Cara mengobati sakit mata pada kucing persia dan angora

By On Thursday, December 15th, 2016 Categories : Penyakit Hewan

Cara mengobati sakit mata pada kucing persia dan angora – Memelihara seekor kucing tidak hanya harus memberi makan saja, namun juga harus mengontrol kesehatannya.

Kucing adalah hewan yang kerap kali terserang penyakit mata. Hal itu mata mereka sering terkena kotoran sehingga matanya berair terus-menerus.

Dan jika tidak ditangani dengan cepat dan baik, maka hal ini akan menimbulkan penyakit mata yang parah.

Baca Juga : Fakta Unik Yang Harus Anda Ketahui Tentang Kucing Savannah

Berikut ini cara mengobati sakit mata pada kucing, khususnya kucing Persia angora.

  1. Bersihkan mata kucing

Jika mata kucing sudah sering mengeluarkan air bahkan terdapat kotoran, mulailah untuk mebersihkan matanya secara perlahan-lahan.

Gunakan kapas atau cotton bud untuk membersihkan mata kucing agar mata kucing tidak terluka. Hal ini dilakukan agar kototran yang ada di mata kucing menghilang dan sakit mata nya tidak bertambah parah.

  1. Pisahkan kandang kucing yang sakit mata

Bagi kucing yang matanya sakit, alangkah lebih baik jika kandangnya dipisahkan dengan kucing lainnya. hal ini dilakukan agar pernyakitnya tidak menyebar atau menular pada kucing yang lain.

Selain itu, kucing yang sakit biasanya lebih sensitif sehingga dengan memisahkannya dengan kucing lain akan lebih cepat proses pemulihan.

  1. Memberikan obat

Apabila sakit mata yang dialami kucing sudh cukup parah, anda bisa langsung memberikan obat. Terutama bila mata kucing sudah tertutup oleh kotoran, maka sudah waktunya anda memberikan kucing anda obat.

Obat yang digunakan bisa menggunakan daun sirih yang alami ataupun bisa anda beli di apotek dengan nama Teramacin.

Oleskan obat tersebut di kelompak mata kucing yang terbungkus oleh kotoran secara perlahan menggunakan kapas atau bahan lembut lainnya dan tunggu beberapa saat. Oleskanlah obat tersebut satu kali sehari dan lihat perubahannya pada mata si kucing.

  1. Pergi ke dokter hewan

Bila sakit mata si kucing belum kunjung sembuh, ada baiknya untuk memeriksakan kucing kesayangan anda ke dokter.

Walaupun kucing anda kucing rumahan yang jarang bermain di luar, namun hal itu tidak menjamin bahwa virus tidak bisa menjangkit kucing anda.

Baca Juga : Cara Mengobati dan Mengatasi Kucing Mencret/Diare

Loading...
Cara mengobati sakit mata pada kucing persia dan angora | ilmuhewan | 4.5