Cara Menjaga dan Merawat Ayam Ketawa

By On Monday, November 21st, 2016 Categories : Ternak Hewan

Cara Menjaga dan Merawat  Ayam Ketawa – Salah satu jenis ayam hias yang memiliki kelompok pencintanya sendiri adalah ayam jenis ketawa.

Ayam ketawa adalah ayam yang memiliki warna cukup indah dan sering dipelihara karena ayam ini memiliki suara khas yang mirip seperti orang yang sedang tertawa.

Merawat ayam ketawa biasanya tidak akan jauh berbeda dengan ayam kampung biasa pada usia – usia awal.

ayam-ketawa-merawat

Baca Juga : Fakta Unik Tentang Ayam Serama

Sejak masih berukuran kecil atau menjadi anak ayam, ayam ketawa dipelihara kemudian diberi makan dengan makanan misalnya menir, dedak ataupun jagung giling.

Selain itu juga perlu diberikan suplemen atau vitamin yang  nantinya dapat di campurkan pada makanan atau minuman dan hal ini penting agar kesehatan ayam ketawa tetap terjaga dan baik untuk pertumbuhan serta perkembangannya.

Apabila sudah memasuki usia empat bulan, ayam ketawa perlu dipelihara dengan lebih intensif lagi. Karena pada usia ini ayam ketawa perlu dimandikan dan juga dijemur sehingga kesehatan bulu ayam ketawa senantiasa terus terjaga dan bulu ayamnya akan lebih bersih dan terbebas dari kutu, sehingga akan menjadi lebih sehat.

Untuk  menghasilkan ayam ketawa yang sehat dan baik serta memiliki suara yang bagus ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga dan merawat ayam ketawa, beberapa cara yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut ini.

  1. Selalu bersihkan kandang ayam secara rutin, karena dengan memperhatikan kebersihan kandang ayam, maka akan sangat berpengaruh terhadap sehat atau tidaknya ayam ketawa ini nantinya. Karena jika kandang ayam berada dalam keadaan yang kotor, maka ayam ketawa sangat rentan untuk terserang penyakit. Ayam ketawa akan mempunyai nafsu makan yang baik jika tempat yang ditinggalinya berada dalam keadaan yang bersih.
  2. Untuk menjaga kebersihan tubuh ayam, usahakan untuk selalu memandikan ayam ketawa ini setidaknya sekali dan 3 hari. Usahakan jangan sampai terlalu kuyup. Setelah ayam dimandikan, lalu jemur ayam ketawa lebih kurang selama 30 menit. Dengan keadaan tubuh ayam yang bersih, maka akan menjauhkan ayam dari infeksi penyakit yang disebabkan oleh parasit pengganggu. Perlu diingat untuk pemberian minum jangan setelah ayam dijemur lalu langsung diberi minum, tetapi alangkah baiknya ditunggu hingga lebih kurang selama 2 atau 3 jam setelah ayam ketawa dijemur
  3. Sebaiknya sediakan tempat yang bisa digunakan oleh ayam ketawa untuk bertengger. Karena ayam memiliki sifat yang alamiah yaitu suka naik keatas atau berada dalam tempat yang sedikit lebih tinggi. Dengan memberikan fasilitas yang dapat membuat ayam ketawa nyaman maka juga akan berdampak pada pertumbuhan pada ayam ketawa disetiap harinya sehingga ayam jarang mengalami sakit.
  4. Jika ingin melatih ataupun memacu ayam ketawa agar bisa berkokok cukup dengan memperdengarkan bunyi atau suara kokokan dari ayam ketawa lain. Atau pilihlah audio maupun suara ayam ketawa dengan suara yang bagus, tunggu hingga ayam ketawa peliharaan ikut terpacu atau tertarik ikut mengeluarkan suara.
  5. Jangan lupa memberikan ramuan atau jamu khusus ayam untuk ketawa. Jamu khusus tersebut terdiri dari rempah – rempah seperti  jahe, kemudian madu, tomat dan juga bayam. Cara membuat jamu khusus ini sangat mudah, yaitu dengan merebus tomat dan bayam lalu dinginkan, setelah itu blender bersama jahe dan tambahkan madu. Cara pemberian jamu ini cukup dimasukkan kedalam suntikkan yang telah disterilkan sebelumnya lalu suntikkan kedalan mulut ayam ketawa.

Baca Juga : Fakta Unik Tentang Ayam Ketawa

Cara Menjaga dan Merawat Ayam Ketawa | ilmuhewan | 4.5