Cara Mengobati Penyakit White Spot Pada Ikan Louhan

By On Sunday, May 7th, 2017 Categories : Penyakit Hewan, Perikanan

Cara Mengobati Penyakit White Spot Pada Ikan Louhan – Bagi pecinta ikan hias, memelihara ikan di dalam akuarium memang hal yang menyenangkan dan tidak sulit, terlebih jika ikan yang mereka pelihara dalam keadaan sehat dan tidak terserang penyakit apapun.

Sayangnya, tidak jarang ikan hias yang dipelihara di dalam akuarium terkena penyakit, salah satunya yaitu penyakit white spot.

Penyakit ini disebabkan karena jamur dari air yang kotor, pencahayaan akuarium yang kurang, dan lain sebagainya. White spot dapat menyerang hampir semua ikan hias, tak terkecuali ikan louhan.

Baca Juga : Jenis dan Cara Mengatasi Penyakit Pada Ikan Louhan

Namun, jika Anda memiliki ikan louhan yang terkena white spot, Anda tak perlu khawatir karena di bawah ini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai cara-cara menyembuhkan penyakit white spot pada ikan louhan.

Menggunakan obat yang dapat menghilangkan white spot

Cara pertama dan paling mudah untuk dapat menghilangkan penyakit white spot pada ikan louhan yaitu menggunakan obat yang dapat menghilangkan penyakit tersebut.

Obat ini dapat dibeli di berbagai toko ikan maupun toko-toko yang menjual keperluaan hewan peliharaan.

Cara untuk mengobati white spot ikan louhan dengan obat pun cukup mudah, Anda hanya perlu menyiapkan kapas dan meneteskan obat tersebut ke dalam kapas secukupnya, kemudian oleskan pada bagian tubuh ikan louhan yang terkena penyakit white spot.

Membersihkan akuarium

Cara lain untuk dapat menghilangkan penyakit white spot pada ikan yaitu dengan melakukan pembersihan akuarium secara rutin. Penyakit white spot bisa disebabkan karena akuarium yang kotor sehingga muncul jamur pada tubuh ikan.

Oleh sebab itu, penyembuhannya pun dapat dilakukan dengan membersihkan filter dan mengganti air dalam akuarium minimal sebulan sekali.

Naikkan suhu dan pencahayaan dalam akuarium

Selanjutnya, langkah yang dapat dilakukan untuk bisa mengobati penyakit white spot pada ikan louhan yaitu dengan meningkatkan suhu di dalam akuariumnya.

Tak hanya suhu, pencahayaan juga harus ditingkatkan ketika Anda akan menghilangkan white spot yang menyerang ikan louhan peliharaan Anda.

Meskipun tidak langsung sembuh, cara ini cukup ampuh atau setidaknya dapat mencegah penyakit white spot pada ikan louhan tersebut semakin bertambah parah.

Menambahkan sinar ultraviolet

Penyakit white spot pada ikan louhan juga dapat disembuhkan dengan sinar ultraviolet. Oleh sebab itu, Anda perlu menambahkan sinar ultraviolet pada akuarium untuk bisa mencegah maupun mengobati penyakit jamuran pada ikan louhan peliharaan Anda.

Radiasi sinar ultraviolet sendiri dapat menyembuhkan penyakit white spot karena kandungan molekul dari sinar tersebut dan suhu hangat yang ditimbulkan yang mampu menghilangkan white spot pada ikan louhan.

Rendam atau oleskan dengan larutan air garam

Cara terakhir yang dapat dilakukan untuk menyembuhkan penyakit white spot pada ikan louhan yaitu dengan merendam ikan tersebut pada larutan air garam.

Cara ini terbukti ampuh karena garam dapat bersifat antibiotik dan bisa menghilangkan jamur, termasuk jamur pada white spot.

Namun, perlu diingat bahwa larutan garam yang digunakan juga tidak boleh terlalu banyak karena ikan louhan merupakan salah satu jenis ikan yang tidak kuat dengan air garam.

Oleh sebab itu, untuk lebih aman, Anda lebih baik mengoleskan air garam pada bagian tubuh ikan louhan yang terkena white spot.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk dapat menghilangkan penyakit white spot pada ikan louhan. Akan lebih baik jika Anda tetap melalukan pencegahan terhadap penyakit tersebut dengan selalu menjaga kebersihan akuarium tempat ikan louhan.

Baca Juga : Daftar Harga Ikan Louhan Terbaru

Loading...
Loading...
Cara Mengobati Penyakit White Spot Pada Ikan Louhan | ilmuhewan | 4.5