Cara Meningkatkan Pertumbuhan Bobot Ternak Kelinci

By On Monday, November 28th, 2016 Categories : Pakan Hewan

Cara Meningkatkan Pertumbuhan Bobot Ternak Kelinci – Boleh dikatakan usaha untuk meningkatkan pertumbuhan bobot kelinci adalah jenis usaha ternak dengan modal kecil dan menjanjikan untung besar hingga bisa mencapai dua kali lipat atau 200%.

Ditambah lagi permintaannya yang terus meningkat dan cara pemeliharaannya yang tidak terlalu rumit.

Permintaan yang tinggi diambil para pengepul kelinci untuk mengumpulkan ternak kelinci dari peternak – peternak lainnya kemudian dijual lagi  ke usaha pengolahan kelinci seperti dibidang kuliner yaitu sate kelinci dan kelinci bakar.

bbot-kelinci

Baca Juga : Ciri dan Karakteristik Khusus Hewan Kelinci

Kelinci menjadi salah satu pilihan ternak alternatif yang berpotensi cukup besar untuk digunakan sebagai pengganti ataupun pelengkap sumber protein hewani yaitu sebagai daging. Sehingga kelinci menjadi pilihan untuk dibudidayakan bagi peternak lainnya.

Terjadinya peningkatan kebutuhan daging kelinci dari waktu ke waktu disebabkan karena menurut informasi yang beredar, ternyata daging kelinci dipercaya mengandung kolesterol rendah sehingga banyak diminati manusia paruh baya atau penderita darah tinggi.

Kini kelinci bukan lagi sejenis hewan yang menjadi korban percobaan para ilmuwan dan ahli – ahli lainnya ataupun hanya sekedar menjadi hewan peliharaan anak-anak.

Akan tetapi, kelinci sudah menjadi sebuah peluang usaha alternatif yang begitu menguntungkan.

Cara Meningkatkan Pertumbuhan Bobot Ternak Kelinci

Ciri – ciri fisik kelinci yang baik :

  1. Kelinci yang sehat memiliki sifat yang sangat lincah dan begitu aktif, gerakannya terlihat energik dan memiliki nafsu makan yang tinggi.
  2. Memiliki tubuh yang proporsional atau seimbang
  3. Memiliki mata yang bulat bercahaya, selaput mata yang bersih dan mempunyai pandangan mata yang cerah sertajernih.
  4. Bagian hidung, moncong dan mulut kelinci dalam keadaan bersih.
  5. Berkaki normal, kuat, kokoh dan berkuku pendek.
  6. Berbadan bulat, berdada lebar, padat dan kekar.
  7. Berkulit licin dan tidak terasa seperti benjol – benjol bila diraba.
  8. Berbulu licin, bersih, halus, mengkilat dan rata.
  9. Dubur dalam keadaan bersih, kering dan tidak terdapat tanda – tanda kotoran bekas mencret.
  10. Memiliki ekor yang kecil, tumbuh lurus ke atas dan tampak menempel ke punggung serta bentuknya tidak miring atau rebah ke samping.

Teknik atau cara meningkatkan pertumbuhan bobot ternak kelinci sangat berhubungan dengan teknik pemeliharaan dan pakan yang diberikan.

Agar kelinci peliharaan dapat cepat gemuk dan besar perlu diterapkannya pemeliharaan yang baik dan penyediaan pakan yang seimbang. Pakan yang seimbang tentu akan baik untuk penggemukan kelinci.

Pakan yang dimaksud adalah pakan yang memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh kelinci. Pakan yang diberikan kepada kelinci hendaknya mengandung nutrisi yang lengkap seperti kandungan protein, lemak, serat kasar, karbohidrat, vitamin dan juga mineral.

Pakan yang akan diberikan juga harus dipilih dan diperhitungkan sedemikian rupa agar nantinya kelinci tidak mengalami gangguan pencernaan.

Sebagai contoh makanan kelinci yang baik yaitu makanan yang terdiri dari rumput lapangan, limbah sayur – sayuran seperti sayur kangkung, kol, dedaunan, seperti daun sawi, daun kacang tanah, kemudian wortel dan juga konsentrat.

Pakan yang akan diberikan pada ternak kelinci sebaiknya harus mencukupi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan kelinci dan sesuai fase pertumbuhannya. Ternak kelinci yang mendapatkan pakan yang kurang dari kebutuhan nutrisinya maka secara langsung akan memberikan dampak pada produktifitas kelinci yang menjadi tidak optimal.

Sehingga dengan memperhatikan kebutuhan dan kecukupan nutrisi kelinci, maka akan dapat meningkatkan pertumbuhan dan bobot ternak kelinci.

Baca Juga : Cara Pengendalian dan Pengobatan Penyakit Scabies Pada Kelinci

Cara Meningkatkan Pertumbuhan Bobot Ternak Kelinci | ilmuhewan | 4.5