Bisnis Online Gratis Hasil Melimpah Klik DISINI

Cara Meningkatkan Produksi Telur Itik Petelur

By On Saturday, December 10th, 2016 Categories : Pakan Hewan

Cara Meningkatkan Produksi Telur Itik Petelur – Usaha beternak itik adalah usaha peternakan yang cukup menguntungkan, karena bisa dilakukan dengan modal kecil, mudah perawatannya, dan pakannya pun mudah.

Namun apa daya ketika memelihara itik petelur hasilnya tidak maksimal. Itik tidak bertelur setiap hari dan telurnya pun tidak banyak sehingga hasil keuntungannya tidaklah maksimal.

Proses pembentukan telur unggas itu memerlukan waktu 25 – 26 jam, kemungkinan besar lebih dari satu hari dan itik bertelur mundur 1 jam.

prouksi-telur-itik

Baca Juga : Sejarah dan Asal Usul Perkembangan Itik di Indonesia

Itu pun dalam kondisi normal dengan pakan yang seimbang. Pakan adalah sumber gizi yang dibutuhkan dalam pembentukan telur.

Jangan pernah memberikan pakan yang asal – asalan pada itik, karena kemungkinan itik akan terlambat bertelur. Kalau tidak terlambat bertelur, telurnya lembek dan abnormal.

Sumber gizi seperti protein adalah komposisi yang dibutuhkan dalam pembentukan isi telur dan mineral yang sangat dibutuhkan dalam pembentukan cangkang. Jadi kalau cangkang telur itik lembek berarti itik mengalami kekurangan mineral.

Itik itu mudah stress. Jika itik mengalami stress kemungkinan besar akan mempengaruhi produksi telur, yang tadinya bisa bertelur sering malah jadi lambat dan terlambat.

Selain itu adanya penyakit tertentu yang dialami itik, juga akan menghambat terjadinya proses pembentukan telur. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan produksi telur itik. Berikut penjelasannya :

  1. Pastikan itik sudah berada pada umur produksi, atau dalam masa produksi. Bukan menjelang afkir atau baru pertama kali bertelur.
  2. Berikan pakan yang seimbang untuk itik petelur. Jangan sampai kekurangan gizi, karena pakan dibutuhkan dalam pembentukan telur nantinya. Selain itu juga menghindari abnormal pada telur seperti telur lembek, kecil dan lain – lain.
  3. Beri pakan bebek dengan keong

Keong banyak di temukan di rawa – rawa dan sawah – sawah. Keong sangat efektif sebagai pakan dan juga sebagai suplemen agar itik selalu bertelur.

Berdasarkan pengalaman peternak itik, saat itik tidak di beri makan keong maka keesokan harinya dan seterusnya itik tidak bertelur seperti biasa.

Itik tetap bertelur tapi tidak rutin, dan paling hanya satu. Lain halnya jika itik tidak diberi pakan keong maka hasilnya akan sesuai dengan yang diinginkan.

Karena keong menjadi makanan kesukaan bebek. Disamping efisien, keong pun termasuk jenis pakan yang cara mendapatkannya tergolong sangat gampang.

Keong bisa ditemukan di sawah atau di rawa-rawa. Kalaupun harus membeli keong, maka untuk harganya pun juga tidak mahal, jika dibandingkan dengan dedak atau bekatul.

  • Kandang itik usahakan jauh dari pemukinan yang ramai, minimal dibelakang rumah dan dekat sawah agar nyaman. Karena informasi yang didapat berdasarkan hasil penelitian mengatakan lingkungan juga mempengaruhi produksi telur itik.
  • Beri konsentrat. Konsentrat adalah makanan suplemen bebek agar bisa dan lancar dalam bertelur. Jika mengalami kerepotan dalam mencari keong, maka bisa disiasati dengan cara pemberian konsentrat. Konsentrat ini banyak ditemukan di toko pertanian atau peternakan dan juga bisa didapatkan pada warung terdekat di desa – desa.
  • Pilihlah jenis itik petelur yang memiliki produksi tinggi. Sebagai rekomendasi pilih lah itik tegal karena itik ini memiliki kemampuan produksi mencapai 60 %.
  • Jaga kesehatan itik dari penyakit, terutama yang menganggu produksi telur.

Demikianlah cara untuk meningkatkan produksi telur itik yang bisa dipraktekkan. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Tips Cara Membedakan Telur Burung Jantan dan Betina

Loading...
Cara Meningkatkan Produksi Telur Itik Petelur | ilmuhewan | 4.5