus karena anak Kucing nantinya tak kunjung mendapatkan susu dari Induknya.

Untuk itulah kita harus segera bertindak. Yaitu dengan tetap mendekatkan Induk pada anaknya dengan membersihkan sebagian dari plasenta hingga nantinya Induk Kucing sendiri yang membersihkannya.

  1. Bersihkan Ari-Ari Pada Anak Kucing

Setelah berhasil membersihkan Plasenta dari Anak Kucing yang baru saja dilahirkan maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah membersihkan Ari-Ari yang masih menempel pada perut Bayi Kucing. Hal ini dilakukan semata-mata untuk menjaga kebersihan dari Kucing tersebut.

Selain itu, usahakan untuk menggunakan sapu tangan ketika akan membersihkan maupun memotong ari-ari pada anak Kucing.

Hal ini untuk menghindari tangan manusia yang bersentuhan langsung dengan Anak Kucing. Dimana bau manusia akan menempel sangat kuat pada Anak Kucing yang disentuh langsung sehingga membuat Induk Kucing malah menghindari anaknya tersebut.

  1. Hangatkan Anak Kucing

Anak Kucing yang telah bersih maka harus segera dihangatkan. Hal ini untuk menghindari Anak Kucing mengalami hipertemia.

Dimana biasanya Induk Kucing yang baru saja melahirkan biasanya berada dalam kondisi yang sangat lemah dan tidak memiliki daya untuk menghangatkan.

Untuk itulah cara manual bisa dilakukan untuk menghangatkan anak Kucing.

Yaitu mulai dari menggunakan selimut, handuk maupun sprei kecil. Usahakan untuk membuat Anak Kucing berada dalam kondisi ini dalam beberapa waktu. Hal ini hanya untuk memastikan bahwa Anak Kucing benar-benar telah hangat.

  1. Berikan Susu Kucing Apabila Dibutuhkan

Seperti yang sudah dijabarkan sebelumnya bahwa tiap Induk Kucing memiliki pembawaannya masing-masing.

Ada Induk Kucing yang begitu perhatian kepada Anak Kucingnya namun juga ada sebagian Induk Kucing yang malah sama sekali tidak peduli pada Anak Kucing yang telah dilahirkan.

Masalahnya adalah ketika Induk Kucing yang tidak peduli tersebut adalah Kucing milik anda. Tentunya apabila ini terus dibiarkan maka Anak Kucing yang baru saja dilahirkan tidak mendapatkan susu dari Induknya yang acuh.

Untuk itulah sebagai majikan, anda bisa mensiasati kondisi ini dengan membuatkan susu langsung kepada Anak Kucing tersebut.

Tentunya Susu yang digunakan juga susu yang khusus untuk anak Kucing sehingga membuat Anak Kucing tidak mengalami alergi.

Baca Juga : Penyebab Bulu Kucing Anggora Sering Rontok

Cara Merawat Anak Kucing Yang Baru Saja Lahir | ilmuhewan | 4.5