Cara Mengobati Penyakit Surra Pada Hewan Sapi

By On Monday, August 14th, 2017 Categories : Penyakit Hewan

Cara Mengobati Penyakit Surra Pada Hewan Sapi  – Di jaman yang serba gadget dan teknologi ini ternyata juga semakin berkembang penyakit – penyakit baru yang mengejar makhluk hidup di dunia.

Contohnya saja Ebola yang beberapa tahun terakhir popular hingga sekarang. Penyebaran berbagai penyakit ini sudah seperti film action yang telah menghiasi layar kaca kamu di rumah.

World War Z salah satu film yang mampu mengguncang dunia. Apalagi menampilkan aktor kawakan seperti Brad Pitt. Tapi penyakit yang tersebar di dunia ini tidak lah separah seperti film tersebut.

Tidak hanya penyakit besar saja yang harus kamu perhatikan. Penyakit yang ditularkan melalui gigitan lalat penghisap darah (haematophagus flies) pun harus kamu perhatikan lho.

Baca Juga :

Cara Pemeriksaan Fisik Sapi

Sistem Pencernaan pada Hewan Ruminansia (Sapi)

Pengertian dan Penyebab Radang Ambing Pada Sapi

Tips dan Trik Memilih Sapi Bakalan Yang Menguntungkan

Pengertian dan definisi Hair balls pada sapi

Trypanosomiasis atau Surra adalah penyakit parasit yang disebabkan oleh agen lalat penghisap darah (sumber civas.net).

Penyakit ini juga sudah tersebar di beberapa kawasan Asia Tenggara, Afrika dan Amerika Selatan. Di Asia Tenggara sendiri penyakit ini dapat terinfeksi pada sapi, kerbau dan kuda.

Lokasi Penyebaran

Mungkin diantara kamu masih memilih kandang sapi yang berdekatan dengan parit agar air bekas kotoran bisa langsung mengalir. Namun ternyata parit adalah salah satu penyebab penyebaran dan ditemukannya penyakit surra ini lho.

Dengan dekatnya lokasi ternak sapi terhadap parit dan tempat yang lembab akan mengakibatkan banyaknya lalat yang menghinggapi sapi.

Tentu  ini dapat mengancam kesehatan ternak sapi di kedepannya. Oleh karena itu usahakan dalam pembuatan kandang lebih baik menjauhi tempat – tempat yang sudah dijelaskan.

Insektisida

Untuk mencegah tersebarnya penyakit surra ini sebaiknya kamu melakukan penyemprotan insektisida di kandang ternak.

Tindakan ini pun dapat mencegah datangnya serangga penghisap darah. Hidup bersih itu sangat diperlukan lho.

Sisa Pakan

Kebiasaan malas selalu saja menjadi hal nomor satu bila kamu ingin melakukan sesuatu. Jika sifat malas ini sudah menghinggapi diri kamu maka menggerakkan badan saja akan terasa sangat berat.

Tapi untuk hal yang satu ini kamu harus benar – benar memperhatikan lho. Kalau malas maka hewan ternakmu akan berakibat kematian.

Jadi usahakan untuk selalu membersihkan sisa – sisa pakan ternak. Jangan sampai mengeluarkan aroma yang bisa mengganggu paru paru kamu lho. Apalagi sampai mengganggu hewan ternak.

Jaga Kebersihan Hewan Ternak

Seperti yang sudah dijelaskan jangan sampai sifat malas ini menghinggapi diri kamu dan akhirnya kamu harus menyesal karena hewan ternak harus check out satu persatu.

Usahakan jika terdapat hewan ternak sapi yang mengalami luka untuk segera mengobatinya.

Jangan biarkan menjadi santapan bagi serangga – serangga penghisap darah. Apalagi sampai infeksi lho.

Karantina

Jika memang hewan ternak sapi kamu ternyata mempunyai gejala – gejala kena penyakit surra, lebih baik lakukan karantina atau pemisahan. Pisahkan antara sapi yang sehat dan berpenyakit agar surra tidak menyebar luas ke hewan ternak lainnya.

Pengobatan

Banyak para peternak yang menggunakan obat Suramin sebagai bahan pengobatan bagi ternak sapi yang mengalami penyakit surra ini serta tidak lupa Isometamidium chlorida.

Namun diantara kedua obat ini, surramin lah yang lebih efektif dalam mengobati penyakit surra.

Pemberian obat ini pun sebesar 10 miligram perkilogram dalam 10 % larutan yang diberikan secara intravena yang memberikan hasil yang cukup memuaskan untuk pengidap penyakit surra.

Sedangkan untuk isometamidlum diberikan dengan dosis 1 hingga dua miligram per kilogram secara intramuskuler. Namun, untuk pengobatan lebih baik konsultasikan terlebih dahulu pada dokter hewan terdekat.

Loading...
Loading...
Cara Mengobati Penyakit Surra Pada Hewan Sapi | ilmuhewan | 4.5