Bisnis Online Gratis Hasil Melimpah Klik DISINI

Cara Mengolah dan Membuat Ikan Beku

By On Thursday, July 13th, 2017 Categories : Produksi

Cara Mengolah dan Membuat Ikan Beku – Ketika membeli ikan di pasar atau supermarket, terkadang ikan tersebut dijual dalam bentuk beku atau disimpan dalam freezer.

Namun mengolah ikan yang telah dibekukan tidaklah mudah. Salah satu kesalahan yang sering terjadi ketika mengolah ikan beku yaitu kualitasnya menjadi turun.

Kesalahan yang tanpa sadar dilakukan seperti membuang kemasan ikan beku sebelum dimasukkan ke dalam kulkas dapat mengurangi kualitas ikan beku tersebut.

Baca Juga : Cara Mengatasi dan Mengobati Penyakit Dropsy (Sisik Nanas) pada Ikan Cupang

Selain itu mengolah ikan beku, dapat dilakukan dengan atau tanpa mencairkan ikan tersebut. Namun jika ingin dicairkan, pastikan mencairkan ikan dengan cara yang benar.

Berikut cara mencairkan ikan beku tanpa mengurangi kualitas serta nutrisinya.

Cara Mencairkan Ikan

Cairkan ikan beku tersebut di dalam kulkas selama delapan jam atau lebih. Namun agar mendapatkan hasil terbaik, maka sebaiknya cairkan ikan semalaman di dalam kulkas.

Semakin rendah suhu di dalam kulkas, maka semakin kecil juga kemunungkinan bakteri berkembang biak di dalam ikan. Olah ikan selambat-lambatnya 48 jam setelah dicairkan di dalam kulkas.

Selain mencairkan di dalam kulkas, ikan beku juga dapat dicairkan dengan cara merendamnya di dalam mangkung yang berisi air dingin.

Perlu diingat, untuk mencairkan ikan beku hindari menggunakan air hangat atau air bersuhu ruang karena dapat memicu pertumbuhan bakteri di dalam ikan.

Jika Anda menggunakan metode yang satu ini untuk mencairkan ikan yang beku, Anda hanya membutuhkan waktu 1 hingga 2 jam untuk dapat mencairkan setengah kilo ikan. Selain itu, dengan menggunakan metode ini, ikan akan mencair dengan cepat dan tidak akan kehilangan kualitasnya.

Mencairkan ikan yang beku juga dapat dilakukan dengan menggunakan microwave. Mencairkan ikan dengan microwave merupakan cara yang paling cepat, karena hanya membutuhkan waktu 3 hingga 6 menit untuk mencairkan setengah kilo ikan.

Akan tetapi cara ini membuat hasil pencairan ikan tidak merata. Selain itu, mencairkan ikan dengan microwave juga dapat memicu pertumbuhan bakteri di dalam ikan menjadi lebih besar.

Setelah ikan yang beku tersebut sudah dicairkan dengan cara yang sudah dijelaskan di atas, Anda dapat memasak ikan tersebut seperti biasa.

Mengolah ikan beku selain dengan mencairkannya terlebih dahulu, Anda juga dapat mengolahnya tanpa mencairkannya. Untuk mengetahui bagaimana mengolah ikan beku tanpa mencairkannya terlebih dahulu, berikut ulasannya di bawah ini.

Mengolah Ikan Beku Tanpa Mencairkannya

Sebelum diolah, ikan beku tersebut harus dicuci terlebih dahulu dengan air dingin. Hal ini bertujuan agar kristal es yang ada di permukaan ikan hilang.

Hindari mencuci ikan yang beku dengan air hangat karena dapat memicu pertumbuhan bakteri serta dapat merusak tekstur dari ikan tersebut. Namun sebaiknya jangan menggunakan cara ini jika isi perut ikan belum dibersihkan.

Setelah dibersihkan dengan air dingin, keringkan ikan tersebut dengan cara ditepuk-tepuk menggunakan tisu dapur untuk membersihkan kristal es dan lendir yang tersisa di tubuh ikan.

Selanjutnya ikan dapat diolah seperti biasa. Namun bagi ikan yang berdaging tebal membutuhkan waktu yang lebih lama untuk matang.

Sedangkan untuk menghemat waktu dalam memasak ikan, Anda dapat membungkus ikan tersebut dengan daun pisang atau aluminium foil.

Proses tersebut dapat mempercepat proses pematangan ikan dan menguapkan kristal es yang ada di tubuh ikan. Selain itu, membungkus ikan dengan daun pisang atau aluminium foil juga dapat mencegah baik luar ikan gosong namun bagian dalamnya sudah matang.

Baca Juga : Cara Memperindah dan Mempercantik Warna Ikan Cupang

Loading...
Cara Mengolah dan Membuat Ikan Beku | ilmuhewan | 4.5