Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Cara Menyiapkan Burung Kacer Agar Menang di Perlombaan

By On Friday, September 2nd, 2016 Categories : Burung

Para pemilik burung kacer yang suka mengikuti ajang perlombaan pasti selalu berharap jagoan yang ia pelihara bisa tampil dengan maksimal serta memiliki mental bertarung yang bagus diajang perlombaan.

Pasti pemilik burung kacer juga berharap kacer kesayanganya tidak mudah mbagong saat sedang dilombakan. Performa burung kacer sebenarnya dapat kita optimalkan.

Dan Pengoptimalan ini hanya dapat diperoleh dengan melalui serangkaian perawatan harian dan saat jelang lomba. Tentunya dengan memakai cara yang tepat dan kontinyu yaa.

perlombaan kacer

Berikut ini akan kami sampaian beberapa tips untuk menyiapkan kacer agar siap lomba (khususnya dengan menggunakan metode pengaturan pemberian pakan).

Usaha perawatan burung kacer agar bisa tampil maksimal saat lomba sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan.

Yaitu dengan memberikan perawatan ke unggas secara harian dan juga rutin. Termasuk juga menyediakan pakan tambahan (EF) yang mengandung banyak sekali protein.

Pakan tambahan yang kaya protein tersebut dapat berupa jangkrik. Jangkrik dapat menjadi menu wajib pakan burung yang harus selalu ada setiap hari.

Makin banyak asupan gizi protein yang dikonsumsinya, makin “beringas” pula karakter unggas peliharaan kesayangan kita tersebut.

Kondisi itu yang dapat memicu tingkat birahinya sehingga si burung bisa menjadi lebih rajin mengeluarkan bunyi (gacor) dan akan mempunyai sifat yang lebih agresif ketimbang biasanya.

Itulah salah satu alasan mengapa banyak penggemar yang cukup senang melakukan eksperimen untuk memperoleh “setelan” yang pas, terutama dalam porsi jangkrik dalam melakukan perawatan harian maupun perawatan burung saat menjelang lomba.

Berikut ini  adalah cara menyiapkan kacer agar dapat menjadi burung yang lebih siap untuk disertakan pada lombakan:

  • Pada pagi dan sore hari, kacer sebaiknya hanya diberikan jangkrik sebanyak 2 ekor saja. Pemberian jangkrik yang jumlahnya sedikit ini sengaja dilakukan agar si burung tidak terlalu agresif dan tidak membuang energinya untuk sesuatu hal yang kurang penting. Contohnya berkicau pada saat siang hari, atau menjadi galak dan bringas pada burung lain maupun ke pemiliknya lantaran birahi terlalu tinggi.
  • Pemberian asupan jangkrik yang sedikit tentu tidak terlalu dianjurkan bagi anda yang suka memelihara kacer sebagai burung hias untuk Jika ingin mempunyai burung kacer yang rajin bunyi setiap hari, pemberian pakan jangkrik bisa diberikan minimal 5 ekor pada pagi hari dan sore harinya.
  • Porsi kroto kita dosis 1 sendok teh, dan diberikan ke unggas selama 1-2 kali dalam Kroto ini bermanfaat sebagai tambahan asupan energi yang bertujuan untuk mendongkrak stamina burung.
  • Sehari menjelang ajang perlombaan ( H-1) atau sore hari saat menjelang matahari terbenam, kacer boleh diberi jangkrik dengan takaran lebih dari 10 ekor. Beberapa orang penggemar bahkan memberikan asupan jangkrik hingga 50 ekor agar nantinya si burung tampil lebih maksimal di keesokan harinya.
  • Setelah itu, burung sebaiknya dikerodong dan dibiarkan untuk Tapi malam di harinya, kacer sebaiknya diberikan mandi malam untuk mencegah terjadinya over birahi saat ia akan dilombakan.

Adapun metode perawatan lain sebelum burung ini digantang tergantung dari karakter burungnya sendiri.

Ada kacer yang harus tetap dikerodong dan baru boleh dibuka saat mau digantang, ada pula yang harus diberikan pisang dan 1 ekor jangkrik, serta ada juga kacer yang dicas sesama peserta atau dengan kacer yang berjenis kelamin betina. Sekali lagi, semuanya tergantung dengan karakter si burung.

Hal yang terpenting dalam melakukan pemeliharaan burung kacer untuk ajang perlombaan adalah menjaga tingkat birahi mereka agar tetap stabil, terutama selama 6 hari sebelum burung dilombakan untuk meredam emosi serta agar si burung tidak terlalu banyak mengeluarkan energinya dengan percuma.

Burung baru dianjurkan untuk dibuat birahinya ketika menjelang saat-saat akan diikutkan di perlombaan, yang biasanya dilakukan pada H-1.

Baca Juga : Bagaimana Cara Menangkar Burung Pleci?

Loading...
Loading...
Cara Menyiapkan Burung Kacer Agar Menang di Perlombaan | ilmuhewan | 4.5