Cara meningkatkan Produksi getah Karet

By On Tuesday, November 5th, 2019 Categories : Biologi

Cara meningkatkan Produksi getah KaretMengenal pohon karet tentu bukanlah hal asing karena segala benda apapun yang berkaitan dengan karakternya yang mudah melar namun dapat kembali ke wujud semula, memiliki bahan mentah dari pohon jenis ini.

peningkatan kebutuhan bahan mentah karet tentu diimbangi semakin besarnya beragam kebutuhan yang harus dipenuhi dan bersumber dari tanaman karet meskipun bahan sintetis terus diupayakan.

Perlu cara meningkatkan produksi getah karet agar dapat memenuhi jumlah kebutuhan barang olahan dari tanaman ini yang terus meninggi. Terdapat beberapa cara yang perlu dilakukan untuk meningkatkan produksi meliputi,

Memberantas gulma secara rutin tetapi tidak sampai habis

Pemberantasan terhadap gulma perlu dilakukan karena tanaman karet menjadi kekurangan sumber nutrisi untuk pertumbuhannya.

Namun, pemberantasan tanaman liar tidak perlu dilakukan secara membabi buta alias harus bersih, hal ini dilakukan untuk menjaga nutrisi tetap terjaga sekaligus tidak tergerus oleh aliran air hujan ketika musim hujan tiba.

Sistem tanam yang sangat dianjurkan bagi para petani karet adalah sistem tumpang sari atau monokultur. Hal ini dapat meningkatkan pendapatan dari sisi ekonomi sekaligus tetap menjaga tanaman karet mendapat nutrisinya untuk tumbuh sekaligus menghasilkan getah karet yang berlimpah.

Pembuatan Pupuk dengan menggunakan garam

Pemupukan sangat perlu dilakukan bagi para petani karet agar tanaman budidayanya dapat menghasilkan lateks yang melimpah.

Beragam literatur menyatakan bahwa pupuk dari bawang merah dapat meningkatkan produksi karet menjadi sangat berlimpah.

Namun, perlu disadari bahwa kebutuhan bahan ini sangat diperlukan di beragam rumah makan maupun restoran. Selain itu, kebutuhan bumbu dapur juga memerlukan bawang merah menjadi bahan utama masakan. Otomatis harga bawang merah seringkali melambung tinggi.

Hal ini tentu tidak selalu menjadi pilihan utama untuk membuat pupuk alami, salah satu bahan murah meriah yang mampu memberikan nutrisi tanaman kareta dengan baik yaitu garam.

Cukup melarutkannya dengan menggunakan air lalu diguyurkan pada tanah di sekitar tanaman sudah membuatnya mampu menghasilkan lateks yang cukup banyak.

Baca Juga :

Pembuatan Pupuk antara campuran garam istonik dengan kotoran binatang ternak

Bahan pupuk yang diolah dari campuran garam isotonik dengan kotoran binatang dapat memberikan manfaat luar biasa untuk proses regenerasi sel tanaman akibat penggoresan saat melakukan penyadapan untuk memperoleh getah karet.

Pemupukan ini tidak perlu dilakukan secara rutin, dapat dilakukan selama seminggu atau dua minggu sekali.

Namun, pemupukan dengan menggunakan garam isotonik sangat baik diterapkan secara rutin untuk menghasilkan getah karet dengan aliran yang deras. Selain itu, teknik penyadapan sangat penting, hal ini mempengaruhi hasil getah karet.

Penyadapan terbaik dilakukan sesaat sebelum matahari muncul atau terbit. Itulah beberapa cara meningkatkan produksi getah karet yang perlu Anda coba sebagai petani karet agar mendapatkan lateks yang berlimpah.

Loading...
Loading...
Cara meningkatkan Produksi getah Karet | ilmuhewan | 4.5