Cara Mengobati Penyakit Ngorok Pada Hewan Kerbau

By On Sunday, July 30th, 2017 Categories : Penyakit Hewan

Cara Mengobati Penyakit Ngorok Pada Hewan Kerbau – Penyakit ngorok pada manusia memang sangat lah mengganggu. Apalagi jika pasangan mempunyai penyakit ini ketika sedang tidur bersama.

Pada umumnya penyakit ini biasa dihinggapi oleh orang yang mempunya permasalahan berat badan. Bahkan seiring bertambahnya usia ngorok seseorang akan semakin bertambah.

Tapi jangan dianggap sepele penyakit ini. Memang terlihat sepele, tapi ternyata berbahaya lho. Penyakit ini sebenarnya terjadi karena seseorang mengalami gangguan pernapasan.

Tidak hanya itu beberapa efek juga bisa dialami oleh si penderita, diantaranya bisa mengalami stroke, gangguan pernapasan, penyakit jantung, sakit kepala, berkurangnya gairah seksual dan masih banyak lagi.

Baca Juga :

Pengertian dan definisi Sapi Freemartin

Pengertian dan definisi Hair balls pada sapi

Tips dan Trik Memilih Sapi Bakalan Yang Menguntungkan

Pengertian dan Penyebab Radang Ambing Pada Sapi

Sistem Pencernaan pada Hewan Ruminansia (Sapi)

Tapi bagaimana jika penyakit ngorok ini diderita oleh seekor kerbau ternak?

Seperti penjelasan sebelumnya, jangan anggap sepele penyakit ini. Untuk seekor kerbau penyakit ngorok dapat membawa kematian lho. Oleh karena itu kamu dapat mengobatinya dengan beberapa cara berikut.

Simak yuk!

Vaksinasi

Septicaemia Epizootica (SE) atau Haemorrhagic Septicaemia (HS) merupakan penyakit yang sering menyerang hewan ternak seperti kerbau dan sapi. Penyakit ini bersifat akut atau fatal karena dapat menyebabkan kematian.

Bakteri Pateurella adalah bakteri gram negatif berbentuk coccobacillus. Penyakit ini bisa datang dari hewan – hewan lain yang pada akhirnya disebut carrier yang kebal pada bakteri dan hinggap ke hewan lain.

Ditambah lagi penularan ini dapat disalurkan dari bahan pakan, makanan, minuman serta alat peternakan. Oleh karena itu pemberian vaksin sangat lah penting agar kerbau ternak bisa terhindar dari penyakit SE ini.

Yang perlu kamu lakukan pertama adalah memberikan vaksinasi kepada kerbau yang masih sehat untuk pencegahan menggunakan Oil Adjuvant.

Kemudian untuk tempat yang sudah pernah sebelumnya terkena dampak penyakit SE ini harus lah divaksinasi ulang. Pemberian vaksin ulang harus dilakukan sebanyak setahun sekali. Dosis yang diberikan pun 3 ml.

Pembersihan Kandang

Kebersihan adalah sebagian dari iman. Tidak hanya manusia yang dituntut untuk selalu hidup bersih, hewan ternak juga perlu hidup bersih agar terhindar dari penyakit SE contohnya.

Lakukan pembersihan kandang menggunakan desinfektan secara rutin.

Menurut situs tentanghewan.com disinfektan sendiri merupakan senyawa yang dapaat mencegah infeksi dengan jalan penghanscuran atau pun pelarutan jasad renik yang bresifat pathogen (sesuatu yang dapat menyebabkan hewan ternak sakit).

Penggunaannya pun untuk kandang, alat praktek, ruang operasi dll.

Pengobatan

Jenis antibiotik yang biasanya diberikan pada hewan ternak kerbau adalah jenis Oxytetracycline. Mengutip dari 1001obat antibiotik ini merupakan antibiotik spektrum luas, aktif terhadap berbagai bakteri. Namun ada juga beberapa strain bakteri yang sudah kebal terhadap antibiotik ini, yang telah mengurangi efektivitas untuk mengobati beberapa jenis infeksi.

Oleh karena itu, antibiotik ini cocok diberikan kepada hewan kerbau ternak. Tidak hanya itu antibiotik seperti streptomyci, kloromisetin, tetramisin dan nureomisin berguna untuk memutus pertumbuhan bakteri serta mengurangi gejala pada ternak.

Kalau pun hewan ternak ternyata memiliki gejala – gejala penyakit ngorok / SE ini maka secepatnya kamu harus mengkarantina atau memisahkan kerbau yang masih sehat dan sudah terjangkit.

Pencegahan ini sangat lah penting untuk menekan angka penularan pada hewan lainnya.

SE ini memang berpotensi dapat menjangkit beberapa hewan lain. Setelah hewan kerbau tersebut dipisahkan maka segera melapor ke Dinas peternakan kabupaten, kota atau bahkan provinsi di daerah masing – masing.

Tapi ingat, untuk memberikan antibiotik pada hewan kerbau sebaiknya dilakukan oleh orang yang lebih berpengalaman, contohnya saja dokter hewan.

Loading...
Loading...
Cara Mengobati Penyakit Ngorok Pada Hewan Kerbau | ilmuhewan | 4.5