Bisnis Online Gratis Hasil Melimpah Klik DISINI

Cara Meningkatkan Bobot Ikan Lele

By On Monday, November 28th, 2016 Categories : Pakan Hewan, Perikanan

Cara Meningkatkan Bobot Ikan Lele – Ikan lele adalah salah satu jenis ikan tawar yang suka makan dan ikan lele ini akan aktif saat matahari mulai terbenam untuk beraktifitas, seperti mulai mencari makan dan berkembang biak.

Ikan lele juga merupakan salah satu ikan tawar yang proses pertumbuhan tergolong baik, karena tentunya diimbangi dengan makanan yang baik pula.

Tidak terlalu sulit dalam urusan pakan ikan lele, karena ikan lele menyukai makanan apa saja yang berada disekelilingnya. Ikan lele ini juga menyukai tempat – tempat yang kotor seperti limbah karena tempat – tempat yang kotor seperti limbah tersebut terdapat banyak makanan.

bobot-ikan-lele

Baca Juga : Alternatif Pakan Lele

Sehingga tak jarang bahkan ada para peternak ikan lele yang membidudayakan ikan lelenya disaluran pembuangan limbah rumah tangga, karena sebagaimana yang kita ketahui limbah rumah tangga kaya akan sisa makanan dan sampah – sampah organik dapur.

Selain itu pada saluran pembuangan rumah tangga ini juga terdapat asupan makanan alami lainnya seperti jentik nyamuk dan larva yang tumbuh dikolam tersebut.

Meskipun ikan lele ini suka berada di tempat seperti limbah yang banyak akan makanan, namun jangan 100% memelihara ikan lele didalam kolam hasil dari pembuangan limbah rumah tangga. Karena mash banyak faktor yang harus diperhatikan dalam usaha membudidayakan ikan lele ini.

Peternak lele seharunya memikirkan bagaimana supaya pertumbuhan ikan lele melonjak cepat agar segera untuk memasuki masa panen.

Oleh karena itu diperlukan pakan yang berguna untuk menyeimbangkan gizi dan juga kebutuhan nutrisi ikan lele seperti dengan memberikan pakan alami, dan pakan tambahan untuk ikan lele.

  1. Pakan Alami

Pakan alami yang dapat dikonsumsi  ikan lele adalah jenis hewan kecil dan larva seperti plankton ataupun jenis mikroorganisme positif lainnya.

Cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan plankton dan mikroorganisme positif adalah dengan melakukan pemupukan pada kolam.

Pakan alami sangat kaya akan nutrisi seperti protein yang dibutuhkan oleh ikan lele. Tanda berhasil atau tidaknya pemupukan yang dilakukan pada kolam ikan lele yaitu dengan mulai terjadinya perubahan warna air yang menjadi seperti kehijauan.

Jika tanda ini sudah kelihatan, berarti mikroorganisme sudah mulai tumbuh dan berkembang didalam kolam. Langkah selanjutnya yaitu dilakukan penyesuaian secara berkala dengan menambah volume air sebelum benih mulai ditebarkan.

  1. Pakan Tambahan

Pemberian makanan tambahan termasuk dalam kategori pakan ikan lele yang bagus dalam upaya mempercepat pertumbuhan ikan. Makanan tambahan yang diberikan sangat mudah  didapat dan tidak perlu didapatkan dengan cara membelinya.

Karena makanan tambahan ini dapat berupa sisa – sisa makanan keluarga yang sudah tidak termakan lagi atau tidak habis, sayuran kubis busuk, tulang ikan yang lunak, tulang ayam yang telah dihancurkan, dan usus – usus ayam.

Selain dengan memberikan secara langsung pakan tambahan seperti yang telah disebutkan sebelumnya, akan lebih baik jika makanan tambahan ini dicampurkan dengan dedak dan cincangan ikan kemudian diaduk dengan air menggunakan perbandingan 9 : 1.

Jika tidak ada dedak, maka juga bisa menggunakan jagung giling dan bekicot dengan perbandingan 2 : 1. Akan tetapi jika area kolam ikan lele berada dekat dengan lokasi pelelangan atau penakaran ikan maka akan lebih bagus jika menjadikan ikan rucah atau ikan yang kecil – kecil yang tidak layak dikonsumsi menjadi santapan tambahan untuk ikan lele, sehingga akan mempercepat pertumbuhan dan meningkatkan bobot ikan lele peliharaan.

Baca Juga : Begini Cara Memilih Induk Lele Yang Berkualitas dan Unggul

Loading...
Cara Meningkatkan Bobot Ikan Lele | ilmuhewan | 4.5